Oleh: Agus Riyanto | 4 Maret 2010

MENYEMBUHKAN TRAUMA CINTA MASA LALU


Doa yang khusu'

Kepada Allah kita menyembah dan mohon pertolongan

Sebuah pertanyaan yang sering saya terima melalui SMS adalah dari sahabat pembaca yang mengalami penyesalan mendalam akibat dosa besar yang pernah ia lakukan dengan pacarnya, dan malangnya setelah kejadian yang berulang kali dilakukan itu, kemudian si cowok kabur dan meningkalkannya begitu saja. Seolah habis manis sepah dibuang… Sungguh tidak bertanggung jawab!

Sahabat saya tersebut sering menangis sedih, merasa berdosa, menyesal, dan kadang menganggap diri hina. Hal ini tentu tidak bisa dibiarkan karena  tidak akan menyelesaikan masalah.

Oleh karena itulah, sebelumnya telah saya posting artikel berjudul “Bahaya Pergaulan Bebas: Nikmat Sesaat, Menyesal Selamanya”. Dan kali ini saya akan sharing, bagaimana menyembuhkan trauma cinta masa lalu akibat kesalahan fatal dalam berpacaran seperti di atas agar terbangun kembali konsep diri yang positif. Mungkin juga di antara teman pembaca ada yang mengalami hal di atas sehingga tulisan ini bisa bermanfaat.

Memang sangat disayangkan jika peristiwa di atas terjadi pada kita atau teman di sekitar kita. Hal ini terjadi karena kurang hati-hati dalam menjaga diri, lemahnya iman, dan juga kebebasan yang disalahgunakan. Tapi apa mau dikata, nasi sudah menjadi bubur… Daripada menangis dan meratapi nasib, lebih baik mari ambil cabai, bawang, merica, dan bumbu-bumbu lainnya agar jadi bubur special.

Saya yakin kasus di atas banyak terjadi pada muda-mudi generasi sekarang ini. Beberapa peneliti juga sudah pernah meneliti gejala ini, yakni parahnya pergaulan bebas. Namun bagi pelaku yang menyesal dan ingin kembali ke jalan yang benar, berikut kiat-kiat yang semoga bisa membantu agar harga diri yang mungkin pernah hancur bisa kembali dibangun dan segera bangkit dari keterpurukan.

1. Bertaubatlah, karena Allah Maha Pengampun dan Maha Penerima Taubat

Pacaran memang lebih mendekatkan dosa dan maksiat, itu tidak bisa dipungkiri mengingat aktivitas ini sering berujung pada perbuatan dosa besar yang merenggut kesucian sang gadis. Namun seperti kasus di atas, semua sudah terlanjur terjadi. Tidak bisa diputar ke belakang untuk diperbaiki. Tidak ada manusia di dunia ini yang bersih dari dosa. Bahkan ulama sekalipun, tidak dijamin tidak pernah berbuat salah. Untuk itu, kembalilah ke jalan yang benar. Jangan ulangi perbuatan itu lagi. Dan percayalah bahwa Allah Maha Pengampun dan Penerima Taubat; yang penting kita mau benar-benar bertaubat dan tidak akan mengulangi perbuatan itu lagi. Selagi napas masih di kandung badan, itu artinya kita masih diberi kesempatan untuk kembali ke jalan-Nya.

2. Ambil hikmah dari kesalahan dan segera perbaiki diri

Kesalahan yang sudah terlanjur terjadi kalau hanya disesali dan ditangisi tidak akan ada manfaatnya. Itu tidak akan menyelesaikan masalah. Coba renungkan, pasti di balik itu semua ada pelajaran atau hikmah yang bisa Anda ambil. Mungkin pengalaman itu akan jadi pelajaran paling berharga dalam hidup Anda, jika Anda bisa mengambil hikmahnya. Kemudian jadikan itu sebagai momentum untuk memperbaiki diri. Banyak orang yang telah mengalami kepahitan hidup dan masa lalu yang kelam justru kemudian mendapat pencerahan dan menjadi pribadi yang luar biasa. Misalnya Ustadz Jefry al Bukhari, bukankah dulu beliau juga punya masa lalu yang kelam ketika terjerat narkoba…?

Untuk itu, ambillah hikmah dari setiap kesalahan yang kita lakukan dan lakukan introspeksi dan perbaikan diri. Selama matahari masih terbit dari timur, tentu masih ada harapan dan masa depan yang lebih baik untuk kita. Don’t give up!

3. Yakinlah akan ada  seseorang yang mau menerima Anda apa adanya

Mengalami kejadian buruk seperti itu mungkin akan timbul perasaan diri hina dan tak berharga, terutama jika kita memulai sebuah hubungan baru dengan orang lain yang lebih baik dan bertanggung jawab, tidak seperti pacar yang tidak berperasaan itu. Setelah menghisap madu terus kabur. Mungkin kita merasa tidak pantas lagi untuk siapa pun lelaki yang mendekati kita. Atau ragu bahwa masih ada yang mau menerima kita apa adanya. Meskipun perasaan itu dibenarkan, namun hendaknya jangan menjadi putusan seolah Anda narapidana yang telah hancur.

Sebagaimana kenyataan bahwa tidak ada manusia yang sempurna, demikianlah diri Anda pada kenyataannya. Dan pasti ada seseorang yang mengerti hal ini. Pasti ada seseorang yang mau memaafkan perbuatan dosa Anda setelah melihat kesungguhan Anda memperbaiki diri dan kembali ke jalan yang diridloi-Nya. Percayalah, akan ada seseorang yang mau menerima Anda apa adanya! Jadikanlah itu salah satu doa Anda. Mohonlah kepada Sang Pencipta agar Anda dipertemukan dengan orang yang akan menjadi pengobat luka Anda, bisa menerima Anda apa adanya, dan menjadi imam bagi Anda menjalani sisa hidup ini agar penuh makna.

4. Bangkitlah dan wujudkan cita-citamu

Segala keterpurukan bukanlah sebuah akhir dari kisah hidup ini, kecuali Anda berhenti mencoba untuk bangkit dan menyongsong hari esok yang penuh harapan. Kesalahan bisa menjadi berkah jika Anda mau melakukan perubahan. Bangkitlah! Kuburlah masa lalu Anda yang kelam itu. Tataplah hari esok dengan optimisme.

Tentu Anda masih punya segudang impian yang belum Anda raih. Bangkitlah, dan wujudkan cita-citamu! Jika Anda mau berjuang mewujudkan impian dan bangkit dari segala keterpurukan, niscaya akan ada kebahagiaan baru yang menghampirimu. Biarlah orang yang telah menyakitimu lahir-batin menyesal telah menyia-nyiakanmu. Sekarang adalah saat yang tepat untuk menjadikan segalanya lebih baik dan bermakna!

Sekian dulu apa yang dapat saya sampaikan. Semoga uraian di atas bermanfaat untuk sahabat semua. Memang masa lalu tidak bisa kita ubah, namun kabar baiknya kita masih diberi kesempatan untuk mengubah masa sekarang dan yang akan datang dengan perbuatan dan cinta yang lebih bermakna.

Salam sukses dan bahagia!


Responses

  1. ^_^…

    • 🙂;)
      #hai…

  2. kalo di pelet cewek bisa ngilangin g’ y? sgala cara udah ku coba tp mash aja terus merasuk………………………

    • Bisa mas…

      Perbanyaklah ibadah dan dekatkan diri pada Ilahi, niscaya Dia akan melindungi anda dari segala gangguan pelet dan ilmu hitam.

  3. Assalamualaikum . . .
    Sy lelaki perkasa dengan begitu banyak petuah orang2 terbaik dunia ini yang kujadikan mindset. Aku tidak mau berpacaran dan sering kali lingkungan menolak dan menertawakan pendirianku itu; aku tetap bertahan karena itu jalan hidup yang kupilih dan menurutku inilah yang terbaik, karna pasti yang terbaik. Aku yakin sampai mati.

  4. Apabila putus cinta aty mesti sabar.
    Kisah saya;
    Masa BF ckp putus kat saye,masetu aty saye pecah dan saye rase mcm nk pengsan…
    Wlupun aty ni sakit;luke di aty kite x nmpk tpi kiter rase…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: