Tips


Tips Of Effective Writing

Oleh : Agus Riyanto

Menulis adalah salah satu kegiatan yang sangat menakjubkan. Dengan menulis, kita bisa menuangkan ide atau gagasan yang ada di pikiran kita, menuangkan isi hati kita melalui bahasa tulisan sehingga dapat dibaca dan dipahami orang lain. Dengan menulis, kita bisa mentransfer pengetahuan dan hasil pemelajaran kita kepada orang lain sehingga bermanfaat bagi sesama musafir kehidupan.

Menulis juga merupakan media aktualisasi diri. Namun untuk melakukan kegiatan yang satu ini, tidak semua orang mudah melakukannya. Banyak di antara kita mengalami kesulitan pada waktu pertama kali hendak menulis. Kadang merasa tidak ada ide/gagasan yang mau ditulis, enggan, merasa tidak bisa, takut, atau negative thinking lainnya.

Untuk itu, berikut ini saya uraikan beberapa tips yang efektif untuk mempermudah proses menulis yang saya dapatkan dari buku Quantum Learning dengan tambahan dan perubahan seperlunya.

  • Mulailah Secepatnya

Apapun yang akan Anda tulis, mulailah sesegera mungkin untuk menuliskannya, jangan tunggu lama-lama. Jika suatu gagasan datang, segeralah menuliskannya walau Anda sedang enggan untuk menulis. Lain lagi jika Anda merasa kosong dari ide, segera duduklah di depan komputer dan hentakkan jari-jemari Anda di atas keyboard atau ambillah bolpoin dan selembar kertas, pasti akan ada saja ide atau gagasan yang muncul. Dengan begitu Anda bisa segera mulai menulis.

  • Putarlah Musik

Sambil menulis, putarlah musik kesukaan Anda untuk memperlancar arus ide/gagasan Anda. Belahan otak kiri kita bekerja berdasarkan logika dan otak kanan kita bekerja berdasarkan emosi. Dengan memutar musik, otak kanan kita ikut terstimulasi sehingga bisa menghadirkan unsur emosi pada tulisan kita sehingga isinya lebih hidup.

  • Pilih Waktu yang Paling Sesuai

Di antara kita ada yang menulis dengan sangat baik pada pagi hari, sementara yang lain bisa lancar menulis di keheningan malam saat orang lain tidur lelap. Ada juga seorang penulis internasional yang aktivitas menulisnya seperti kelelawar, siang untuk istirahat sedangkan malamnya ia habiskan untuk berkarya. Jadi, tiap pribadi punya waktu tersendiri yang paling efektif untuk menulis. Oleh karena itu, pilihlah waktu Anda yang paling enjoy untuk menulis, yang paling sesuai dengan mood menulis Anda.

  • Lakukan Olahraga

Menulis merupakan aktivitas pikiran yang cukup menguras energi. Maka bila otak Anda sudah cukup tegang, segera keluarlah. Lakukan olahraga ringan agar otak mendapat cukup suplai oksigen sehingga pikiran Anda segar kembali.

  • Pecahkan Menjadi Bagian Kecil

Bila apa yang kita tulis merupakan sebuah proyek besar (seperti menulis sebuah buku, novel, dan sebagainya), maka pecah-pecahlah bagian yang besar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Lalu kerjakan satu bagian pada suatu saat. Seperti memecahkan sebuah batu sebesar kerbau, kita tidak mungkin menghantamnya sekaligus. Kita pecahkan satu per satu bagian kecil terlebih dahulu, pasti lama-lama semua akan terpecahkan juga.

  • Bacalah Apa Saja

Bacalah majalah, koran, novel, cerpen, lirik lagu, puisi, ensiklopedia, buku-buku nonfiksi, peribahasa, komik, atau apa saja. Hal ini dapat menambah wawasan Anda tentang kehidupan, penggunaan bahasa dan gaya penulisan. Hal serupa juga dikatakan oleh Bapak Ahmad Tohari (penulis Trilogi: Ronggeng Dukuh Paruk–Lintang Kemukus Dinihari–Jantera Bianglala) saat saya bersilaturahmi ke rumah beliau. Dikatakan juga, beliau bisa membaca sampai 10 novel sebelum menulis sebuah novel. Umumnya seorang penulis adalah juga seorang pembaca yang “lahap” dan “rakus” (maksudnya dalam hal membaca).

  • Gunakan Warna-warna

Pada saat Anda menulis draf kasar tulisan Anda, gunakan warna yang berbeda untuk tiap-tiap bagian atau gagasan. Hal ini akan membantu Anda untuk melihat semua bagian kertas dengan lebih baik. Warna-warna yang menarik akan mengaktifkan kerja otak kanan kita yang imajinatif sehingga kedua belah otak kita bisa bekerja secara kongruen.

Pembaca yang budiman, semoga uraian diatas bisa bermanfaat bagi Anda semua khususnya yang berkeinginan untuk belajar menulis (karya fiksi maupun nonfiksi) namun sering merasa ada sesuatu yang menghambat dalam diri Anda. Segera atasi hambatan itu dan mulailah menulis dengan penuh suka cita!

Selamat menulis dan salam sukses…!!!

Responses

  1. wah sudah pernah ketemu sama ahmad tohari ya??
    aku juga pengin ketemu.

    Tips menulis ada yang kurang mas…bagaimana mengatasi kebosanan dan ga ada mood ya??

  2. Betul Mas Arif, saya dan teman-teman sudah beberapa kali silaturahmi ke rumah beliau. “Ngangsu kawruh” istilahnya, tujuan kami ke sana.

    Nanti kalau kami ke silaturahmi lagi ke rumah Pak Ahmad Tohari, jika mas Arif mau ikut akan kami ajak bersama…

    Untuk mengatasi kebosanan: cari suasana baru, cari inspirasi baru dan heningkan hati, jernihkan pikiran.
    Mood bisa diciptakan atau dipacu koq… Banyak cara yang bisa kita tempuh.

    Selamat berkarya!

  3. Tips menulis yang luar biasa prima! Mas Agus.

    Salam Sukses Penuh Berkah dari Surabaya,
    Wuryanano
    Motivational Blog – Support Your Success

    Entrepreneur Campus – Support Your Future

  4. Terima kasih Pak Wuryanano.:-)

    Semoga tips di atas bermanfaat bagi siapa saja yang berkenan membacanya.

    Salam SDA dari Kota Satria!

  5. Wah Mas Agus, saran or tips anda benar-benar dapat aku manfaatin, tapi mengenai artikel Mas Agus Belajar dari Kegagalan apa boleh aku muat di Bulletin kantor aku ? Makasih ya …

  6. ce ileeeee,,,,,,,,tipz’a itu lowwww.leh diktin g?

  7. aku bngungg hruz gmnah lg dlm mnghadapi mslah d dlm kluargaku .. aku hruz aph ??

  8. Thanks infonya Mas..!

  9. Terima kasih mas agus tipsnya, smoga bermanfaat

    Salam Sukses selalu dunia akherat, amiin

  10. ini ni tips yang saya cari, makasih mas

  11. Terima kasih kembali atas apresiasi teman-teman semua…
    Semoga tetap semangat!

  12. tips nya bagus sekali, saya adalah orang yang menulis tergantung dengan moody,,, jadi ketika memang moody saya lagi butek,,, ya memang sangat sulit sekali kalimat trcipta dengan baik.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: