Oleh: Agus Riyanto | 14 April 2010

BERTERIMA KASIH PADA KEGAGALAN


Kegagalan memberikan penghargaan untuk saran, mengoreksi ganjalan dan mendorong semangat.

***

Anda boleh saja bersikap skeptis atau tidak setuju dengan judul di atas. Namun, untuk lebih obyektifnya, saya sarankan untuk membaca sampai selesai uraian berikut ini.

“Gagal lagi… lagal lagi… Masa dari dulu gagal terus sih, kalau begitu… kapan happy ending-nya…?!”, demikian mungkin sumpah-serapah yang terlontar dari mulut kita ketika sebuah kegagalan menimpa. Sedih dan kesal perasaan kita, itu wajar-wajar saja. Tapi percaya dech, Tuhan menciptakan kita bukan untuk menjadi makhluk-Nya yang terus-menerus gagal atau menderita. Tuhan ingin agar kita selalu belajar dari kehidupan ini. Tuhan ingin pada akhirnya kita bahagia dan sukses luar biasa.

Yang ingin saya tekankan di sini adalah bahwa kegagalan demi kegagalan akan membuat kita semakin baik andaikata kita bangkit lagi dan terus memperbaiki diri, sehingga pada akhirnya akan mendapatkan yang terbaik yang sesuai dengan diri kita, sesuai dengan visi dan misi hidup kita, serta sesuai dengan impian kita.

Dan hal tersebut juga berlaku untuk bidang-bidang kehidupan yang lain, entah itu dalam dunia bisnis, karier/profesi,  percintaan, dan lain sebagainya. Misalnya ketika kita  gagal berkali-kali dalam mencari pekerjaan atau pernah juga gagal dalam merintis usaha, namun itu tidak menghentikan langkah kita untuk terus mencoba dan mencoba lagi. Maka akan ada masa-masa di mana kita bisa menikmati keberhasilan dari usaha kita yang gigih dan pantang putus asa.

Semua kegagalan itu akan membukakan pintu kesuksesan yang lebih besar bagi kita sesuai dengan tujuan hidup masing-masing.  Kegagalan atau kekalahan memang pada awalnya akan terasa menyakitkan, tetapi jika kita menyikapinya dengan pikiran yang positif terbukti ia adalah sarana agar kita menjadi lebih baik, karena kita tidak ada pilihan lain selain untuk terus memperbaiki diri agar tidak gagal lagi.

Sebagaimana saat kita meminum jamu, mungkin kita akan merasakan pahit, getir atau rasa tidak enak yang amat sangat, tetapi dari semua kepahitan itu pada akhirnya badan kita menjadi sehat. Lain halnya ketika kita minum sirup atau jus buah yang manisnya luar biasa, tapi ternyata akhirnya kita sakit perut. Kepahitan atau hal tidak menyenangkan lainnya hendaknya kita sikapi dengan arif karena darinya kita bisa mendapatkan sesuatu yang lebih berharga dari sekedar merasakan kesenangan yang tidak kekal. Jadi, Anda tidak boleh membenci atau takut terhadap kegagalan.

Tanpa kekalahan dan atau kegagalan, belum tentu Anda dapat memiliki pemahaman dan kearifan/kebijaksanaan tentang diri sendiri dan kehidupan seperti sekarang, yang akan membuat Anda lebih sukses di masa yang akan datang. Sehingga tidak berlebihan jika ada orang yang menagatakan, “berterima kasihlah pada kegagalan!”.

Semoga kegagalan yang kita alami bisa kita jadikan tangga meraih kesuksesan yang lebih besar dan penuh berkah.

Bangkitlah kawan, raihlah cita-citamu yang mulia…!

Iklan

Responses

  1. sebenarnya kegagalan bisa dijadikan kunci atau fondasi melakukan sesuatu. kegagalan bmembuat bisa membuat orang kreatif tapi yang buruk memang bisa juga membuat orang menjadi trauma.

    http://andytri.wordpress.com/

  2. Seperti kata orang bijak, “Kegagalan pada hakikatnya adalah keberhasilan yang tertunda…”

    Dengan syarat kita terus mencoba dan berusaha lebih giat lagi.

    Salam sukses untuk sahabat pembaca!

  3. sesuatu syarat kita untuk mendapatkan kesuksesan

  4. trimakasih kegagalan. Karena dari kamulah aku tahu arti kesuksesan…

  5. spakat, hidup hanya skali so jangan pernah memberi peluang bagi namanya “kegagalan” untuk merusaknya.

  6. betulll.sy yakin kegagalan itu adalah kesuksesan yang tertunda…………

    tapi kita berusaha and usaha pasti akn bisa kita gapai………

  7. kegagalan smua orang pasti pernah merasakan.dan kegagalan mempunyai sebab yang sngat kuat. oleh itu mari qt coba belajar dan bercermin dari smua itu.agar kdepan qt bisa melangkah lebih baik

  8. Salam Sukses Penuh Berkah Selalu,

    Wuryanano
    Inspirational Blog – Support Your Success

    Entrepreneur Campus – Support Your Future

  9. banyak orang sukses berawal dari kegagalan menjalani hidup namun dengan kegagalan itu bisa membuat dia termotivasi mempelajari akan kegagalan yang di alami,manusia yang sukses selalu memandang kegagalan adalah pengalaman karna dari kegagalaan yang di alaminya dia bisa memperbaiki kekurangan yag dia miliki

  10. mantap dah …. lanjutkan menulis bro

  11. mantap..inspiring!

  12. mantap banget kata-kata x


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: