Oleh: Agus Riyanto | 6 Juni 2016

SAMBUT RAMADHAN TINGKATKAN IMAN


Sahabat-sahabatku, cukup lama saya tidak muncul dengan artikel baru di blog ini. Alhamdulillah setelah beberapa periode bertapa, di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini saya hadir kembali dengan membawa kabar gembira untuk Anda semua.🙂

Saya berharap sahabat-sahabatku yang Muslim, dengan penuh khidmat dan khusyu’ menyambut dan mengisi bulan Ramadhan 1437 H ini dengan persiapan lahir – batin dan semangat ibadah yang terus meningkat. Semakin mendekati akhir bulan suci ini, semakin kita tingkatkan ibadah hingga mendapat ridlo dan ampunan Alloh SWT.

***

Sahabat-sahabatku, tidak bisa dipungkiri bahwa hidup kita terus bergerak dinamis. Kadang di atas, kadang di bawah. Kadang penuh suka cita, kadang dirundung duka. Kadang berjaya, kadang sengsara. Kadang menangis, kadang tertawa. Kadang banyak teman, kadang sendirian. Yang jelas, tak pernah lepas dari masalah.

Namun banyak orang ketika ditimpa kesusahan merasa bahwa dunia seakan kiamat. Dan ironisnya, kebanyakan orang mengira bahwa semua persoalan dunia solusinya adalah uang atau harta. Tanpa uang, malasah / kesulitan hidup mereka anggap tidak akan teratasi. Kalau di dalam pikiran mereka solusi itu hanya berupa uang, maka seakan-akan segala masalah itu selesainya dengan uang. Di hatinya hanya ada harta, di otaknya hanya ada uang… Na’udzubillaahi mindzalik.😦

Tahukah sahabat? Pemikiran seperti di atas adalah keliru. Bukan uang, bukan harta benda duniawi yang menjadi solusinya. Yang akan menjadi solusi adalah Alloh SWT. Yang kita butuhkan adalah iman: bahwa Alloh lah yang bisa menolong kita, dan hanya karena pertolongan Alloh lah segala masalah—apa pun itu—akan bisa teratasi.

Untuk itu, sudah sepantasnyalah di bulan yang mulia ini kita tingkatkan iman dan taqwa kita kepada Alloh. Memang iman itu akan terlihat ketika seseorang ditimpa musibah atau kesusahan. Coba perhatikan ketika kesulitan melanda, apakah orang itu pertama kali minta tolongnya ke sesama manusia, atau langsung minta tolong ke Alloh.

Biasanya minta tolong ke sesama makhluk ujung-ujungnya kecewa. Namun kalau minta tolong ke Alloh, sekali Alloh memberikan jalan keluar maka tidak ada seorang pun di dunia ini yang bisa menghalanginya. Apa pun kesulitan kita akan teratasi jika Alloh sudah ridlo dan berkehendak mengangkat kesulitan tersebut. Alloh Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Alloh pasti akan memberikan yang terbaik untuk kita. Namun perlu diingat, terbaik menurut Alloh belum tentu sesuai dengan keinginan kita. Jadi terbaik menurut Alloh itu belum tentu sesuai yang kita inginkan, tetapi yang kita butuhkan. Alloh Maha Tahu apa yang terbaik untuk diri kita, tidak semata-mata mengikuti nafsu keinginan kita. Jadi tetaplah bersandar dan berserah diri hanya kepada Alloh SWT.

Menghadapi kesulitan hidup–apapun bentuknya–hanyalah salah satu cara Alloh SWT mengingatkan kita agar mendekat kepada-Nya. Mungkin selama ini kita banyak berbuat dosa, namun tidak pernah mau bertaubat. Mungkin selama ini yang ada di hati dan pikiran kita hanyalah harta. Mungkin selama ini kita malas dan seenaknya dalam menunaikan perintah Alloh, seperti sholat lima waktu dan lainnya. Munkin selama ini kita hanya ingat Alloh hanya ketika susah saja.

Dengan adanya kesulitan tersebut hendaknya kita instrospeksi diri, kembali ke jalan yang lurus dan diridloi-Nya, dan berusaha menjadi hamba yang tahu diri akan hakikat hidup ini. Boleh selalu ingat dunia, tapi jangan sekali-kali melupakan akhirat.

***

Di awal artikel ini saya memberikan sinyal kabar gembira. Mungkin Anda bingung, apa gerangan maksudnya…

Di samping sedikit bahan renungan di atas, saya pikir akan lebih afdol jika mungkin Anda selama ini masih belum bisa “move on”, masih gagal fokus, atau butuh suntikan motivasi, sekarang adalah saat yang tepat untuk bersegera ke toko buku Gramedia…! Alhamdulillah buku saya, “BANGKIT, MAJU, DAN RAIH MIMPIEdisi Revisi telah hadir kembali sejak bulan Mei 2016 di toko buku Gramedia di seluruh penjuru tanah air.

Bangkit_Maju_dan_Raih_Mimpi_EdRev

Di samping menyempurnakan isi buku terdahulu, di buku edisi revisi ini saya tambahkan bab baru yang insya Alloh bisa menjadi bahan renungan Anda membuka cakrawala pikiran untuk bisa bangkit, maju, dan terus berusaha meraih impian; dengan tetap mengharap ridlo dan pertolongan Alloh SWT tentunya.

Dapatkan segera, dan jangan lupa hadiahkan juga buku ini untuk orang-orang tercinta di sekitar Anda..!

Semoga bermanfaat.😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: