Oleh: Agus Riyanto | 30 Mei 2008

HIKMAH SEBUAH PERJALANAN: BERUBAH MENJADI LEBIH BAIK


Oleh : Anjungan Anwar P.*

Setiap hari saya pergi ke pasar untuk belanja keperluan kios yang saya kelola, menggunakan sepeda motor melewati jalan-jalan utama di kota Purwokerto. Dalam perjalanan itu saya selalu mengamati segala hal yang saya lihat; kendaraan yang lalu lalang, keramaian pasar dan para pedagang yang sedang berjualan di pasar.

Ada hal yang menarik dari hasil pengamatan saya selama hampir 1 tahun menjadi seorang pedagang. Saya menemukan sebuah toko yang selalu berubah-ubah jenis usaha dan barang komoditi yang dijual. Pertama toko itu berjualan barang-barang dari bahan plastik (ember, baskom, perkakas dapur dll), kemudian berubah menjadi toko yang menjual air mineral berbagai merek. Pernah juga toko tersebut berubah menjadi toko mainan anak-anak. Dan yang terakhir saya lihat, toko itu diubah oleh pemiliknya menjadi warung makan.

Saya salut dengan kegigihan pak Ahmad (nama samaran), pemiliki toko itu. Beliau tidak pernah menyerah, apa lagi berputus asa dalam usahanya, walau ia selalu gagal atau kurang berhasil. Beliau selalu kreatif untuk mencari jenis usaha lain untuk tokonya; berusaha dan berusaha terus mencari peluang lain untuk sukses.

Suatu ketika memang toko pak Ahmad pernah tutup, tapi kemudian buka lagi dengan jenis usaha yang lain. Begitu seterusnya, hingga sekarang. Wal hasil, usaha yang terakhir ditekuninya mulai berbuah manis, bahkan setiap saya melewati rumah makan miliknya, suasananya selalu ramai dikunjungi para pelanggan.

Sahabat, kita harus banyak belajar dari kegigihan sang tokoh dalam ilustrasi di atas. walau pun beliau selalu kurang beruntung dalam usahanya, namun beliau selalu berjuang terus untuk mencari hal yang baru untuk sukses. Semangatnya pantas ditiru dan diikuti agar kita bisa meraih kesuksesan.

Kesuksesan membutuhkan dua hal. Apa sajakan itu?

Yang pertama ialah ketekunan dan kesabaran. Mampukah kita meluangkan waktu untuk membangun mimpi-mimpi kita? Sementara teman-teman kita yang lain sedang asik bermalas-malasan, pacaran, dugem, dan nongkrong di mall-mall. Kita sendiri dituntut untuk belajar ekstra keras, baik melalui buku-buku referensi atau pun belajar dari pengalaman orang lain. Jika kita mampu berarti kita sudah mampu mengalahkan ego dalam diri kita sendiri. Karena kesuksesan itu mahal maka kita harus bersusah-susah dahulu, berjuang tanpa mengenal lelah dan letih.

Yang kedua ialah keberuntungan. Keberuntungan adalah hal yang paling sulit karena keberuntungan atau luck ini tidak bisa kita pastikan. Jika kita percaya Tuhan itu Maha Adil, dan selalu bermurah hati kepada makhluk-Nya yang mau berusaha, saya yakin kesuksesan akan mudah untuk kita raih.

Dalam usaha, yang terpenting ialah ketekunan dan kesabaran. Dua kunci itu apa bila benar-benar kita pegang, saya yakin kesuksesan itu bukan hanya sekedar angan-angan.

Kesimpulannya ialah walau kita selalu menemui hambatan, bahkan kegagalan dalam berusaha, kita harusnya tetap berjuang terus. Jangan menyerah, dengan berfikir terus menerus untuk mencari peluang-peluang lain untuk sukses. Kegagalan adalah kemengan yang tertunda. Dasar pemikiran itu harus selalu ditekankan dalam diri kita agar kita selalu semangat untuk menjalani hari esok.

Dengan kita tak pernah mencoba memang kita takkan pernah gagal, namun dengan kita tak pernah gagal itu keadaan kita tidak akan pernah berubah; tidak akan pernah sukses dan kita tergolong manusia yang merugi. Maka jangan pernah berhenti untuk selalu mencoba, mencoba dan mencoba jika ingin meraih kesuksesan.

Nantikan yang berikutnya: Hikmah Sebuah Perjalanan, “Membuat Variasi yang Kreatif “.

Salam pejuang kesuksesan!

*Anjungan Anwar P. adalah seorang penulis, entrepreneur muda dan mahasiswa. Beliau bisa dihubungi melalui email: anwarpolosse@gmail.com

Iklan

Responses

  1. harus lebih keratif lagi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: