Oleh: Agus Riyanto | 24 Februari 2009

HIDUP INDAH DENGAN “BISMILLAAH”


Hidup yang kita inginkan, di samping yang berkecukupan, tentu juga yang penuh berkah. Dan perasaan bahagia pasti ingin menyelimuti hati kita meskipun hidup kita tidak bergelimang harta, karena apakah hanya dengan harta kita bisa bahagia? Tentu tidak!

Setidaknya bahagia itu bisa kita peroleh di saat kita mau mensyukuri karunia-Nya yang terlimpah kepada kita tiada henti. Dan juga menjadikan Dia, Sang Pencipta, selalu menyertai semua langkah kita.

Kita bisa melakukannya dengan menyertakan nama-Nya di setiap aktivitas kita. Kita sebut nama-Nya setiap kita hendak memulai seluruh aktivitas hidup kita, semuanya, dari bangun tidur sampai tidur lagi.

Ya… betul sekali, kita membiasakan diri membaca “basmallah” di awal setiap langkah hidup kita. Bacaan basmallah atau “Bismillaahirrahmaanirrahiim” kita baca di setiap akan melakukan aktivitas sehari-hari selama kita menjalani anugerah waktu.

Bangun tidur, bismillah… mau makan, bismillah… berangkat kerja atau kuliah, bismillah… memulai kerja, bismillah… mau tadarus Al Qur’an, bismillah… mau masak, bismillah… mencuci pakaian, bismillah… belajar, bismillah… mau menulis artikel, bismillah… mau menyapu lantai, bismillah… mau sedekah, bismillah… dan lain-lain, buaanyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak sekali kegiatan kita [“a”-nya banyak, artinya banyaaaak dikuadratkan…]. Pendek kata, apa pun kegiatan kita, semuanya kita awali dengan “bismillah…”

Wah, jadi semuanya bismillah dulu ya Mas?”

He… eh!” (ngangguk).

Terus, mau pacaran juga bismillah dulu dong Mas…?”

Toeoeeoeoeeng…! (mataku melotot… yang satu melirik ke kiri, satunya lagi ke kanan…)

He..he..he.. Sejak kekasih saya pergi… eh, maksud saya… sejak teman saya mau pacaran terus baca bismillah… eh, dia malah tobat… jadi ingat Allah. Dia pun tidak jadi pacaran…”

Hmm… jadi, pacaran = dosa, tapi pacaran = enak kan…? Yah, pacaran = dosa yang enak…”

Memang ada dosa yang tidak enak?”, tanyaku.

Ada Mas… Itu… ada maling (pencuri) yang nyuri anak ayam tetangga, tapi ketahuan yang punya, akhirnya dia dipukuli ramai-ramai…”

Sampai mati nggak?”

Tidak Mas, tapi setengah mati… babak belur…!!”

Hmm… itu baru mau nyuri anak ayam ya… Lha, kalau yang dicuri induk ayam, jadi apa dia ya???”

Jadi coverboy Mas… eh, maksud saya jadi pocong Mas… Artinya dipocong pakai kain kafan alias wafat…”

Terus itu… yang korupsi uang rakyat, ratusan juta… bahkan milyaran Rupiah dan ketahuan, pada dipukuli sampai benjut nggak…?”

Kayaknya nggak tuh Mas… mereka malah banyak yang bebas melenggang kangkung dan pergi pesiar…”

Adil nggak???”

?!?”

Kalau mereka baca bismillah dulu, insya Allah tidak akan korupsi ya…?”

Mungkin Mas…”

Ok, kita bismillah dulu yuuuk…”

Yuuuk…”

***

Bismillah mula-mula

Bismillah yang mengawali

Bismillah akan membuatmu bahagia

Dengan bismillah hati kan terjaga,

lalu keberkahan menaungi kita

**

Bismillah dan melangkah

Bismillah lalu bekerja

Bismillah di dalam hatiku tenang

karena semua hanyalah milik-Nya,

bahkan nafas adalah kemurahan-Nya

Bismillah Yaa Rahman Yaa Rahiim…

**

Terkadang hidup dalam sepi hati,

karena jiwa yang rindu ‘tuk kembali pada Allah

[Opick]

***

Sahabat-sahabatku, sungguh indah bila kita memulai segala sesuatu dengan bismillah… menyebut nama-Nya yang agung. Jika kita sendirian maka Dia ada di sisi kita. Jika kita di tengah keramaian, Dia pun bersama kita. Dialah yang akan mengiringi langkah kaki kita, dalam suka dan duka… menyertai di setiap hembusan nafas kita, dan insya Allah kita akan selalu dalam penjagaan-Nya.

Tidak ada duka dalam bismillah… Tidak ada kesedihan dalam bismillah… Tidak ada ratapan dalam bismillah… dan semua ‘kan terasa indah.

Dengan menyebut Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang…”




Responses

  1. Artikel yang luar biasa, makin berisi saja.

    salam sukses dari hati!

    Anjungan Anwar

    • Semoga orang yang mambaca artikal yang anda tulis itu, anda juga kebagian fahalanya Amiiin

  2. Sangat menginspirasi…!

    Terima kasih pencerahannya Mas.:-)

  3. saya merasa jadi sadar diri mas.

    salam

  4. Saya terharu mas…

    Salam buat mas Anwar ya

  5. Wow, ada Mba Meta yang manis mampir nich…

    Salamnye gue sampein dech!!!
    Btw, bonusnya apa hayo…?

    Semoga dik Meta mau doain mas Anwar dan saya segera nyelesein buku kami selanjutnya.

    Jangan lupa baca “bismillah” dalam memulai amal shaleh atau aktivitas positif kita ya…

  6. bismillahirohmanirohim…
    aku menuliskan komentar..he.he.

    memang indah jika di rahmati allah. Menjadi seorang yang dicintai sesama dan saling mengingatkan.

    Mudah-mudahan aku bisa selalu istiqomah memulai aktivitasku dengan ucapan kalam illahi.

  7. Baru-baru ini ketika saya merenungi makna Bismillah, saya benar-benar tersadar jika Allah Ta’ala tetap Maha Rohman dan Maha Rohim meski dilalaikan,dikhianati dan diingkari sebagian umat ciptaanNya sendiri. Subhanallah….smakin membuka mata saya untuk selalu memaafkan orang-orang yang barangkali pernah menyakiti kita….Trims, sukses mas. Salam hangat

  8. mas artikelnya smakin bagus aj,terus berkarya

  9. assalamualaikum_
    saya juga udah pernah merasakan dahsyatnya kekuatan “basmallah”.
    boleh request gak?
    buat buku yang judulnya “dahsyatnya kekuatan ‘basmallah’…”
    insya ALLAH, dengan “basmallah” keberkahan akan menaungi kita.

  10. Wa’alaikumsalam…

    Terima kasih atas apresiasinya.:-)
    Request yang bagus… Semoga saja dengan ijin dan pertolongan Allah, someday saya bisa menulis buku itu…

    Mohon doanya ya, saya masih harus banyak belajar dan menuntut ilmu.

    Salam hangat,
    AR

  11. luar biasa

  12. ya…. itu hebat banget. it’s very good. hehehe gunain bahasa inggris kali kali…., itu emang bener kalo kita baca basmalah ketika hendak melakukan sesuatau laksana pasti di kasih pahala oleh Allah and pasti dapat kemudahan dalam menjalaninya ok… BOROW….!!!!!!!

    • Terima kasih atas apresiasinya.:)
      Bravo!

  13. Iya, pak terkadang kita sering lupa mengawali hari kita dengan bismillah, makasih ya pak🙂

  14. Bismillahirrahmaannirrohiim, subhanalloh! simple but meaningfull. salam sukses selalu untuk mas agus(penul is) amin!🙂

  15. Subhananallah, mohon ijin untuk dishare

    • Silahkan mas… Semoga bermanfaat.
      Jangan berhenti berbuat baik!

  16. Bismillah mula-mula

    Bismillah yang mengawali

    Bismillah akan membuatmu bahagia

    Dengan bismillah hati kan terjaga,

    lalu keberkahan menaungi kita

    **

    Bismillah dan melangkah

    Bismillah lalu bekerja

    Bismillah di dalam hatiku tenang

    karena semua hanyalah milik-Nya,

    bahkan nafas adalah kemurahan-Nya

    Bismillah Yaa Rahman Yaa Rahiim…

    **

    Terkadang hidup dalam sepi hati,

    karena jiwa yang rindu ‘tuk kembali pada Allah

  17. wow……………..
    D . A . S .Y . A . T

    TP CYNK BGT SKA LUpa euy………
    gmn ae caranya biar gk lupa??????????????

  18. hemmmmmmmmmmmmmmz
    dGn bismillaah memang indah

  19. Bismillahirrohmaanirrohiim..
    Assalamu’alaikum.
    Sy mhon isin copy ms..

  20. Subhanallah,,, dngn membaca artikel diatas hati aq langsung terasa tenang dan damai, mga artikel ini bsa brmanfaat bgi smua pembacax… Amiiiin
    Truzzz tingkatkan artikelx………………
    Salam

  21. Bismillahirrahmaannirrohiim, subhanalloh! Mukjizat di sebalik BISMILLAH…
    BISMILLAH adalah sebutan/nama dari lafaz “BISMILLAHIRRAHMAN NIRROHIM” yang bermaksud ‘Dengan nama ALLAH yang maha pengasih lagi maha penyayang’..Amiiiin
    Truzzz tingkatkan artikelx………………
    Salam ukhuwah,…..

  22. memang.. hidup ini kan menjadi indah bila selalu merasa di dampingi oleh Allah

  23. alhmdllah…,di saat aq putus asa bgini aq kmbli smngat lagi,, dngn bismilah mudah2n mslahku smua kelar,,mohon do’anya.,bgi yg mndo’akan sy tdk bs mmblas apa,.mdah2an yang kuasa mmblas do’a klian smua,aminn..

  24. Bismillah…
    Alhamdulillah n terimakasi untuk semua….

  25. iyah, hidup itu akan selal indah jika kita awli dengan bissmillah😀 smangat uyeah ….

  26. mantap degan bismilah semuah akan terasa indah betul bgt mas.

  27. wah makasi mas… artikelnya bagus…
    semoga apa yang kita lakukan diridhoi sang maha KUASA. amin…

  28. wajib dlm khidupan qt sehari hari ….🙂

  29. Artikel yg sangat menyejukan hati, di tengah dahaga jiwa yg rindu akan penyemangat iman

  30. menenangkan hati…….barakallah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: