Oleh: Agus Riyanto | 31 Desember 2011

PENTINGNYA MENINGKATKAN KONSEP DIRI


Konsep Diri ditopang 3 tiang utama: Diri Ideal, Citra Diri, dan Harga Diri

Yakin... Aku pasti bisa!!!

Konsep diri adalah salah satu unsur pembentuk kepribadian seseorang. Bagaimana seseorang memandang dirinya sendiri, berharga atau tidak, pantas sukses atau tidak–salah satunya tergantung konsep diri yang ia miliki. Konsep diri ini sangat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang dan pencapaian seseorang di berbagai bidang kehidupan. Konsep diri merupakan persepsi seseorang terhadap dirinya sendiri, yang terbentuk melalui pengalaman, pembelajaran, hasil interaksi dengan lingkungan, dan akibat pengaruh dari orang-orang (figur) yang dianggap penting.

Mengutip apa yang dijelaskan Adi W. Gunawan dan Ariesandi Setyono dalam buku Manage Your Mind for Scuccess, konsep diri terdiri atas tiga komponen, yaitu:

1. Diri Ideal (Self-Ideal)

Yaitu sosok individu yang kita ingin menjadi, di masa depan. Diri ideal merupakan gambaran dari sosok seseorang yang sangat Anda inginkan jika Anda bisa menjadi seperti orang itu, di masa depan.

2. Citra Diri (Self-Image)

Yaitu cara Anda melihat diri Anda sendiri dan berpikir mengenai diri Anda pada waktu sekarang/saat ini.

3. Harga Diri (Self-Esteem)

Yaitu kecenderungan dalam diri seseorang dalam memandang dirinya sebagai pribadi yang cakap, mampu, dan memiliki keunggulan serta kekuatan dalam menghadapi berbagai tantangan hidup yang mendasar. Atau seberapa suka Anda terhadap diri Anda sendiri.

Jadi, setiap individu pasti memiliki diri ideal, citra diri, dan harga diri masing-masing sesuai dengan pengalaman, pembelajaran/pendidikan, dan keadaan lingkungan masing-masing. Seseorang yang konsep dirinya bagus bisa dipastikan lebih berhasil daripada orang yang konsep dirinya jelek, karena konsep diri yang bagus, kuat dan mantap berarti dia memiliki diri ideal (tujuan hidup yang ingin diraih), citra diri (gambaran diri yang sukses), dan harga diri (cinta dan percaya pada diri sendiri) sehingga menumbuhkan optimisme dan semangat juang yang dahsyat.

Apa yang terjadi ketika seseorang memiliki konsep diri yang lemah/negatif?

Orang yang memiliki konsep diri yang lemah maka dia tidak memiliki gambaran diri ideal yang ingin diraih atau tidak punya cita-cita, saat bercermin ia pun melihat orang dalam cermin dengan wajah dan masa depan suram, dan memiliki perasaan tidak percaya diri, merasa kurang cakap, tidak mampu, tidak layak dan perasaan inferior lainnya. Ini membuat dirinya hanya melihat kekurangan atau apa yang tidak dimiliki pada dirinya. Hal ini akan berakibat kepribadiannya tidak berkembang dan mengalami kemunduran.

Sebagai contoh ketika seseorang ditunjuk menjadi ketua panitia sebuah kegiatan amal misalnya. Seseorang yang konsep dirinya lemah akan merasa takut, tegang dan menganggap dirinya tidak mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang harus diemban. Ia merasa tidak pantas memimpin dan tidak punya kemampuan yang dibutuhkan untuk memimpin kepanitiaan tersebut. Alih-alih belajar sesuatu yang baru, ia justru lari dari medan tempur. Tapi jika seseorang konsep dirinya kuat, ia akan memiliki kepercayaan diri bahwa ia pasti bisa melaksanakan semua tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Tonggak-tonggak penopang konsep dirinya akan berkata, “Kamu pasti bisa!”, “Kamu anak cerdas”, “Kamu memiliki potensi dan jiwa kepemimpinan”, “Teman-teman akan mendukungmu”, “Everything gonna be ok…”, dan lain-lain.

Jika kita ingin maju, kita harus membangun konsep diri yang kokoh dan meningkatkan kualitasnya waktu demi waktu. Caranya dengan menguatkan/meningkatkan tiang-tiang penopangnya, yakni diri ideal, citra diri, dan harga diri kita. Dengan demikian kita akan memiliki semangat dan kepercayaan diri untuk melakukan hal-hal yang menantang dalam hidup ini dan melewati semua hambatan yang mungkin muncul. Perjalanan hidup ini harus disertai keyakinan bahwa kita pasti akan meraih keberhasilan dalam meraih kesuksesan yang kita impikan.

Kalau kita tidak memiliki kepercayaan diri dan keyakinan akan berhasil maka kecil peluang apa yang kita impikan akan menjadi kenyataan. Perasaan tidak mampu dan tidak layak untuk sukses hanya akan membuat kita menjadi manusia lemah yang tidak bisa berbuat sesuatu yang seharusnya kita lakukan. Kita akan berjalan mundur dan tertinggal oleh orang-orang di sekitar kita yang memiliki semangat dan keyakinan untuk maju dan menjadi yang terbaik.

Hidup ini penuh persaingan, kalau kita tidak memiliki kepribadian yang tangguh dan memiliki keunggulan maka bisa jadi kita akan terlibas dalam persaingan tersebut. Hanya pribadi-pribadi yang percaya diri dan berkarakter yang akan memimpin dan menjadi teladan manusia lain. Untuk itu, milikilah tujuan hidup yang mulia agar menjadi somebody bukan nobody (diri ideal), berpikirlah seolang-olah Anda orang sukses (citra diri), dan yakinlah bahwa Anda cakap dan mampu menjadi diri ideal yang Anda inginkan (harga diri). Jika konsep diri kita sekarang sedang rusak, marilah kita perbaiki. Jika sudah baik, marilah kita tingkatkan menjadi lebih baik lagi. Melangkahlah dengan pasti meski keadaan sekarang belumlah seideal yang kita inginkan!

Teruslah melangkah, hadapi tantangan, lewati rintangan menuju keberuntungan dan kesuksesan!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: