Oleh: Agus Riyanto | 28 November 2009

THE POWER OF HARMONY FOR SUCCESS AND HAPPINESS


Mr. Andrie Wongso

Pertengahan Nopember 2009 lalu, tepatnya tanggal 14 Nopember 2009 saya mendapat kesempatan istimewa memenuhi undangan VIP dari tim AndrieWongso.com untuk mengikuti seminar “The Power of Harmony, for Success and Happinesss”. Sebuah kesempatan istimewa untuk sebuah event yang luar biasa karena di sini akan ada berbagai pemecahan rekor MURI, di antaranya pemecahan rekor MURI Sesi Motivasi dengan Menggunakan Angklung. Luar biasa! Seminar ini dihadiri lebih dari 4000 orang. Dan bahagianya duduk di barisan paling depan sehingga bisa lebih mantap menimba ilmu yang akan disampaikan.

Seminar dengan pembicara Mr. Andrie Wongso (Motivator No. 1 Indonesia), Djoko Nugroho (Master of Inspirational by Angklung) dan special performance by Joe Sandy (The Master) terkesan mewah dan spektakuler. Dengan dress code batik, lebih dari 4000 peserta akan ambil bagian dalam pemecahan rekor MURI motivasi dengan menggunakan angklung. Acara seminar ini dibuka dengan sambutan Menteri Kelautan dan Perikanan Bapak Fadel Muhammad, hadir juga mantan Menpora Bapak Adyaksa Dault memberikan testimony.

Materi yang disampaikan para master di atas sangat menginspirasi dan menggugah semangat. Pada sesi bersama Djoko Nugroho, kita diajak untuk fokus dan berkonsentrasi pada tujuan yang ingin kita raih. Setiap peserta memegang satu buah angklung yang memiliki nada tersendiri dari 7 nada dasar yang ada. Peserta diharuskan membunyikan angklung yang dipegangnya sesuai dengan kode yang diberikan sang master. Sesi ini cenderung terlihat sebagi sebuah permainan dan meniadakan kesan menceramahi apalagi menggurui, karena kita dilatih untuk menciptakan sebuah harmony dengan nada-nada yang dihasilkan. Dari 7 nada dasar tersebut terciptalah berbagai lagu yang bisa dimainkan oleh ribuan peserta dengan dipandu sang master. Memainkan angklung bersama 4000 orang membentuk alunan lagu sungguh mengagumkan.

Semantara Joe Sandy, seperti biasa, menampilkan aksi kecepatan bermain tali dan menebak kombinasi angka yang luar biasa mengundang tawa dan decak kagum peserta karena pada penghujung acara, angka-angka yang tersusun ternyata merupakan not yang setelah dikombinasi dan dimainkan bersama dengan angklung oleh seluruh peserta dipandu Djoko Nugroho menghasilkan nada lagu brand Flexi—salah satu sponsor acara. Jadilah ringtone pertama yang dimainkan secara bersama dengan menggunakan angklung oleh lebih dari 4000 orang.

7 resep kunci sukses

Tampil setelah dua master sebelumnya beraksi, Mr. Andrie Wongso kembali mengobarkan semangat peserta yang hadir dengan materi motivasinya yang luar biasa. Kali ini Motivator No. 1 Indonesia itu menekankan pada 7 karakter yang menjadi kunci sukses. Apa saja kunci sukses yang dimaksud?

1. YAKIN

Keyakinan diri adalah kekuatan pendobrak yang luar biasa. Dengan keyakinan diri yang kuat, kita bisa menciptakan prestasi.

 2. BERANI

Memang, di kehidupan ini tidak ada yang pasti, tetapi kita harus berani memastikan target.

Berani:

  • Memastikan target
  • Mulai melangkah
  • Memperjuangkan sampai sukses

 3. DISIPLIN

Jika anda ingin sukses, tegakkan DISIPLIN DIRI dengan tegas.

 4. KOMITMEN

Bagi orang yang memiliki komitmen dan integritas tinggi, mereka tidak pernah merasa takut, ragu atau bimbang dalam melakukan tugas yang dibebankan kepada mereka. Komitmen adalah janji yang harus ditepati.

 5. ULET

Ulet bukan sekedar sabar, pasif, apatis, pasrah dan bertahan. Ulet adalah tekad yang mengandung sikap antusias.

 6. SABAR

Jika ingin sukses, sabar harus kita miliki. Sabar menghadapi orang yang memusuhi dan meremehkan kita. Sabar menghadapi setiap halangan dan tetap berjuang hingga sukses.

 7. SYUKUR

Jika setiap bangun pagi kita bisa MENSYUKURI dengan tulus apa yang telah kita miliki hari ini, niscaya sepanjang hari kita bisa menikmati hidup ini dengan bahagia.

Tujuh karakter di atas jika sudah menjadi karakter kita, pasti cepat atau lambat kita akan bisa meraih apa pun yang menjadi goals dan dreams kita. Sejak proses penciptakan, kita adalah luar biasa karena kita adalah pemenang dari jutaan sel sperma yang berusaha membuahi sel telur. Setelah dewasa, kita pun bisa menjadi luar biasa dengan tetap menjaga semangat dan antusiasme dalam meraih impian. Hal biasa akan menjadi luar biasa jika kita lakukan dengan fokus dan konsisten.

Dan ternyata ketujuh resep kunci sukses tersebut telah tertempel di tiap angklung yang dipegang peserta. Satu angklung satu kata. Jadilah sebuah harmoni ketika Djoko Nugroho memandu peserta memainkan bersama. Jika beliau memberi komando dengan kode gerakan tangan, misal “Berani” dengan tangan terkepal ke depan maka peserta yang memegang angklung bertulis “Berani” membunyikan secara bersama. “Syukur” dengan telunjuk tertuju ke bawah, maka ketika sang master menggerakkan tangannya seperti dimaksud, peserta yang memegang angklung bertulis “Syukur” serentak membunyikan angklungnya. Demikian bergantian antara 7 kata yang merupakan nada dasar musik sehingga terciptalah nada-nada yang tersusun harmoni dalam lagu-lagu yang tidak asing bagi peserta yang hadir.

Dinner dengan Motivator No. 1 Indonesia

Datang dari tempat yang jauh ke Jakarta untuk mengikuti event yang langka tersebut tidaklah sia-sia. Selain bisa mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman baru, berjumpa dengan rekan penulis yang selama ini hanya kenal dari dunia maya, ternyata saya juga berkesempatan makan malam bersama Sang Motivator—seperti pesan tim pengundang, agar seusai seminar jangan langsung pulang karena Pak Andrie Wongso akan mengajak makan malam penulis-penulis tetap www.andriewongso.com.

Duduk persis di samping Motivator No. 1 Indonesia sangatlah tidak disangka dan bahagia. Saya bisa bercakap-cakap langsung dari dekat. Tapi ada yang membuat saya nervous. Apa gerangan?

Kita lanjutkan setelah pesan-pesan berikut ini…

Agus R with Mr. Andrie Wongso ~ Motivator No. 1 Indonesia

Saya nervous karena hidangan yang ada di meja makan ternyata menggunakan sumpit. Chinese food. Saya tidak pernah menggunakan sumpit, apa yang harus saya lakukan? Bingung.. Makan pun jadi tidak maksimal, banyak yang tersisa, hehehe..

Dari sini kita bisa mengambil hikmah untuk selalu belajar hal-hal baru. Tidak ada yang sulit jika kita sudah terbiasa. Untuk bisa menjadi terbiasa kita harus berani mencoba. Mungkin banyak kesalahan yang kita perbuat pada awalnya. Namun, jika kita terus berusaha dan mencoba pasti kita akan menjadi semakin baik.

Dalam kesempatan istimewa tersebut, saya juga dikenalkan oleh Pak Andrie dengan penulis-penulis lain yang hadir. Waaah, ternyata hanya saya yang dari luar Jakarta. Tidak lupa, kami pun foto bersama.

Dalam kesempatan istimewa tersebut saya berpose dengan Pak Andrie Wongso, Motivator No. 1 Indonesia. Tidak ketinggalan, saya juga berpose bersama Mr. Rudy Lim, Inspirator Muda No. 1 Indonesia. Serba nomor 1, saya pun berpikir saya nomor 1 dalam hal apa ya…? Ternyata tidak kalah dari mereka, saya juga nomor 1, yakni anak nomor satu di keluarga saya atau anak pertama alias anak sulung, hehehe…

Agus R with Rudy Lim ~ Inspirator Muda No. 1 Indonesia

Pada akhir kesempatan, saya pun menghadiahkan buku saya, “Born To Be A Champion” kepada Sang Motivator, sebagai kenang-kenangan dari pemuda desa yang sederhana. Karena semangat dan kekuatan impianlah saya bisa berjumpa dan melewati pengalaman langka tersebut.

Buku untuk Sang Motivator

Sahabat-sahabatku, jangan takut untuk terus maju dan berkembang. Saya yakin kita tercipta tidak untuk menjadi manusia yang sia-sia. Saya, Anda, dan kita semua pasti bisa menjadi luar biasa, apa pun passion yang anda miliki. Jika mereka bisa menjadi orang nomor 1 di bidangnya masing-masing, Anda juga punya kesempatan dan waktu untuk menjadi nomor 1, minimal dalam kehidupan keluarga dan orang-orang yang Anda cintai.

PAHLAWAN menunjukkan jalan padamu bagaimana MENYELESAIKAN masalah—dan itu ada dalam dirimu.”

~ Jet Li


Responses

  1. Terima kasih sekali untuk berbagi ceritanya pada saya. 7 Kunci sukses tadi akan saya “kuncikan” pada diri saya juga. Seperti Mas Agus tulis, kita juga ternyata bisa menjadi no 1 minimal dalam keluarga dan lingkungan kita. Sukses mas Agus. Btw, boleh kan saya kutip 7 kunci sukses tersebut dalam tulisan motivasi saya untuk lingkup perusahaan saya? Sekali lagi terima kasih… syaloom…

  2. ehm.. kesempatan bgs sekali bertemu orang2 yang luar biasa… thanks info motivasi dr acara tsb.. mg sy jg bs jd orang no 1🙂

  3. Thanks mas Agus atas sharing ceritanya. Luar biasa bisa duduk sederetan dg org2 luar biasa. Mas Agus skg bisa menyadari bahwa dlm diri paanjenenganpun ada kekuatan luar biasa. Kita tdk perlu menjadi anak org hebat untuk bisa menjadikan diri kita hebat. Semua ada di kita, bagaimana kita bisa menggali dan mendayagunakan kesempurnaan yg diberikan olehNya. Salut mas atas prestasi mas Agus! Maju terus…dan sy bangga bisa mengenal panjenengan! Bravo mas Agus…

    • Terima kasih Pak Final atas apresiasinya.:)

      Karena support dan bimbingan Bapaklah, saya jadi bisa melewati masa-masa sulit dan terus bergerak maju, meski tidak sedikit rintangannya.

      Bravo juga untuk Bapak dan kawan-kawan semua!

  4. Hmmm, tulisan yang menarik. Terima kasih telah berbagi, karena jujur saja saya merasa jarang ada yang menuliskannya dalam perspektif seperti ini. Kesuksesan memang harus dimulai dari dalam, serta dilakukan dengan penuh komitmen.

    Saya pikir kita memang perlu saling mengingatkan satu sama lain tentang teori dan proses pengembangan diri. Dan sebagai referensi silang, Anda juga pasti bisa menemukan cerminan lainnya dalam tulisan saya yang berjudul Racun Pengembangan Diri. Sekedar untuk semakin menambah wawasan saja, semoga bisa membantu.

    Salam kenal, sobat, senang bertemu dengan sahabat baru yang juga memiliki semangat untuk menginspirasi orang lain.

    Lex dePraxis
    Unlocked!

  5. Luar biasa !

    ko gak mampir sih ke Tangerang ? & gak kasih2 kabar klo mo ke JAKARTA …😦

    Sukses selalu ya …!🙂

  6. Matur nuwun Mas Yadi…

    Maaf, belum bisa mampir karena hanya sebentar ke Jakarta.

    Kapan-kapan ya, semoga ada kesempatan lagi.

  7. Assalamu’alaikum.

    Salut untuk mas Agus R.

    Salam Sukses dari hati.

  8. Ass,Bagaimana cara-nya menjadi yg terbaik bagi semua orang dalam memberikan manfaat yg paling berharga dan bernilai..?

    by Iswan Antig

    • Dengan memberikan yang terbaik dari potensi diri yang kita miliki.
      Temukan panggilan jiwa anda, dan berkaryalah dengan penuh cinta. Jangan karena terpaksa… maka kita akan mengalir dalam memberi manfaat.

      Terima kasih

  9. Ass,Pak bagaimana cara mengetahui diri yg sebenarnya.terimaksih…!

  10. Untuk mengetahui potensi diri kita yang sebenarnya mungkin tidak mudah, butuh waktu untuk mendalami diri sendiri. Tapi kita bisa mulai dengan memperhatikan kecenderungan kita akan sesuatu.

    Kita bisa mengetahui apa sebenarnya yang menjadi passion kita melalui beberapa ciri berikut ini:

    1. Kita menyukai pekerjaan/aktivitas itu.
    2. Kita menikmati melakukan pekerjaan/aktivitas itu.
    3. Kita mau melakukan pekerjaan/aktivitas itu meski tidak dibayar.
    4. Kita merasa mudah melakukannya, namun orang lain merasa sulit.
    5. Semakin sering kita melakukannya, kita menjadi semakin baik di bidang pekerjaan tersebut.
    6. Kita sering dipuji karena melakukannya (pekerjaan yang kita lakukan dengan baik).
    7. Kita selalu bersemangat saat membicarakan pekerjaan itu dan memiliki energi yang membara saat melakukannya.
    8. Kita bisa fokus melakukan pekerjaan itu, dan terus belajar mengembangkan diri di bidang tersebut.
    9. Kita sering lupa waktu saat melakukan pekerjaan/aktivitas itu karena senang dan asyiknya.
    10. Kita merasa puas dan bangga setelah melakukan pekerjaan/aktivitas itu.
    11. Kita mudah mempengaruhi orang dalam bidang pekerjaan/aktivitas itu.

    Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat.

  11. […] MURI untuk Master Joe Sandy ada kabar bahagia buat kalian Joe Sandy saat menerima piagam rekor Muri Sabtu, 14 November 2009 bertempat di JITEC lantai 8 Mangga Dua Square, Jakarta dalam sebuah ajang bertajuk “The Power of Harmony for Success & Happiness”, Joe Sandy bersama Andrie Wongso (Motivator no. 1 di Indonesia), dan Djoko Nugroho (Master of Inspirational by Angklung) mencatatkan diri sebagai rekoris. Penulis tidak hadir di seminar motivasi yang dihadiri sekitar 4.000 orang tersebut. Hanya baca beritanya via internet. Yang mau baca beritanya, silakan klik ini atau ini. […]

  12. Reblogged this on Learn to be, learn to think, learn to do, learn to live and commented:
    Just a Reminder, kami – p-school.co.id pernah melangsungkan acara ini di Palembang sekitar tahun 2009

  13. Great Post!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: