Oleh: Agus Riyanto | 10 Februari 2010

TIPS MEMULAI HARI DENGAN CERAH


mentari

Awali harimu dengan syukur yang dalam

Hari yang cerah bukan ditandai dengan matahari yang bersinar terang atau udara yang sejuk, melainkan dari hati dan pikiran yang segar. Kecerahan suatu hari dimulai dari diri anda sendiri. Kita tahu bahwa sesuatu yang dimulai dengan baik merupakan separuh dari pencapaian tujuan.

Karena itu, memulai aktivitas hari ini dengan kecerahan suasana adalah modal besar untuk menyelesaikan hari dengan baik pula. Bagaimana memulai hari dengan cerah sangat dipengaruhi oleh pola hidup kita.

Berikut beberapa tips ringan agar kita bisa memulai hari dengan cerah.

1–Mulailah dari malam hari.

Kita tak bisa berharap bangun dengan segar jika di malam harinya tak cukup tidur nyenyak. Hari esok yang cerah dimulai dari malam ini. Bila anda masih mempunyai masalah, yakinlah masih ada waktu esok untuk menyelesaikannya lebih baik lagi. Malam ini, beristirahatlah sebaik-baiknya.

2–Bangun pagi lebih pagi.

Bangunlah lebih pagi daripada terbitnya matahari. Jumpai keheningan dan kesunyian. Pagi buta adalah saat yang tepat untuk menemukan sisi damai dalam diri anda. Jangan lupa shalat Subuh bagi yang muslim.

3–Damaikan pikiran dan tentramkan jiwa.

Jangan terburu melakukan aktivitas. Resapi saja suasana pagi yang damai ini. Berdoa, sampaikan syukur atas hidup yang masih diberikan pada kita dan nikmat lain yang tiada terhitung.

4–Segarkan tubuh.

Minum air. Hirup aroma teh atau kopi yang menyegarkan. Berjalan-jalanlah keluar. Pompa udara banyak-banyak ke dalam paru-paru. Lakukan olahraga ringan, mandi dengan air segar. Bersihkan tubuh baik-baik. Tetaplah mengingat janji anda tadi pagi untuk melakukan sesuatu yang berguna bagi semesta hari ini.

5–Dapatkan sarapan secukupnya.

Isi perut anda secukupnya. Sarapan yang baik adalah modal untuk kebugaran tubuh anda sepanjang hari. Jangan asal kenyang, namun cukupkan kebutuhan energi dan gizi.

6–Sapalah orang-orang yang anda jumpai.

Terbarkan senyum. Tak peduli apakah matahari bersinar cerah atau mendung menggayut, sapalah orang-orang yang anda jumpai. Tanyakan kabar mereka, maka jangan terkejut jika mereka pun akan membalas senyum anda.

7–Jangan mengeluh.

Apa pun yang terjadi, entah itu hari hujan, jalanan macet, kereta datang terlambat, kendaraan mogok, atau apa pun yang terjadi, terimalah semua itu apa adanya. In everything, give thanks.

Selamat berkarya serta selamat bercerah hari!

Sumber: Unknown


Responses

  1. Wooow, sepertinya resep yang bagus tuk menjalani hari2 yang sibuk , mas Agus kalau ternyata kita dah melakukan seperti hal yang ditulis di atas tapi kadang masih meleset ….bagaimana yaaa resepnya ……hehehehe makasih,,,,,

  2. Tulisan yang mencerahkan dan memberi harapan baru…..
    Gimana dengan bukunya udah dirilis blom….??

  3. Terima kasih tanggapannya…

    Untuk dik Tyas: tetaplah berpikir positif dan berdzikirlah–mengingat Allah. Sesungguhnya dengan mengingat Allah, hati menjadi tenang… dan hari-hari kita pun akan makin cerah.

    Dan lakukan pekerjaan atau aktivitas yang anda cintai; yang membuat anda makin semangat.

    Untuk mba Arni: bukunya ditunggu saja ya… Semoga tak lama lagi.

    Salam cerah!

  4. Benar pak.. awal yang baik, biasanya selanjutnya baik pula.. terimakasih tips-tipsnya..

    • Terima kasih kembali.

      Semoga suasana hati kita juga cerah dan ceria sepanjang hari…!

  5. kejadian nyata: bangun siang . tidak sarapan, mandi, terus pergi keluar rumah. Semenjak keluar rumah sampai tengah malam selalu diikuti kesialan contohnya: kehujanan, naik angkot ngetemnya luamaaa……, Nonton film ga nyambung blas! Pulang rumah masakan di atas meja makan udah ludes dan akhirnya tidur sambil menahan lapar. TERSIKSA apeessss.
    Bangun pagi selalu ada kejutan-kejutan tak terduga dan dunia terlihat ramah hahaha


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: