Oleh: Agus Riyanto | 24 November 2008

TIDAK ADA YANG SUKSES DILAKUKAN SENDIRI


Oleh: Arif Ismanto, S.Kel*

Memang Tuhan sangat adil. Mengajarkan hambanya untuk saling bantu membantu. Karena tidak ada manusia yang sukses sendirian, dalam artian tanpa bantuan orang lain. Apa-apa dilakukan sendiri, jelas tidak profesional. Bahkan kalau apa-apa dilakukan sendiri itu kemaruk (serakah, ed) dan hasilnya tidak mendalam. Selain capai, hasilnya tidak sesuai keinginan.

Penting sekali menjalin hubungan dengan orang lain. Cari di belahan bumi mana pun, pasti tidak ada orang yang sukses dilakukan sendiri. Bekerja sama dengan orang lain akan membuat hasil yang lebih baik.

Jawaban itu sebagai alasan kenapa umat Islam dianjurkan untuk menjalin silaturahmi dengan orang lain. Jalin komunikasi dengan saudara. Pasti mendapat sesuatu! Tidak ada kata sia-sia. Menemui orang lain pasti bermanfaat.

“Ah masa…? Saya ke rumah saudara  tidak dapat apa-apa…”

Kebanyakan akan melemparkan pertanyaan seperti di atas. Kalau fokus kita adalah materi mungkin kita tidak dapat. Tapi apakah manfaat hanya sebatas materi semata? TIDAK !!!

Berpikirlah secara luas. Manfaat tidak sebatas materi. Tidak sebatas pemberian sesuatu kepada kita. Apalagi kalau focus kita adalah uang. Mungkin tidak dapat, bahkan jarang orang yang akan memberikan uang. Boleh dikatakan 80% tidak memberikan sesuatu kepada kita.

“Lho…, apa manfaatnya?”

Manfaat yang didapat di antaranya:

1. Memperkuat hubungan, dan terjalinnya komunikasi yang baik, tidak berprasangka buruk. Saling menghormati dan rasa memiliki    saudara akan tumbuh dengan sendirinya.

2. Bertambahnya wawasan dan ilmu. Ilmu apa saja? Tak terbatas. Bahkan hanya dengan mengamati ekspresi saudara kita kalau memang bermanfaat dapat dikatakan sebagai ilmu. Dan ini yang terpenting.

Apabila sudah terjalin seperti itu, manfaat lain juga akan terasa. Mungkin saja tidak langsung, namun untuk waktu ke depan. Misalkan suatu ketika kita butuh sesuatu maka teman akan siap membantu sekuat tenaga. Karena sebagai saudara akan dengan hati membantu temannya yang  sedang kesusahan.

Pernahkah Anda memikirkan kejadian-kejadian di sekitar kita yang dibantu oleh orang lain. Hampir setiap hari! Setiap hari!!! Kita dibantu dan berhubungan dengan orang lain.

Sebagai contoh sederhana adalah makanan yang kita makan. Terbayang tidak bagaimana makanan itu tersaji di hadapan kita? Berapa orang yang terlibat dalam satu porsi makanan yang masuk ke dalam mulut kita? Misalkan roti. Siapa yang menanam benih gandum sebagai bahan pokok roti tersebut, siapa yang memelihara ayam untuk menghasilkan telur, siapa yang mengairi dan membuat pupuk untuk gandumnya, dan seterusnya.


Penulis adalah seorang pengagum keajaiban dan kedahsyatan otak manusia. Dengan menyenangi mind psikology sebuah studi tentang psikologi pikiran manusia. Saat ini bekerja di sebuah lembaga keuangan dan memberikan sedikit ilmunya dengan memberikan pendidikan swadaya. Cita-cita beliau menjadi pengusaha sukses. Penulis dapat dihubungi melalui email: r1efy@plasa.com.


Responses

  1. Kereeen!

    Artikel-artikelmu semakin bagus Mas Arif, segera difokuskan menulis buku saja…
    Insya Allah saya akan membantu.

    Oh ya, thanks berat ya… saat silaturahmi ke rumah mau repot-repot membawa buah-buahan.
    Ibu saya sangat terkesan lho…

    Salam Champion!

  2. MAKAsih…bro.
    i will…

  3. Menulis buku juga tidaklah semudah yang dibayangkan, tetapi butuh curahan energi dan pikiran.

    Ketika menulis buku, bayangkan saja seseorangmu yang mirip Nadia Saphira itu sedang sangat menantikan launchingnya buku perdanamu…
    So, jadi semangat nich, hehehe…!

    Good Luck, bro!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: