Oleh: Agus Riyanto | 17 September 2008

HAL YANG BARU: BIKIN HIDUP LEBIH HIDUP


Oleh : Arif Ismanto, S.Kel*

Hal yang baru kadang membuat kita aneh dan kadang terasa tidak nyaman. Membingungkan…, tapi justru di situlah hal yang sangat kita tonjolkan dalam hidup ini. Sesuatu yang baru membuat suasana baru. Suasana baru tidak membuat kita monoton. Kreatifitas akan ada.

Kebiasaan mindset kita adalah menentang sesuatu yang baru dan membanding-bandingkan dengan yang lama. Itu adalah hal yang wajar karena belum terbiasa. Orang yang mencintai sesuatu yang baru akan memiliki semangat hidup yang lebih dan lebih. Selalu terasa baru dan ada energi yang luar biasa merasuk ke dalam diri.

Pernahkah anda mendengarkan musik? Jawabannya pastilah pernah. Hanya orang tuli yang tidak pernah mendengarkan musik. Terus, siapa artis dan lagu idola anda? Ada seribu jawaban, baik dari dalam negeri maupun luar negri. Dari hal sekecil itu sebenarnya bisa dilihat hal yang baru. Sukakah anda dengan lagu yang itu-itu aja? Tidak ada lagu baru? Hampir semua orang akan mengatakan sama = BOSAN. Ganti dong dengan lagu baru. Yup… benar sekali! Kita akan bosan dengan lagu lama diputar ulang. Coba banyangkan seandainya setiap hari didengarkan lagu yang sama selama 24 jam setiap hari selama hidup. Uh…, pastilah boring luar biasa.

Maka para pencipta lagu adalah orang yang sudah mempraktekkan teori ini. Lakukan hal yang baru. Mereka berimprovisasi dengan membuat lagu baru. Pertama terlihat aneh. Akan tetapi lama kelamaan akan terasa biasa. Dari penulis sendiri kadang merasakan. Lagu baru pertama kedengarannya aneh, namun lama kelamaan akan terasa enak dan nyaman di telinga. Itulah yang disebut penyesuaian hal yang baru.

Aplikasi dari hal tersebut bagi kehidupan ini adalah mulailah melakukan hal yang baru. Jangan hanya meniru dan meniru. Tonjolkan hal yang kreatif; sesuatu yang baru. Dengungkan hal yang baru. Sesuatu yang baru pada awalnya akan mendapat perlawanan, namun akan dengan sendirinya luluh. Namun hal yang baru membuat semangat hidup akan kembali bernyala.[ai]

*Penulis adalah seorang pengagum keajaiban dan kedahsyatan otak manusia. Dengan menyenangi mind psikology sebuah studi tentang psikologi pikiran manusia. Saat ini bekerja di sebuah lembaga keuangan dan memberikan sedikit ilmunya dengan memberikan pendidikan swadaya. Cita-cita beliau menjadi pengusaha sukses. Penulis dapat dihubungi melalui email: r1efy@plasa.com.

Iklan

Responses

  1. Wah ini baru yang namany semangat

  2. Aku memiliki pribahasa yang menurut saya benar
    tapi aku mau tau, apakah di mata Mas Agus Riyanto bisa menerima, “jangan biarkan hal yang menakutkan menghalangimu untuk belajar”

  3. salam kenal untuk maradona..
    menurut saya ketakutan akan hilang manakala kita lawan dan kita hadapi. Ketakutan akan hilang dengan sendirinya.

    Betul ga mas agus?

    Katanya mau membuka konsultan ya? Kapan mas? he..he…aku ikut ya mas…

  4. Terima kasih kawan-kawanku…

    “Jangan biarkan hal yang menakutkan menghalangimu untuk belajar…”

    Saya setuju sekali dengan petuah di atas… Kadang keraguan dan anggapan orang-orang di sekitar kita lebih menakutkan daripada harimau hutan.

    Mas Arif juga betul…
    Sahabat yang satu ini memang makin hari makin pinter aja nich.:-)

    Mas, dalam waktu dekat saya ingin silaturahmi ke rumahmu lagi ya…
    Jangan lupa, hidangannya dipersiapkan dari sekarang, hehehe…

    Tetap semangat ya, semuanya saja…!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: