Oleh: Agus Riyanto | 6 Maret 2010

MERAIH SUKSES DENGAN BELAJAR


Study hard

Belajar sejati => di sekolah kehidupan

Orang yang hemat tidak akan miskin. Orang yang bersungguh-sungguh tidak akan gagal. Orang yang belajar di usia mudanya akan menjadi sukses di usia tuanya. ~ Dr. Aidh Abdullah Al-Qarni

***

Meraih sukses dengan belajar, bagaimana itu bisa terjadi? Untuk menjawab pertanyaan yang satu ini, marilah kita coba renungan kata-kata bijak berikut ini:

Akrabkan diri Anda dengan kata tanya “Mengapa” dan “Bagaimana”, karena setiap mengapa dan bagaimana akan selalu menambah pengetahuan dan membuka wawasan. Pengetahuan, wawasan, dan pengalaman menjadikan manusia bijak.

˜

Pertanyaan adalah aspek penting dari usaha belajar. Pertanyaan menumbuhkan motivasi untuk mencari tahu yang pada akhirnya mendatangkan jawaban dan pemahaman.

˜˜

Ketika Anda merasa bertanggung jawab terhadap diri Anda, Anda harus mengupayakan agar segalanya terlaksana melalui belajar.

˜˜˜

Jika Anda belajar di lingkungan yang tertata dengan baik, maka mempertahankan sikap juara akan menjadi mudah.

˜˜˜˜

Kawan pendamping yang paling baik adalah buku bacaan.

˜˜˜˜˜

Belajar, memang artikel ini berbicara tentang belajar. Kenapa harus selalu belajar? Manusia hidup memang selalu belajar. Dengan belajar, dari tidak bisa menjadi bisa; dari bodoh menjadi pandai; dari tidak tahu menjadi tahu. Jika sekarang kita masih belum sukses, untuk meraih sukses juga harus belajar. Apa yang harus dipelajari? Tentu saja belajar cara-cara meraih sukses, belajar kualitas diri yang harus kita miliki agar kita pantas menjadi pribadi yang sukses, belajar pengalaman dari orang-orang yang telah sukses, belajar keahlian teknis agar kita bisa sukses, dan lain sebagainya.

Untuk bisa menjadi juara lari, kita harus berlatih lari cepat. Untuk bisa menjadi juara renang, kita harus berlatih renang. Untuk bisa menjadi juara binaraga, kita juga harus berlatih, fitnes dan makan makanan bergizi dengan porsi tertentu secara teratur. Demikian juga jika ingin sukses; kita juga harus berlatih sesuatu. Berlatih itu sendiri adalah bagian dari proses belajar; dari tidak tahu menjadi tahu dan tidak bisa menjadi bisa. Setelah kita bisa maka kita akan terbiasa dengan proses latihan yang kita lakukan. Dan dari kebiasan inilah nantinya akan kita peroleh hasilnya.

Jika kita terbiasa menulis dan tulisan kita dari waktu ke waktu semakin bagus maka kita akan menjadi penulis andal. Jika kita terbiasa menabung dan lama-lama tabungan kita menggunung maka kita akan menjadi jutawan. Jika kita terbiasa berdagang dan omzet dagangan kita terus bertambah maka suatu hari kita akan jadi juragan. Demikian juga jika kita terbiasa mengalami kegagalan, dan dari kegagalan-kegagalan tersebut kita belajar banyak hal dan terus melangkah maju maka suatu hari pasti kita akan berhasil, bahkan lebih berhasil dari yang pernah kita bayangkan.

Dari semua proses kehidupan yang kita jalani; ternyata jika kita mau terus belajar, kita akan semakin baik, semakin terbiasa dan lebih mudah mencapai apa yang kita tuju. Semua ini hanya milik mereka yang mau belajar; bukan bagi mereka yang berhenti melangkah dan tidak mau mengambil pelajaran dari peristiwa yang sudah terjadi.

Saya juga terkesan dengan pesan pendek dari sahabat saya, Nistains Odop, yang mengatakan: “Kita masih muda dan punya banyak kesempatan menambah ilmu.”

So, jangan pernah berhenti belajar karena masih banyak sekali hal yang harus kita pelajari agar kita bisa meraih kesuksesan yang kita idam-idamkan. Hal ini sejalan dengan Hadits Nabi yang isinya menjelaskan bahwa kalau kita ingin meraih dunia maka harus dengan ilmu, kalau kita ingin meraih akhirat maka harus dengan ilmu, dan kalau kita ingin meraih keduanya (dunia dan akhirat) juga harus dengan ilmu.

Dan proses belajar yang sesungguhnya adalah di sekolah kehidupan atau di dunia nyata. Semoga bermanfaat.

Iklan

Responses

  1. klu ada artikel boleh dikirim ke saya…

    • Silahkan saja daftarkan alamat email anda di “Langganan Surat Cinta”…

      Terima kasih.

  2. I like u’r motivation…. q jadi semangat mas.. mas kalo ada waktu visit my blog.. q pengen belajar bwt nulis… gak ad salahnya kan? salam kenal ya mas?

    • Terima kasih apresiasinya Mas Hendra…

      Salam kenal kembali, nanti saya mampir ke blog Anda.
      Tetap semangat ya bro!

  3. Tips untuk merubah sikap negatif ke arah yang lebih positif ?

    • Dengan merubah pemikiran dan ucapan kita ke hal-hal yang lebih positif. Hal itu akan merubah perbuatan dan kebiasaan kita, dan akhirnya diri kita akan menjadi lebih baik.

      Berubah harus ke arah yang lebih baik dan lebih maju!

  4. ma’af sobat…kunjungan… :D868 (blogwalking)

  5. heheeh…iya harus yakin ya

  6. saya mau tanya ??? bagaimana cara belarjar agar bisa di pahami contohnya ketika kita membaca buku 7saya selalu baca buku tapi, susah sekli saya pahami tolong jawabanya

    • Kuncinya adalah fokus. Jadi jika anda membaca 7 buku dalam satu waktu, itu ibarat anda makan memakai 7 sendok dalam sekali suap..:D
      Heningkan pikiran anda dan fokuslah pada apa yang anda baca!

  7. WAh banget pak artikel2 yg ada di blog ini.
    Juga terutama artikel yang satu ini.
    saya lagi belajar 🙂

  8. yah pa, tips yang bapa berikan sungguh-sunguh sempurna banget… ajarin dong pa?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: