Oleh: Agus Riyanto | 1 Agustus 2012

KHOTBAH ROSULULLOH MENYONGSONG RAMADHAN


Wahai manusia...

Diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib ra. bahwa Rosululloh berkhotbah dalam rangka menyongsong Ramadhan sebagai berikut :

“Wahai manusia, sungguh telah datang kepada kalian bulan Alloh yang membawa berkah, rahmat, dan maghfirah. Bulan yang paling mulia di sisi Alloh. Hari-harinya adalah hari-hari yang paling utama. Malam-malam di bulan Ramadhan adalah malam-malam yang paling utama. Jam demi jamnya adalah jam yang paling utama.

Inilah bulan yang ketika engkau diundang menjadi tetamu Alloh dan dimuliakan oleh-Nya. Pada bulan ini nafasmu menjadi tasbih, tidurmu menjadi ibadah, amal-amalmu diterima, dan do’a-do’amu diijabah. Bermohonlah kepada Alloh, Robmu, dengan hati yang tulus dan hati yang suci agar Alloh membimbingmu untuk melakukan shaum (puasa) dan membaca kitab-Nya. Sungguh celakalah orang yang tidak mendapatkan ampunan Alloh pada bulan yang agung ini.

Kenanglah rasa lapar dan hausmu sebagaimana kelaparan dan kehausan pada hari kiamat. Bersedekahlah pada kaum fuqoro dan masakin, muliakan orang tuamu, sayangilah yang muda, sambungkanlah tali persaudaraan. Jaga lidahmu, tahan pandangan dari apa yang tidak halal kamu memandangnya. Dan tahan pula pendengaranmu dari apa yang kamu tidak halal mendengarkannya.

Kasihanilah anak yatim, niscaya anak-anak yatim akan dikasihani manusia. Bertaubatlah kepada Alloh dari dosa-dosamu. Angkatlah tanganmu untuk berdo’a di waktu sholatmu karena saat itulah saat yang paling utama ketika Alloh memandang hamba-hamba-Nya dengan penuh kasih. Dia menjawab ketika mereka menyeru-Nya. Dia menyambut ketika mereka memanggil-Nya. Dan Dia mengabulkan do’a-do’a ketika mereka bermunajat kepada-Nya.

Wahai manusia, sesungguhnya diri kalian tergadai karena amal-amal kalian, maka bebaskanlah dengan istighfar. Punggung-punggungmu berat karena beban dosamu, maka ringankanlah dengan memperpanjang sujudmu. Ketahuilah, Alloh bersumpah dengan segala kebesaran-Nya bahwa dia tidak akan mengazab orang-orang yang bersujud, tidak mengancam mereka dengan neraka pada hari manusia berdiri di hadapan Robbul ‘alamin.

Wahai manusia! Barang siapa di antaramu memberi makan untuk bebuka kepada kaum mu’min yang melaksanakan puasa di bulan ini, maka di sisi Alloh nilainya sama dengan membebaskan seorang budak dan dia diberi ampunan atas dosa-dosa yang lalu.”

Para sahabat bertanya, “Kami semua tidak akan mempu berbuat demikian.”

Lalu Rosululloh melanjutkan khotbahnya.

“Jagalah diri kalian dari api neraka walau hanya dengan sebiji kurma. Jagalah diri kalian dari api neraka walau hanya dengan setitik air.

Wahai manusia! Barang siapa membaguskan akhlaknya di bulan ini, dia akan berhasil melewati shirothol mustaqim pada hari ketika kaki-kaki tergelincir.

Barang siapa meringankan pekerjaan orang-orang yang dimiliki tangan kanannnya dan membantunya di bulan ini, maka Alloh akan meringankan pemeriksaannya di hari kiamat.

Barang siapa yang menahan kejelekannya di bulan ini, Alloh akan menahan murkanya pada hari dia berjumpa dengan-Nya.

Barang siapa yang memuliakan anak yatim di bulan ini, Alloh akan memuliakannya di hari berjumpa dengan-Nya.

Barang siapa menyambung tali silaturahmi di bulan ini, maka Alloh akan menghubungkan dia dengan rahmat-Nya pada hari dia berjumpa dengan-Nya.

Barang siapa memutuskan silaturahmi di bulan ini, maka Alloh akan memutuskan dia dari rahmat-Nya.”

 

About these ads

Responses

  1. subhanallah…
    ramadhan memang bulan penuh berkah, untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. semua orang beriman berbahagia dengan datangnya bulan ini, dan bersedih jika ramadhan telah meninggalkannya

    • Semoga semangat ibadah kita terus meningkat dan tetap konsisten di sebelas bulan setelah Romadlon, dan Alloh SWT membimbing kita menjadi hamba-Nya yang taqwa…
      Aamiin


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 69 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: