Oleh: Agus Riyanto | 1 Januari 2008

TAHUN BARU: SELALU ADA HARAPAN BARU


Tak terasa detik demi detik berlalu begitu cepat, hari berganti hari, bulan-bulan berlalu… Setahun telah berlalu kembali, telah terukir semua kenangan. Pahit manis kehidupan datang dan pergi, suka dan duka mengiringi langkah kita setahun terakhir ini: tahun 2007.

Kini tahun baru telah tiba. Menawarkan berjuta mimpi. Membentangkan selaksa harapan; bukan duka dan kekecewaan. Ini adalah tahun yang menentukan, tahun yang harus penuh kesuksesan.

Tahun baru, tidak berarti kekasih baru, suami/istri baru… Tahun baru adalah semangat baru, harapan baru. Mimpi yang terangkai tahun lalu yang belum sempat diwujudkan akan terlaksana di tahun ini. Tahun baru adalah semangat baru, semangat untuk berubah menjadi lebih baik, semangat untuk meraih segala impian karena selalu ada harapan baru.

Harapan akan tinggal harapan jika kita hanya bisa berharap tanpa bertindak dan berjuang sepenuh hati untuk mewujudkan harapan itu. Harapan akan berlalu pergi tanpa komitmen dari diri sendiri bahwa harapan itu layak untuk kita perjuangkan, agar harapan itu bisa mewujud menjadi kebahagiaan, bukannya harapan nan sirna…

Selalu ada harapan baru! Semua kegagalan, kesedihan, kekecewaan dan keputusasaan akan berlalu pergi… Biarkan semua hal buruk berlalu pergi mengiringi perjalanan sang waktu dan ijinkan harapan baru bersemi. Semua hal yang lebih baik dan membahagiakan di tahun ini akan datang.

Selalu ada harapan baru! Semua target, goal atau hal yang belum terealisir tahun lalu akan terwujud di tahun ini. Kita hanya butuh keseriusan, kegigihan dan action nyata agar semua berjalan sesuai harapan. Kita memang tidak bisa memastikan segala sesuatu berhasil, namun kita bisa berjuang sepenuh hati agar hal-hal yang pantas kita dapatkan bisa kita raih, tidak hanya dalam angan tapi menjadi kenyataan . Tak peduli apa pun yang telah terjadi di tahun yang lalu, tahun ini kita harus labih baik lagi. Berhasil merubah segala yang buruk menjadi baik, merubah air mata menjadi senyum, dan kepahitan menjadi berkah dengan mengambil segala hikmahnya.

Kepada siapa lagi kita berharap jika kita tidak berharap kepada diri sendiri. Tuhan juga akan diam saja kalau kita tidak bergerak, take action! Jangan biarkan diri kita murung karena menyesali kegagalan di tahun lalu. Biarkan itu berlalu dan raihlah kebahagiaan kita di tahun ini. Semangat kita akan kian membara karena harapan baru itu muncul dan bersemi seiring berlalunya waktu yang telah meninggalkan mimpi-mimpi buruk kita. Di tahun ini mentari akan bersinar semakin cerah, secerah kita menatap masa depan yang penuh harapan…

Mungkin kita pernah bermimpi dan mimpi itu belum kita wujudkan. Ketika badai datang dan menghempaskan kita di sudut kehidupan yang menyedihkan, bukan berarti itu terjadi agar kita mengubur segala impian. Tetapi agar kita menjadi kokoh, sekokoh batu karang. Agar kita keras sekeras baja. Karena hanya dengan penderitaan manusia akan membaja. Seiring berjalannya waktu, diri kita telah ditempa dengan berbagai cobaan, ujian, kekecewaan dan sedikit kecemasan. Kita akan berubah menjadi mutiara atau tetap menjadi batu kerikil yang tidak ada harganya, hanya kita yang menentukan. Karena apa pun yang terjadi dalam hidup kita hanya kita sendiri yang bisa mengambil hikmah dan pelajarannya, bukan orang lain.

Selalu ada harapan baru! Tuhan telah memberikan anugerah terindah kepada kita berupa kehidupan ini. Modal kita yang sesungguhnya adalah diri kita sendiri dan waktu. Kadang kita menyia-nyiakannya. Kadang kita membiarkan waktu itu berlalu begitu saja. Kadang kita menganggap masih banyak waktu untuk kita. Tapi kenyataannya waktu yang telah berlalu pergi tak pernah kembali lagi. Apa pun yang terjadi dengan sang waktu, ia terus berlalu tanpa berhenti dan peduli sedikit pun. Waktu akan terus berlalu tak peduli kita diam atau tidak. Kitalah yang berhak mengukir sang waktu. Dan kelak kita juga akan dimintai pertanggungjawaban dengan anugerah waktu itu sendiri. Tak ada pilihan lain, kita harus mengisi sang waktu dengan sesuatu yang berharga karena hanya itu yang bisa kita lakukan agar di kemudian hari kita tidak menyesali berlalunya waktu; menyasali masa lalu!

Jangan pernah patah semangat sahabat… Tahun ini benar-benar membentangkan harapan baru untuk kita semua. Memang kita tidak pernah tahu kapan waktu terhenti dan kita pun pergi meninggalkan kehidupan dunia ini. Mungkin kita ingin hidup 1000 tahun lagi. Sekarang adalah kesempatan kita, jangan biarkan kesempatan ini berlalu tanpa makna. Mari kita isi tahun 2008 ini dengan hal terbaik yang bisa kita lakukan karena hanya sekali kita akan mengalami dan menjalani tahun ini, dan belum tentu kita masih ada di tahun yang akan datang.

Selalu ada harapan baru, tetaplah bersemangat!

Happy New Year and Happy Always!!!

Iklan

Responses

  1. selamat tahun baru 2008, semoga di tahun ini bisa lebih baik dari tahun kemaren.

    salam

    ardietna

  2. Let’s begin this New Year with faith, hope, courage, love, and peace!

    Happy New Year!

    Best Regards,
    Wuryanano

  3. Dengan harapan menghidupkan semangat. Semangat melahirkan tindakan. Dengan tindakan akan ada kemajuan. SELAMAT TAHUN BARU 2008.

  4. Tulisannya bagus! Mengalir dan unik! Menggugah dan menyemangati!

    Apa kabar Mas Agus? Sukses terus di tahun yang baru ini!

  5. Mas Agus,
    Tahun baru semangat baru, spirit baru yang tidak mudah padam. Semangat baru untuk menyelesaikan kuliah sambil bekerja. Semangat baru untuk membuat orang-orang yang kita cintai bisa tersenyum bangga karena anda. Selamat berjuang kawan!

    Salam hangat,
    Final Prajnanta

  6. Seandainya taon baru bisa langsung dapet kekasih baru kayanya seru ya bunk. Hehehe… tapi anda tidak mengizinkan bukan.
    Selalu ada harapan dihari baru… Saya setuju sekali.
    Semoga kita di 2008 ini semakin DAHSYAT!!!

  7. Harapan dan teruslah berharap meski bukan tahun baru. harapan harus tetap dipupuk. bukan begitu?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: