Oleh: Agus Riyanto | 20 November 2008

KETIKA CINTA DIKHIANATI



Love is Cinta

Jangan Duakan Cintaku

Artikel ini saya tulis untuk menjawab pertanyaan dari pembaca yang intinya bagaimana sikap kita ketika kita sudah memiliki cinta yang murni kepada seseorang, namun justru balasan cinta itu hanya sebuah pengkhianatan.

Sebenarnya masih banyak pertanyaan lain yang sering masuk, namun karena keterbatasan waktu maka mohon maaf belum bisa saya ulas semuanya. Ternyata membahas masalah “cinta” tidak akan pernah ada habisnya, namun berikut akan saya coba menjawab pertanyaan di atas sebisanya sebatas pengetahuan saya yang sangat terbatas.

***

Mencintai adalah pekerjaan yang mulia, karena cinta cenderung melahirkan sifat kasih sayang kepada apa yang kita cinta. Sedangkan sifat “pengasih” dan “penyayang” itu sendiri adalah salah satu sifat Allah SWT, yakni “Ar Rahman” dan “Ar Rahiim”.

Mencintai akan membuat kita melakukan segala sesuatu yang membuat seseorang yang kita cintai merasa senang dan bahagia. Kita rela bersusah payah demi membahagiakan yang kita cinta. Kita rela berkorban waktu, tenaga, pikiran, dan biaya demi mendapatkan dan memelihara cinta seseorang yang kita cintai tersebut. Pendek kata, demi cinta, katanya mati pun rela. Dari sini, Anda pasti tahu bahwa subyek perasaan cinta pada pembahasan kita ini adalah subyek yang hidup, bukan benda mati atau sebuah status belaka.

Ketika kita mendengar kata “cinta” maka seringnya asosiasi kata itu ialah cinta kepada lawan jenis. Cinta kepada pacar atau kekasih, suami atau istri, meskipun sebenarnya obyek cinta itu sangat luas. Untuk kali ini mungkin kita tekankan pada emosi cinta pada kekasih atau orang yang special di hati kita.

Membahas masalah cinta akan sangat panjang dan penuh perdebatan, karena arti “cinta” bagi setiap orang mungkin berbeda-beda. Namun kali ini yang akan kita kupas mungkin sering terjadi, atau mungkin kita sendiri juga pernah mengalaminya. Apa itu? Tidak lain adalah sebuah episode dari truelove story perjalanan cinta kita mencari pasangan hidup. Kalau dibuat film (yang kemungkinan besar bisa box office), judulnya adalah “Menghadapi Pengkhianatan Cinta” atau “My Love, Kenapa Kau Tinggalkan Daku…?”.

Ketika kita sedang sepenuh hati mencintai seseorang, kemudian cinta kita berbalas cinta; tidak ditolak mentah-mentah. Dan si dia juga dari mulutnya sudah berkata bahwa perasaannya juga sama. Oh, indahnya dunia ini. Dua cinta berpadu, aneka bunga pun mekar di hati sepasang insan yang sedang kasmaran. Kasmaran: sejauh mana kau kejar cinta? Bila diteropong dengan kacamata empat dimensi maka akan terlihat di atas kepala mereka berdua beterbangan daun waru merah hati yang berkelap-kelip dan berputar-putar. Ada teman saya yang cintanya baru diterima maka hitam-hitam (pupil) di matanya tiba-tiba berubah menjadi warna pink dan bentuknya menyerupai hati (yang ini hanya fiktif belaka…).

Ceritanya sekarang adalah ternyata seseorang (kekasih) yang sangat kita cintai tersebut tiba-tiba berkhianat (menduakan cinta kita, selingkuh, tidak setia). Tentu yang terjadi adalah broken heart; hati kita pun hancur berkeping-keping!

Dia memang brengsek, bro! Padahal aku ini orang paling setia di dunia…”, demikian sumpah serapah seorang kawan yang lagi patah hati.

Menurut seorang teman saya yang tinggal di pulau Sumatera, dia berpendapat bahwa seorang “pengkhianat cinta”, berarti dia tidak tahu makna sebenarnya tentang cinta itu sendiri. Dia tidak ingin berkomitmen dan tidak ingin terikat dengan cinta yang dia pegang, karena ingin mendapatkan keuntungan dari cinta yang dia tebar (ke orang lain, ed). Dia tidak teguh pendirian dan tidak bisa melihat orang yang lebih cakep atau lebih kaya dari pasangannya.

Sementara itu, teman lain dari Surabaya memiliki pendapat yang agak berbeda sebagai berikut. “Pengkhianat cinta? Pengkhianat itu orang yang menyalahgunakan kepercayaan. Menurutku pengkhianat cinta itu juga bisa ketika kita mencintai makhluk lebih daripada Penciptanya. Misal, setiap manusia diberi hati dengan rasa cinta karena Allah Yang Maha Penyayang, akan tetapi rasa itu diumbar secara berlebihan dan salah sasaran. Mencintai pacar kebangeten (berlebihan, ed) sampai menomor sekiankan Allah, orang tua, juga diri sendiri dan rasa malu. Cinta itu suci, tulus dan ikhlas. Jangan sampai ternoda dech! Kalau terlanjur, cepat perbaiki. Pengkhianat cinta mungkin nggak bisa disalahkan sepenuhnya, mungkin karena dia belum tahu seperti apa cinta itu. Sama halnya dengan cinta orang tua, mereka bekerja untuk kehidupan kita. Bahkan mereka tidak tahu apakah kita akan berbakti atau tidak, tapi mereka tetap mencintai kita dan berdoa yang baik-baik, padahal mungkin kita bolos sekolah, nakal, curang tentang uang SPP, bohong, apalagi sampai melakukan tindak kriminal… berarti kita juga sudah jadi pengkhianat cinta! Baik cinta kepada orang tua, juga cinta kepada Allah. Iya kan?”

Demikianlah beberapa pendapat yang bisa menjadi bahan pembanding. Khusus untuk topik kali ini, saya tidak melibatkan gank saya karena mereka sedang sibuk dengan urusan masing-masing.

Sebelum melangkah lebih jauh, kita sebutkan dulu beberapa penyebab seseorang berkhianat, menyeleweng atau selingkuh. Anda boleh menambahkan sendiri:

  1. Kita kurang menjaga perasaannya

  2. Si dia mencari atau menemukan yang lebih baik atau lebih sempurna dari kita

  3. Si dia ingin sesuatu yang lebih dari apa yang sudah kita berikan

  4. Si dia sedang mencari sensasi baru

  5. Si dia bukan tipe pasangan setia

  6. Si dia memang sengaja melukai hati kita

  7. Si dia memang seorang buaya darat (untuk lelaki) atau buaya laut (untuk wanita)

  8. Dasar sifatnya playboy atau playgirl

Demikian mungkin beberapa alasan kenapa “si dia” yang sangat kita cintai membalas cinta kita yang tulus, suci, plus murni dengan sebuah pengkhianatan yang kejam dan tidak berperi kekasihsayangan.

Mas, padahal aku sangat mencintainya. Aku mencintainya dengan sepenuh jiwaku. Ketika kami melakukan janji setia, langit dan bumi jadi saksinya. Bahkan dia memintaku untuk bersumpah setia atas nama Tuhan. Aku berpikir bahwa dialah jodoh sejatiku…, tapi kenapa dia tega menduakan cintaku dan menghancurkan perasaanku…?!”

Hmm, tanya sendiri sama orangnya donk… Aa nggaktau! Nich, ada kolor sepatu warna hitam… bisa untuk gantung diri. Tapi putus tidak ditanggung, hehehehe…”

Sahabat, begitulah kalau hati kita tertambat kepada selain Dia Yang Maha Esa. Kalau patah hati pasti menderita. Bagi anda yang sudah biasa dikhianati mungkin tidak merasakan sakit lagi atau malah tidak percaya lagi dengan yang namanya “cinta”.

Saya pikir pengalaman “dikhianati” seseorang yang kita cintai adalah merupakan salah satu berkah, rahmat atau hidayah dari-Nya agar kita mau menginsafi kesalahan dan melakukan instrospeksi diri. Ternyata Dia Maha Membolak-balikkan Hati, sehingga dalam hitungan detik bisa mengubah perasaan yang tadinya suka/cinta dengan kita menjadi sebaliknya.

Jadi, jangan terlalu sedih atau terluka dengan pengalaman yang satu ini. Juga jangan membenci si dia yang telah mengkhianati cinta kita yang seputih salju Himalaya. Sakit hati karena dikhianati benar-benar akan menjadi ladang pembelajaran bagi kita dalam melatih emosi dan bersikap lebih dewasa. Pengalaman sakit hati akan membuat kita lebih bijak dalam menjalani kehidupan jika kita mau belajar darinya.

Bicara masalah sakit hati karena dikhianati, bukannya saya tidak pernah mengalaminya. Justru pengalaman itu adalah pengalaman terpahit yang pernah saya alami. Namun, dari pengalaman itulah saya banyak mendapatkan pemahaman dan ilmu baru. Saya tidak tahu bagi anda yang mengalami pengalaman yang sama, apakah bisa mengambil manfaatnya atau tidak. Tapi yang jelas hikmahnya selalu ada.

Dari masa sakit hati itu, adanya sahabat-sahabat sejatilah yang bisa menegarkan dan memberi arti indahnya persahabatan. Bila dikenang, hanya sahabat-sahabat sejati sayalah yang ternyata hadir dengan penuh perhatian dan memberi support mental yang luar biasa. Kalau dipikir, ide-ide gila mereka dalam menghadapi “si pengkhianat cinta”-ku saat itu akan membuat saya tertawa sendiri. Dari itu, terkadang sahabat adalah segalanya karena di satu sisi cinta kasih mereka lebih tulus dari kekasih kita yang sebenarnya. Dan sahabat ternyata selalu ada di saat kita benar-benar membutuhkannya.

Jadi ingat hari Minggu kemarin, saya harus meng-cancel beberapa acaraku karena ternyata seorang temanku telah mendaftarkan namaku di acara Seminar Motivasi yang diadakan di kampusnya. Minggu pagi, berempat kami pergi bersama menghadiri seminar tersebut dengan harapan ada ilmu baru yang bisa kami dapatkan. Pulangnya, saya pun mampir ke Warung Bakso favorit kesukaan kawanku. Sahabat sejati… selalu ingat kita di saat kita mungkin tidak ingat dia. Jauh beda dengan si dia yang telah mengkhianati kita.

Selanjutnya, berikut beberapa hal yang mungkin bisa anda lakukan bila ternyata sudah menjadi takdir cinta anda yang katanya tulus dan suci hanya mendapat balasan berupa sebuah pengkhianatan yang “menyakitkan”. Saya sengaja memberi tanda petik pada kata menyakitkan, karena sesungguhnya itu hanya sebagai akibat penilaian (pemberian makna) pikiran kita secara subyektif. Jika kita belajar NLP (Neuro Linguistic Programming) maka akan dijelaskan bahwa sesungguhnya semua kejadian itu bersifat “netral”, hanya pikiran kita saja yang menilai atau memberi “makna”.

Ok, mari kita bahas satu per satu…!

Introspeksi diri dan menjadi pribadi yang lebih baik

Mengatahui ternyata si dia yang sangat kita cinta koq bisa-bisanya meninggalkan kita dan berdua dengan orang lain harusnya disikapi dengan pemikiran bahwa ternyata diri kita bukanlah makhluk yang sempurna. Jika kita manusia yang sempurna, mana mungkin kekasih kita akan pergi meninggalkan kita dan menjalin cinta dengan orang lain. Kita seharusnya melakukan instrospeksi diri. Ternyata diri kita masih banyak kekurangannya sehingga tidak bisa mempertahankan cinta si dia kepada diri kita. Dari sini kita sama sekali tidak boleh bersikap sombong, meskipun secara fisik kita ini cantik dan pernah menjadi covergirl atau tampan dan rupawan. Yang layak untuk sombong hanya Allah SWT.

Setelah kita menganalisis kekurangan diri kita maka langkah selanjutnya adalah memperbaiki diri agar kekurangan-kekurangan tersebut bisa kita minimalisir dengan kelebihan yang ada pada diri kita. Jadikan “sakit karena dikhianati” sebagai cambuk agar diri kita bisa menjadi lebih baik, secara lahir maupun batin.

Dalam proses perbaikan diri ini tidak usah anda mengharapkan si dia akan kembali pada anda, karena setelah dia berkhianat/berselingkuh maka anda tahu bahwa ternyata cintanya tidaklah murni.

Tapi aku sangat mencintainya, Mas! Aku sangat menyayanginya!”

Tidak perlu diuraikan lebih jauh lagi ya, karena kalau sudah begini maka yang bicara adalah emosi. Dan kalau menuruti emosi maka tidak akan ada titik temunya.

Kalau si dia mau tobat, bagaimana Mas?”

Kalau dia mau tobat maka dia tidak akan mencari cintamu lagi. Dia hanya akan menemuimu untuk minta maaf, kemudian tiap malam dia akan bersujud memohon ampunan-Nya dan taqarrub ilallah…”

Hmm…, masuk akal juga. Matur nuwun, Mas!”

Memaafkan dan mengikhlaskan

Langkah selanjutnya ialah memaafkan dan mengikhlaskan, tidak hanya orangnya, tapi juga perbuatan si dia yang membuat luka di hati kita. Ini dimaksudkan agar kita bisa merelease emosi negatif berupa amarah, sakit hati maupun dendam dari hati kita, karena semua emosi tersebut adalah emosi yang akan sangat menghambat kemajuan diri kita. Orang yang menyimpan dendam cenderung akan sulit meraih kesuksesan karena semua emosi negatif tersebut akan menyedot energi psikis kita. Jadi, bukannya kita tambah bahagia, namun makin menderita.

Maafkanlah orang yang telah mengkhianati kita, karena memaafkan adalah akhlak yang dicontohkan Rasulullah Saw. Kalau tidak ada orang yang menyakiti hati kita maka kapan kita praktek langsung meneladani akhlak Nabi, yakni memaafkan.

Ikhlaskanlah, karena sesungguhnya semua yang ada di dunia ini—termasuk orang yang menyakiti hati kita—juga adalah milikNya. Ikhlaskan kepergiannya dari hati kita agar tidak ada emosi negatif yang bersarang di hati dan menjadi sumber penyakit, baik lahir maupun batin.

Pernah beberapa tahun yang lalu ketika sedang merasakan sakit hati karena dikhianati, seorang kawan yang sedang pulang dari kuliahnya di Jakarta berkunjung dan berkata, “Bersyukurlah coy, itu tandanya Allah masih sayang sama kamu dan mau menunjukkan bahwa dia bukanlah yang terbaik untukmu. Untung selingkuhnya sekarang, coba kalau nanti ketika dia sudah jadi istrimu…”

Yakinlah bahwa hukum karma itu ada

Jika kita mau membuka kitab suci, di situ Allah SWT berfirman dalam Surat Al Israa’ ayat 7 yang artinya, “Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri…”. Dari sini kita tahu bahwa jika orang lain menyakiti kita sesungguhnya dia sedang menyakiti dirinya sendiri. Demikian juga jika menyakiti orang lain, sesungguhnya kita juga sedang menyakiti diri sendiri. Pendek kata, semua itu akan ada balasannya, baik di dunia ini maupun di akhirat nanti.

Hukum karma atau hukum tebar-tuai menyatakan bahwa apa yang kita tebar maka itulah yang akan kita peroleh. Jika yang kita tebar adalah kejahatan, maka bisa dipastikan kejahatan juga yang akan menimpa kita. Begitu juga jika yang kita tebar adalah benih-benih kebaikan, maka kebaikan pula yang akan menghampiri kita, bahkan jumlahnya bisa berlipat ganda.

Sekedar berbagi pengalaman, ternyata bisa dibuktikan… wanita yang pernah mengkhianati saya (telah saya maafkan) juga ditinggal kekasihnya begitu dia (pacar barunya) tahu bahwa saat itu si gadis masih ada hubungan dengan saya yang seorang coverboy ini [mendengar kata “coverboy” yang dinisbatkan ke saya, seperti biasa, membuat beberapa teman saya yang sedang duduk manis tiba-tiba langsung nungging dan menjulur-julurkan lidahnya seperti ada yang mau dimuntahkan… tidak tahu kenapa, aneh?].

Karma… selalu ada balasan bagi setiap perbuatan atau tindakan yang berhubungan dengan diri dan perasaan orang lain. Oleh karena itu, hati-hatilah…!

Sekedar untuk bahan renungan, dari kisah “pengkhianatan cinta” yang pernah saya alami (semoga pertama dan terakhir), ternyata wanita yang menjadi tokoh utama kisah tersebut sampai sekarang masih “sendiri”. Dan pernah suatu saat ketika bertemu, dia seolah mencoba menarik simpatiku atau seperti ingin menggali lagi cintaku yang dulu sedalam laut biru. [Salah sendiri kenapa dikau mengkhianati seorang coverboy… Maksudnya coverboy majalah “Manusia Purba”, hehehe…].

Beberapa teman kalau sedang bercanda berceloteh asal bunyi, “Kenapa tidak CLBK saja, Mas…?” [CLBK menurut temanku adalah singkatan dari Cinta Lama Bersemi Kembali].

Hmm… bagiku selalu tidak ada kesempatan kedua…!”

Ya, kami tahu… kesalahan yang pernah dia perbuat tidak mungkin membuat dia berani ngejar-ngejar kamu lagi. Sabar bro, masih banyak wanita lain yang lebih baik dari dia…”

Thanks sobat! Tapi, masalahnya adalah: mereka tidak ada yang mau…”

Ah, nggak percaya…! Kami tahu itu, si A, si B, si C, dan si X ada rasa sama kamu… Kenapa nggak pilih salah satu? Bukalah sedikit pintu hatimu…”

Hmm…” [tidak bisa jawab, ada tanda tanya plus tanda pentung].

Ngomong donk… koq diem aja…?”

Mungkin benar ungkapan yang menyatakan hidup tanpa cinta bagai taman tak berbunga. Namun, menurutku ‘cinta’ yang dimaksud adalah cinta dari Sang Pemilik Cinta… Adakah manusia yang mencintai sesamanya demi mengharap keridhaan-Nya…?”

Ok, kami setuju!!!”

So, jangan pernah takut untuk disakiti, namun takutlah untuk menyakiti.

Menjadi Kesayangan Allah

Merasakan pedihnya cinta kita dikhianati mungkin akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan tak ingin terulang lagi. Namun, boleh jadi dengan cara itu Allah SWT sedang mengingatkan kita (bagi yang mau sadar) agar tidak menambatkan seluruh cinta kita kepada sesama makhluk-Nya. Kita mencintai dengan sepenuh hati dan pengharapan, tapi justru si dia membalasnya dengan sebuah pengkhianatan yang memilukan. Kaciaaaan dech lo…!

Jika saja si dia tidak mengkhianati anda, belum tentu anda jadi ingat dengan Sang Pencipta. Bisa saja anda justru bergelimang dosa karena mencoba sesuatu yang belum pada tempatnya, atau memadu nafsu sehingga kemesraan yang anda bina sampai melanggar batas yang dilarang agama. So, jika realitas yang terjadi ternyata si dia berkhianat, mungkin itu sebuah sinyal agar anda segera tobat! Temanku pernah berkata, “Pacaran adalah dosa termanis…” Ya, memang semua jenis maksiat biasanya terasa nikmat bila dikerjakan. Beda jauh dengan ibadah atau amalan-amalan utama yang bisa mendekatkan kita dengan Sang Pencipta; semua terasa berat dan penuh godaan bagi yang belum membiasakannya.

Untuk itu, jika anda sudah terlanjur dikhianati, jangan biarkan hati anda bersedih dan meratapi nasib. Namun, jadikan momentum itu sebagai sarana bagi anda untuk menginsafi diri dan mendekatkan jiwa raga anda pada Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Jadikan setiap keadaan yang tidak nyaman atau menyakitkan sebagai ladang pembelajaran bagi anda untuk memahami kehidupan ini.

Ingat selalu kata bijak berikut ini:

Hal paling buruk yang terjadi terhadap anda mungkin merupakan hal paling baik yang pernah terjadi terhadap diri anda kalau anda tidak membiarkannya mengalahkan diri anda. ~ Napoleon Hill

Dan yang lebih penting lagi, renungkan baik-baik firman Allah dalam Al Qur’an Surat Al Baqarah ayat 216 yang artinya, …Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.

Setelah ini, alangkah baiknya kita terus memperbaiki diri detik demi detik dengan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT (jika muslim) karena Dia-lah sesungguhnya yang harus menjadi tumpuan cinta dan pengharapan kita. Kita tegakkan shalat dengan penuh kekhusyu’an (meskipun sulit, kita harus belajar mencobanya). Kita perbanyak bacaan dzikir di pagi, siang, sore dan malam, baik dengan lisan maupun dengan hati. Dzikir dengan lisan harapannya akan menuntun hati untuk ikut berdzikir. Kita perbanyak tadarus Al Qur’an, tidak hanya di bulan Ramadhan. Kita perbanyak shalat sunnah dan amalan-amalan utama yang pernah dicontohkan Rasulullah Saw. Kita perbanyak sedekah, tidak hanya dengan “senyum”, tapi juga dengan harta yang kita miliki. Kita sambung tali silaturahmi dengan saudara yang memutuskan silaturahmi dengan kita. Dan masih banyak hal utama lainnya yang bisa kita lakukan. Pendek kata, kita jadikan momentum “patah hati karena dikhianati” sebagai ajang pendekatan diri kepada Sang Khalik. Dengan sekuat tenaga kita berusaha terus meningkatkan kualitas maupun kuantitas amal ibadah kita dan kita lakukan secara terus menerus (istiqomah, konsisten) sehingga pada akhirnya kita pun bisa menjadi “Kesayangan Allah”. Jika kita sudah menjadi yang “disayang Allah” maka mungkin kita akan lebih suka terus disakiti sesama manusia namun disayang Dia Yang Maha Kuasa.

***

Demikian sedikit jawaban yang dapat saya sampaikan. Jika ada manfaatnya, itu semua datangnya dari Allah SWT. Dan mohon maaf jika penjelasan di atas masih banyak kekurangannya. Membahas masalah remaja atau dunia anak muda kalau tidak dikembalikan kepada agama maka semua itu tidak akan ada titik temunya dan pencerahan pun akan sangat sulit kita dapatkan.

Dan bagi sahabat yang sudah terlanjur sedang menjalin hubungan istimewa dengan seseorang yang anda kasihi, maka kewajiban anda adalah menjaga si dia dari hal-hal yang bisa menodai kesucian arti cinta. Jangan jadikan kata “cinta” sebagai dalih pelampiasan nafsu syahwat anda, dan jikalau hubungan anda sudah berjalan secara sehat maka jangan sekali-kali mengkhianati kekasih anda. Cukup saya yang pernah dikhianati…!

Saya juga pernah, Mas…!”

Kamu nggakkehitung!”

Nggak adil itu namanya…!”

Biarin! Emang gue pikirin… :-)”

***

Waktu yang terus berlalu tak ‘kan membuat cinta sejati menjadi layu

***

Salam cinta dari hati! [AR]

******BAGI SAHABAT YANG LAGI PATAH HATI, BACA BUKU SAYA YANG SATU INI******

Dapatkan segera di Toko Buku Gramedia mulai 6 Maret 2013

Dapatkan segera di Toko Buku Gramedia mulai 6 Maret 2013

***

Sahabat pembaca yang luar biasa, segera miliki buku terbaru saya:

Judul : Bangkit, Maju, dan Raih Mimpi

Penulis : Agus Riyanto

Penerbit : Elex Media Komputindo

ISBN / EAN : 9786020206455 / 9786020206455

Jumlah Halaman : 256

Berat Buku : 275 gram

Dimensi( p x l ) : 210 mm x 140 mm

Published Date : Rabu, 6 Maret 2013

Harga: Rp 44.800

***

Semoga menjadi obat mujarab luka hati Anda!

Saya tunggu feedback dari sahabat semua…^_^

About these ads

Responses

  1. Membaca kalimat terakhir yang berwarna biru pasti bikin teman-teman langsung pada “CLBK”.

    Kang Mono sama Yuni, Kang Narso sama Helmi, Kang Anwar sama Meta, Kang Made sama Rusni, Kang Ma’tuf sama Yani, Kang Warno sama Sari, Kang Yadi sama Atik, Kang Arif sama siapa hayo…? Yang lain pada gimana???

    Selamat ber-CLBK ria, hehehe…!

    • Baguuuus,, bgt tulisannya. smua nya bisa membuat kita terbangun dari mimpi buruk yg terus terlena dgn pertanyaa knp????knp dia yg kita cintai dgn tulus tega mengkhianati kita.belajar untuk ikhlaskan dan yakinlah Allah menunjukkan caranya dengan yang ga kita suka tentunya untuk kebaikan kita,, Dia bukan yg terbaik untuk kita. karena cinta itu tulus gak mungkin menghianati dan membuat luka di hati.

    • cuman bisa ketawa :D

  2. kenapa nama aku dibawa-bawa mas??….@#*

    Ngomong celebek? Mau minum kopi ya? hehe… Hem….(diam) mikirin si dia jadi sedih..soalnya dia sudah da yang punya sih….

    Arif sama siapa?jawabnya. My beautiful girl in my heart. Just in my heart. Its secret…tapi tak kasih tahu aja lah.hihi.. Namanya nadia saphira.Artis film Jomblo itu lho….
    Ha….??(pasti pada ndower)
    pada ga percaya. Tapi bener. Walaupun namanya bukan itu tapi kupanggil dia dengan nadia….haha..

  3. Terima kasih atas tulisannya…

    Sungguh luar biasa dan sesuai dengan kenyataan. Setelah membaca ini, saya mendapatkan sebuah dorongan dan semangat yang baru. Pengalaman yang sama yang saya alami seperti yang diceritakan diatas.

    Sebelum membaca ini, memang ada beberapa langkah yang sudah saya lakukan dan cocok seperti penjelasan diatas.

    “Sakit hati akan tinggal selama kita mengijinkan sakit hati berada di dalam diri kita masing-masing.”

    Salam suskes dan luar biasa,

    FIGHTTO OHH!!!

  4. Terima kasih mas Arif dan mas Fightto…:-)

    Lama tidak ketemu mas Arif, sekarang sudah kocak ya, hehehe… Padahal dulu pendiam (diam itu emas, ya kan?).
    Baca komentar mas Arif, saya langsung ndower… Mas ini bisa aja…

  5. Wah blog mas Agus juga bagus, btw maaf nih mas belum sempat minta endorsement, coz kemarin lagi sibuk ngurus adik yang sakit…

    Btw kita ngelunk yu’ mas…

  6. Maksudnya “ngelink” mas Senda?

    Ok, dengan senang hati…
    Buku anda sudah launching ya?

  7. Suami isteri aja bisa selingkuhan, apalagi masih pacaran….

    Kata kunci untuk kelanggengan percintaan:
    “D I C I N T A I”……..

    Mencintai itu mudah…..
    Tetapi ….. “d i c i n t a i” itu bukan hal yang mudah……

    Berusahalah untuk menjadi pasangan yang “dicintai” ……..

  8. memang jatuh cintah itu indah, tapi lebih menyakitkan patah hati…!!!! cinta itu hanya sebuah khayalan, yang real cinta itu hanya buat yang kholik..bisa tidak kita mengharapkan cinta itu datang kembali…karena kehidupan tanpa cinta itu tidak bermakna..

  9. Waaah,artikelny bgs skali mas agus 2k org2 yg lg broken heart,,hehe! TOP ABIIIZ dh pokokny,,,oiy,kpn2 yn mo curhat lwt sms ne mas,blh ya!!!

  10. Silahkan Mba Yeni.:-)

    Saya senang banyak sahabat yang mau berbagi kisah. Semoga skripsimu sukses, kuliahmu selesai tepat waktu, dan si dia pun segera melamarmu. Hmm, ada yang lagi happy nich.

    Salam untuk sahabat-sahabat di pulau Sumatera.

  11. Assalaamu’alaikum wr. wb.

    Salam kenal. Artikelnya bagus-bagus, saya perlu belajar banyak dari Mas Agus. Bahasa bahasa yang Mas gunakan kayak bahasanya Pak Dokter. Dan kalo boleh Mas saya gelari dengan DOKTER CINTA.

  12. mkasih artikelnya :) sekalia promo ini

    http://hmcahyo.wordpress.com/2008/12/11/ibsn%e2%80%99s-first-e-book-beta-version-mohon-masukan/

  13. mas aku tunggu tulisan berikutnya pada topik cinta yang lain,
    aku suka tulisan nya karena bisa membuka pikiran&wawasan dan sangat uar biasa.
    thanks ya…

  14. Assalâmu ‘alaykum…
    Allâh-lah cinta sejatiku. Makanya aku ga pernah dikecewakan!
    Salam kenal mas Agus,

    http://silmikaffa.wordpress.com

  15. Katanya sudah memaafkan maz??
    kok masih di ungkit si pemeran utama “pengkhianatan cinta”?,,,
    atau jangan jgn mau ikutan CLBK juga ya kayak Kang Mono sama Yuni, Kang Narso sama Helmi, Kang Anwar sama Meta, Kang Made sama Rusni, Kang Ma’tuf sama Yani, Kang Warno sama Sari, Kang Yadi sama Atik???
    pengen kali ya mas agus?
    gmn kalu mas agus sama vee ajah?

    • mudah”hann atii di maffkann aminnn

  16. Artikelnya…bagus..ya…’dulu saat aku di pangku kuliah ..aku pernah merasakan CINTA DIKHIANATI oleh seorang wanita yang rencana ku jadikan istriku, tapi semua itu bubar……

    • gmana cara untuk kita jlaskan supaya dia lebih setia broo…..?????
      solusinya broooo….????

      • Talk to her…

        That you need a soulmate… not just a honey… being positive in ups and downs in life, that’s the challenge.

  17. Terima kasih untuk sahabat-sahabat yang sudah mampir dan memberikan apresiasi.:-)

    Untuk mas Inoor: Wah, saya merasa tersandung, eh, tersanjung maksudnya… Sebuah kehormatan ada yang memberi gelar “DOKTER CINTA“, hehehe… Tapi apa ada yang mau jadi pasiennya?? :-)

    Untuk mba GendutImoet: Kan saya sudah bilang, kisah itu sebagai bahan renungan, hehehe…
    CLBK? Jangan ah… kurang membuka lembaran baru kayaknya.

    Salam kenal juga untuk anda semua.

  18. cinta…hanya milikNya semata

  19. “I know that life will be much better
    I know the sun will shine again
    There is life
    Even after a broken heart
    Broken heart
    You can fight
    The pain from a broken heart” [Broken Heart - White Lion]

    Matur nuwun, Kangmas…

    BUNUH KORUPTOR!!! KILL ALL DAMNED HYPOCRISY!!!
    TROMBOSHIT

  20. bila kata cinta putus seyogyanya yang putus adalah cinta tapi persahabatan tetep, kebanyakan setelah kata cinta putus yang ada adalah sakit hati terkadang dibumbui rasa dendam…..

    ah cinta emang bikin hidup jadi lebih indah hehehe

  21. Assalamu ‘alaikum warohmatullohi wabarokatuh

    Comment saya :

    # untuk statusnya yang berpacaran “derita loe” klo merasa dikhianati cinta ma doski-nya, lagian pakai acara pacaran segala, di Islam sama sekali tidak mengajarkan Qta untuk mengenal Lawan jenis melalui media pacaran ( Pacaran is Jebakan Setan )

    # untuk statusnya yang suami-istri “tabayun” dulu kali ya ? selesaikan setiap masalah keluarga dengan kepala dingin, sabar, ikhlas… klo pasangan qta ketahuan berkhianat, qta serahkan segala urusan kepada Alloh dengan jalan qta taqorub ilalloh, muhasabah diri, siapa tau pasangan qta berkhianat karena diri qta juga yg tidak pandai berbenah diri dalam memperbaiki pola hidup sebagai suami-istri. insya Alloh klo suami-istri selalu berada di jalan Alloh dalam mengarungi samudera kehidupan dalam berumahtangga, niscaya pengkhianatan cinta itu tidak akan terjadi.. percaya deh..

    # yang ada masing2 dari diri qta masih suka berkhianat sama cintaNYa Alloh kepada diri Qta,, maka nikmat Tuhan kamu manakah, yang kamu Dustakan….? Muhasabahlah.. begitu banyak Nikmat Cinta-NYA yang qta balas dengan maksiat, dengan kelalaian terus menerus…

    Cinta kepada ALLOh adalah CInta di atas Cinta..

    Salam ukhuwah & Cinta…

    Ana Uhibbuka fillah ya Akhi ( saya mencintai saudaraqu karena Alloh swt ).

    Wassalamu ‘ alaikum warohmatuloohi wabarokatuh.

  22. Sebuah comment yang sangat bagus, sahabatku.:-)

    Jika semua sahabat muda negeri ini seperti anda, mungkin tidak ada kasus lagi yang menodai kesucian cinta.

    Cinta sejati hanya milik Allah. Semoga kita bisa mencintai sesama makhluk karena mengharap keridhaan-Nya.

    Salam SDA dari kota Satria!

    • bila pcran tidak ada secara tidak lengkap donk pak or kakang ,,,,,,mencintai tu perlu dan dicintai pasti,,,dan kqta harus ingat gak mungkin lw pcran lngsung jadi sumi istri kan pasti ada rintangan dan tahp2 yg kqta lwti na jka diantara psngan tu belm mampu menempuh nya maka terjadilah perpisahaan diantara mereka dan aq rasa hidup tanpa msalah tu kyknya gak mungkin sekali karna bnyak sekali mnusia yg tdk berusaha nanti nya dan dari msalah kqta bsa menambah wawasan kqta dan lbh dewasaa dan bsa mengatasi dengan sabar satu kunci kqta jngan mudah putus asa hidup berpsngan ada siang ada malam ,,ada hitam ada putih bgtu jg dengan kehdpan kqta ,,,,,,,by mira

  23. Cinta itu emang skt..
    Makanya kalo mencintai ssuatu/makhluk jgn melebihiNya..

  24. Smua org selalu berfikir bgmn skitny kalo pcar kita slingkuh.Tp pernah kah kalian brfikir betapa sakitny jdi selingkuhan(scr tdk lgs)?Ak pernah pcaran bbrapa bulan sm cwo yg trnyata udah puny pcar slama 8 TAHUN..!!.Stelah smuany trbongkar,aku tau,pacar pertamany tau. Dia mlih pcar pertamany.Dan ninggalin aku gitu aj.Btapa skitny itu…Smpe skr msh berasa..Dicrita itu psti aku jd antagonisny.Pdhl aku syg tulus bgd sm dia..Ya allah..Bantu aku.

  25. Mba Aida…

    Kisah anda kalau ditulis mungkin judulnya, “Cinta Segi Tiga” ya…

    Jangan bersedih lagi ya, itu tandanya Allah sayang dengan anda dan akan dipertemukan dengan laki-laki yang lebih baik lagi. :-)

  26. artikelya bagus….
    Thanks bayak

  27. Wadow mas Agus… saya bisa merasakan hal ini.. eh Assalammu’alaikum WW. dulu… Syukur Alhamdullillah kejadian spt ini di waktu muda. Bisa kebayang ngak bila kejadiannya setelah 15 tahun kawin… Mo diceraian ada anak… Mo diterusin sudah tua, tapi hati sakit terus. Serasa qta ini dimati-in pelan2 spy ngak ketahuan sengaja dibunuh…. Repotnya lagi itu didukung oleh sistem lingkungan keluarganya… nah… (mungkin mrk menyesal/tdk setuju utk menikahkan sebelumnya).. Banyak hal yg tak pantas dlm upaya pencegahan.. mulai dari embargo belanja dapur, pembatasan keluar rumah, menyadap telpon yg masuk, menyensor surat…. tapi pesan/infomarsinya jalan dari mulut ke mulut… ya “Ku hrs Bagaimana lagi”.. lebih dari sabar, lebih dari tabah yakni pasrahlah solusinya…. Betul, hanya Allah SWT yang tahu….

  28. Wa’alaikumsalam WrWb.

    Memang kadang realitas kehidupan ini ada yang menuntut kita untuk banyak bersabar dan tabah…
    Mungkin itu salah satu bentuk ujian dari Sang Pemilik Cinta

    Jika kita tambatkan cinta tertinggi kita pada Sang Khaliq, maka ketika cinta yang ada di dunia ini menyakiti atau pergi meninggalkan kita, semua itu justru akan mengokohkan cinta kita kepada-Nya…

    Memang itu sulit, tapi bila cobaan sedang menerpa… pasrahkan saja segalanya pada Allah SWT–Sang Pembolak-balik Hati, karena Dia Maha Tahu mana yang terbaik untuk kita.

    Semoga kita bisa!

  29. mas saat ini yang saya alami dia memang tidak akan mencari dan memberikan cinta dan kasih sayangnya kepada saya lagi,malahan dia berusaha untuk tidak kehilangan contact dengan saya tapi hanya lewat telfon saja sich,yang jadi permasalahan saya masih meras begitu sakit hati banget dan merasa jijik sama cewek saya itu,sebab yang jadi selingkuhan dia adalah orang tua dia sendiri….. dan dia sekarang jadi lebih mendekati ayah saya, trus apa yang harus saya lakukan???

  30. Mas saat ini yang saya alami dia memang tidak akan mencari dan memberikan cinta dan kasih sayangnya kepada saya lagi,malahan dia berusaha untuk tidak kehilangan contact dengan saya tapi hanya lewat telfon saja sich,yang jadi permasalahan saya masih meras begitu sakit hati banget dan merasa jijik sama cewek saya itu,sebab yang jadi selingkuhan dia adalah orang tua dia sendiri….. dan dia sekarang jadi lebih mendekati ayah saya, tapi dibelakang saya…trus apa yang harus saya lakukan???

  31. Mas… waduh, saya baru menemui kisah seperti yang anda alami nich…

    Menurut saya, masih banyak wanita lain yang lebih bisa menjaga diri dan shalihah daripada temanmu itu…

    Pilihlah wanita karena agamanya, insya Allah bahagia…
    Semoga ayah anda (bila sedang menduda..) tetap menjaga diri dan iman di dada dari hal-hal yang dilarang agama, amiin.

    Semoga Allah memberikan sahabat kekuatan dan kesabaran.

  32. mas,,
    aku emang sudah iklasin dia . . . .
    tapi yang aku ngg bisa trima,krn terlalau banyak pengorbanan yang telah ku berikan untuknya,terlalau sakit yang kurasakan,,,,,,,,,,,,,
    sampai menjadi beban pikiranku seumur hidup
    tapi apkah doa seorang kekasih yang dikhianati bisa dikabulkan??????????????

  33. Hai Swetha…

    Memangnya pengorbanan apa saja yang telah diberikan?
    Harusnya Anda menikah dulu, baru rela berkorban.:-)

    Insya Allah doa orang yang didhalimi akan dikabulkan, asal isinya baik…

    Tetap semangat!!!

  34. assalamua’laikum
    hmm..sblm’y salam kenal dari widie..

    d’rect..
    widie, dari awal pertama kali pacaran widia percaya akan nama’y cinta..mungkin sampai beberapa bulan yang lalu..
    antara cinta-dan pengorbanan udah ta lakonin..

    tapi knapa smua yang widie lakuin justru malah atau bahkan selalu dikhianati dan dibohongin, widie ga pernah meminta lebih untuk dicintai..widie hanya perlu kejujuran..

    apa widie yang g mengerti arti cinta sesungguh’y atau mungkin krna widie terlalu percaya cinta, maka’y widie slalu dibohongin…

  35. saya punya seorang sahabat yang saat ini sedang dihianati cintanya. dia selalu menangis dan hampir-hampir putus asa. Dengan segala kerendahan hati saya bermohon untuk berikan jalan keluar buat sahabat saya itu. saya yakin mas dapat membiri jalan keluar mengingat tulisan-tulisan mas sangat bijak dan dapat memotivasi. tolong ya. kalau bisa secepatnya kirim aja ke E-mail saya. terimakasih sebelumnya.

  36. mas..

  37. jujur aku baru pertama x buka blog niy, tp stlh aku membaca tulisannya, pikiranku jadi terbuka, saat niy aku juga sedang mengalami pengkhianatan cinta. trmksh ya tulisannya benar2 membuat aku lebih bertahan tuk menjalani hari-hari.

  38. aku juga baru di khianatin…sakiiiiiiiiiiiiiiiiittttttttttttttt saaaaaaakiiiiiiiiiiittttttttttttttttt…alamak!!!!tapi aku redho..mungkin ada yang lebih baik dari dia untuk ku…

  39. sangat mengispirasi, membuka pikiran saya. saya pernah menghianati cinta dan pada akhirnya saya juga di hianati oleh cinta saya.

    “Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri…”

    Sangat luar biasa …

    Terima kasih.

  40. terimakasih

  41. bgus bngt……?

    jdi ingt sama se”orng bca artikel nya mas agus…

    poko’y bgs bgt deh…….?

    good luck……?

  42. artikelnya krenz abiz….
    bs menjadi pencerahan hati sy yg lg galau…
    terimakasih pak agus

  43. subhanallah…. artikelnya bagus banget mengena dihati… karna saya pernah mengalaminya… tapi setiap hari setiap waktu aku berdoa semoga aku diberikan pengganti yang lebih baik daripada dia…

  44. asalam mualaikum,mo berbagi nie guys coz wa pernah ngalami yg lebih tragis,dan lo mesti inget y pesen w nie coz dah kebukti,
    gk da cinta yg tak terkianati karna yg mendalami cinta adalah manusia
    manusia yg tak pernah puas???
    jgn pernah percaya dgn kata kata”ku menerima mu apa ada nya”karna stiap ke hidupan manusia di isi dengan nafsu,SADAR LAH ANDA JGN TERLALU MENCINTAI SESEORANG DAN MENDALAMI CINTA ITU SENDIRI SEBELUM KAMU JATUH DAN TERJEBAK DI JURANG YG PALING DALAM,yg bkal hancuren hidup lo sendiri,
    cinta bagi ku c gk manis,dan gk jg pahit cm cinta tu bagi ku ASEEEEEEMMM,gk enk tapi pengen trus.?<y gk gk cuiii
    aseeeemmmmmmmm

  45. askum mz agus ….
    setelah membaca semua dari atas sampai bawah ,alhmdulillh aku bs ngerti tentang semua itu,aku faham bgamana menghadapi rasa sakit itu,krn aku sudah merasakan ap yg di cerita itu tertuang,tpi anehnya ,aku tak pernah benci kpd mantanku yg sakiti hatiku dengan selingkuh ,itu anehnya mz….. kdg juga diriku gak mengerti knp rasa benci itu gak ada untuknya,alhmdulillh aku memaafkan slhnya ,dan aku sdr mngkin kita bkn jdoh,jd akn lebih baik kita berteman aja ….
    terimaksih mz agus udah ngiziniin aku comentar di tulisan mz … salam sejahtra sellu dari gadis pamekasan….

    • Terima kasih atas apresiasinya.:)

      Anda hebat bisa tidak menaruh benci dan dendam pada orang yang menyakiti hati Anda. Lanjutkan perjuanganmu menemukan cinta sejati!
      Salam sejahtera juga untuk Anda…

  46. gua..juga sama pernah di khianatii???dulu aku nya cinta bgett ma dia..tpii mungkin dia bukan jodohku..

    sekarang ini dia sudah menjadi milik orang lain????
    buat dia..semoga ajj bahagia..aku jga disini akan ikut bahagia….

    • Tetap semangat mba N-vie…
      Putus satu nyambung seribu, hehehe…

      Tetap semangat temukan cinta sejatimu…!

  47. can arousing my heart

  48. thats good..can arousing my heart!

  49. aq jga pernah dikhiantin aq cinta dy tpi dy mlah ngeduain aq????

    • Jangan putus asa mba’ Rere…:)
      Patah satu tumbuh seribu!!!

      Tetap semangat temukan cinta sejatimu!

  50. Helpful piece of writing. Appreciate your posting

    • Thank you…

      Don’t cry anymore because of Love..
      Love can burn our passion.

  51. Sekarang saya sedang dikhianati oleh kekasih..Tetapi kekasih saya tidak pernah mau mengerti perasaan saya..Saya hanya dianggap anak kecil..Semua saya yg salah..Beda sekali dengan saat pertama kali kenal..Terlihat baik dan indah..Apakah cinta itu bisa luntur dimakan waktu..

    • Saya pikir Anda sama sekali tidak dikhianati. Dari penjelasan kekasihmu, saya tahu persis Andalah yang cemburu buta padanya karena sebab yang sangat sepele dan tidak masuk akal. Anda tidak berpikir jernih, Anda hanya menuruti prasangka burukmu yang jelas dihembuskan syaitan. Coba jelaskan apa kesalahannya?

      Coba renungkan sebab amarahmu… Banyak sekali orang yang menggunakan apa yang kau jadikan bahan masalah, dan itu tidak ada hubungan apa pun dengan orang lain atau sesuatu yg sudah menjadi masa lalunya.
      Sebuah tampilan baru adalah hasil kreativitas yang harusnya Anda hargai, bukan Anda jadikan alasan amarah membabibuta.

      Renungkanlah sebelum menulis di sini…

      • asllm wr wb,, slm knl om agus sy mrsa apapun kritikan atau arahan sy trsipu skli meskipun ada yg ingin sy ungkapkan,,,

  52. Ok…cukup jelas dan tidak akan menulis lagi disini…thanks

    • Bila kamu baik hati, bisa saja orang lain menuduhmu punya pamrih. Tapi bagaimanapun juga, berbaik hatilah.
      Bila kamu jujur dan terbuka, mungkin orang lain akan menipumu. Tapi bagaimanapun juga, jujur dan terbukalah…

      (Quotes by Mother Teresa)

  53. Ok…Thanks.,mungkin salah paham.,maaf

    • Tidak apa-apa Dik Asia…

      Setiap masalah harus dihadapi dengan kepala dingin dan lapang dada. Saya jadi ingat kata bijak berikut ini:

      “It is Impossible for you to be angry and laugh at the same time… You have the power to choose either”
      ~Wayne Dyer

  54. Iya Mas Agus…
    Terimakasih atas advicenya ya…
    Saya yang salah karena sudah berprasangka buruk…Maafkan saya ya…Sukses selalu untuk Mas Agus ya…Keep on writing and keep on moving..:)

    • Terima kasih atas konfirmasi dan support-nya juga ya..:-D

      Salam sukses dan bahagia untuk Asia.

  55. Assalamu’alaikum mas agus.. Salam kenal..

    mas, aku mw curhat.. Boleh yaa?? Hehe..

    gadis yang (selama 3,5 tahun) aku cintai mau nikah 2 pekan lagi, apa yang harus aku lakukan mas?? dia gadis sholihah, tipe aku banget..

    Adakah doa mohon keajaiban mas? ^_^

    Wassalamu’alaikum..

    • Wa’alaikumsalam WrWb.

      Wah, mau nikah 2 pekan lagi dengan Anda atau orang lain? Kenapa bisa? Seharusnya Anda segera melamarnya agar tidak keduluan orang lain…
      Anda harus memperjuangkan cinta Anda atau mengikhlaskannya. Jika bukan jodoh, masih banyak wanita lain yang lebih baik dan yang terbaik untuk Anda.

      Teruskan perjuangan meraih cinta sejatimu!

  56. mas agus salam kenal
    motivasinya baik sekali dan menyenangkan hati
    saya sedang mengalami patah hati karena wanita yang sangat saya cintai telah di lamar orang lain,ini dikarnakan komunikasi kami kurang baik dan timbul cekcok di antara kita sehingga dia meninggalkan saya??sayapun sudah berupaya mempertahankan semuanya sampai seperti mengemis kepadanya dan semua itu membuat saya menyerah?saya pernah berfikir pasti ada pihak ketiga di antara kami,dan ternyata benar adanya??terkadang masih teringat masa bersamanya padahal ingin saya melupakannya,dan saya juga pernah ingin berpamitan dengan keluarganya karna kluarganya sudah baik terhadap saya,menurut mas agus apa yang harusnya saya lakukan??

    • Mas Rubi, salam kenal juga. Sebelumnya mohon maaf baru sempat memberikan jawaban…

      Membaca kisah anda di atas, saya ikut prihatin juga. Namun, jika anda sudah berjuang sekuat tenaga untuk menyelamatkan hubungan kalian dan ternyata belum berhasil, terlebih lagi ada pihak ke-3 dalam hubungan anda maka saran saya adalah berusaha untuk mengikhlaskannya… Lepaskanlah beban pikiran dan perasaan anda tentang si dia, jika dia memang jodoh anda maka tidak akan ada yang bisa menyatukan anda dengan dia. Kalau anda bermaksud untuk pamitan dengan keluarganya, boleh saja yang penting silaturahmi tetap terjalin.

      Sekarang, bangkitlah…!
      Tataplah masa sekarang dan esok dengan harapan dan semangat baru. Jika peristiwa lalu itu membuat anda terluka, maafkanlah dan bebaskan hatimu dari segala amarah dan sakit hati. Ini agar energi psikis anda tidak tersedot ke pengalaman tersebut. Raihlah kemerdekaan jiwa, terutama di bulan Ramadhan ini… Gapailah cita-citamu yang lebih mulia, niscaya akan datang seorang wanita yang benar-benar akan membuat hari-harimu berbunga-bunga…

      Tetap semangat temukan cinta sejatimu!

  57. Assalamualaikum,,,
    slth baca situs ini,, alhamdulillah mas pikiran sy terbuka.. br2 ini,, sy dikhianati,,, sedih kecewa awalnya… cuman sy berfikir itu sia2 kl berlarut2… thnks infonya ya mas….

    Tetap semangatttttttt

  58. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Salam Kenal sahabat dari Sumatera nih mas Agus, dari Pekanbaru Riau.. Mantap bener tulisan yang 1 ini.. Sejujurnya, hampir bener yang mas Agus uraikan.. Ketika dikhianati cinta oleh manusia (pasangan/lawan jenis), akan membuat kita bisa menjadi lebih dewasa dalam bertindak n berpikir.. Terkadang memang seluruh energi telah kita kuras untuk berpikir ketika dia ada, tetapi akan lebih bermanfaat pemikiran kita ketika kita telah mengikhlaskannya meninggalkan kita.. Bersyukurlah kepada-Nya, bersyukur kita telah diajarkan secara tidak langsung untuk berpikir dewasa. Tidak ada yang sempurna, sesempurna cinta-Nya, Cinta Illahi Rabbi kepada manusia.. Kini tinggal kita sebagai manusia yang mungkin terlupa, terlena akibat cinta kepada pasangan/lawan jenis yang berlebihan sehingga merasa sakit hati, kecewa dan mungkin’ menangis ketika dikhianati untuk tetap bersabar.. Yakinlah sabar itu ada di atas.. Khasiat sabar itu luar biasa.. Tidak ada yang akan kita cemaskan ketika nikmat sabar yang ada kita manfaatkan.. Semua tetap kembali kepada-Nya.. Berdoa dan Berzikir.. Ucap kembali Asma-Nya ketika kita “sekejap” berpaling…
    Mudah-mudahan komentar yang ini bermanfaat..

    Salam..

    • Wa’alaikumsalam WrWb.

      Salam kenal juga Sdr. Arieyona.
      Terima kasih atas tambahan wawasan yang sangat bermanfaat dari Anda.

      Tetaplah semangat meraih cinta sejati…!

  59. trimakasih bnyak………

  60. Assalamu’alaikum…..Salam kenal Mas Agus
    Saya baru aja mengalami penghinatan itu Mas,baru aja seminggu yang lalu ,terasa masih sakit sekali hati ini,bingung dengan hatiku ini,tapi setelah saya baca tulisan Mas Agus, saya jd bersemangat lagi,Mas Agus benar mungkin dengan cara seperti ini Alloh mengingatkan saya,bahwa aku telah banyak melakukan kesalahan,aku akan memperbaiki diri dalam hal apapun semoga perjuanganku ini berhasil dan aku menjadi pribadi yang lebih baik dari yang kemarin,yang saya mau tanyakan bagaimana melupakan sakit hati ini kadang saya msh menangis ketika teringat pengkhiatan itu meski sdh memaafkan seseorang yang mengkhianati saya?kami sdh bersama lg skrg,tp perasaan was2 dan tdk percaya msh menghantui,bagaimana pendapat Mas Agus apa yang hrs saya lakukan?Terima kasih………..Wassalam

    • Wa’alaikumsalam WrWb.

      Terima kasih untuk Mba’ Nur Laily yang telah berbagi kisah/pengalaman di sini.
      Menjawab pertanyaan yang anda sampaikan, sebaiknya anda melepaskan emosi negatif yang mungkin masih anda simpan akibat pengkhianatan kekasih anda di masa yang lalu. Memaafkan itu seperti membuka lembaran baru di hati anda, sehingga luka yang pernah ada menjadi sirna–tak jadi soal apakah anda dan si dia berpisah atau kembali lagi.
      Dan jika sekarang anda sudah kembali dengan si dia lagi, saya kembalikan pada hati nurani anda yang terdalam untuk menilai apakan si dia yang pernah menyakiti itu sekarang bisa dipercaya. Jika ya, tidak ada salahnya menjalin kisah yang sempat kandas. Yang penting anda sekarang harus lebih berhati-hati dan meminta komitmen darinya agar jujur dan bertanggung jawab.

      Semoga bermanfaat, dan…
      Teruslah temukan cinta sejatimu!

    • Makasih banyak Mas Agus atas jawabnya, semoga Mas Agus selalu diberikan kesehatan oleh Alloh agar tetap bisa menebar kebaikan bagi semua orang…Amin

  61. assalamualakum mas … memang sakit skali dihkianti apalgi aq slama perkawinan suamiku tak pernah jera u/ slingkuh , beberapa kali aq minta pisah tapi dia tetap ga mau yang ada aq terus menerus sakit hati dan ga bisa memaafkan n setiap ingat itu ga bisa makan … setelah baca yag mas agus tulis di atas Subhanallah benerr juga energi negatif aq harus dihilangkan dan kembali lagi berserah diri kepada Allah lah yg terbaik , memang memaafkan & mengiklaskan adalah kuncinya…

    Terima kasih mas agus…

  62. Saya gak ngerti om sy masih bocah hehehe.

  63. Tp tl0ng dong om agus beri saya pencerahan …
    Gmana biar saya bisa mencintai seseorang tu secara tulus bukan dari hal2 yg dia miliki…
    And once again ?
    Sy dlu pernah pacaran tp dikhianati ..tp bis tu saya balikan lg trus di khianati lg trus balikan ..lok gak salah ampek 7 kali deh..tp skrang dah bener2 putus tp sy mash sering kangen ni om ma doi gmana ya om buat lupain dia ?
    Please answer my question…TQ.

  64. AS`Mas agus saya pgn minta saran sama mas agus ttng mas,yg gi saya hadapin skrng,dah hampir 3 thn saya pcran ma seseorang pi tengah jln hub kt terptus hanya krn status sosial saya,dan akhirnya pun saya di tinggalkan ma gadis tu dan pcran brsama seseorang yg lbh baik dari saya,,mgkn tu z mas agus saya tunggu komentrnya.

  65. qw jua skit hati om karna ce qw eank qwcyang tlah nikah ma tman dkat qw cnduri,,,,, apa solusi ingin menghilangkan rasa sakit qw kepada’a

  66. trima ksih tas cmua’y kni aq dh mrsa lga,,, dgn crita ni,,,,,

  67. trima ksih tas cmua ni,,,,

  68. smpah artikel bgus bgt

    mengkshkn tntang vi bgt

    vi lg diantin m cwo yg vi syng’n

  69. maaf n thanks,,dari af

  70. intinya kesetiaan sudah menjadi bahasa asing buat kita, bahkan hampir terlupakan…

  71. Kalau pengalaman masa lalu pacar berpaling ke lain hati,…. sekarang sudah lupa tuuhh… tambah lebih gampang lupanya. sakitnya emang banget2 sampai ke dasar jurang rasanya. hingga beberapa bulan baru bisa normal lagi. tapi memang time will heal (waktu akan menyembuhkan), toh akhirnya semua bisa dilewati dengan baik dan selamat.

    nah saat ini sudah menemukan partner of live yang sayaaang banget sama keluarga. semua berjalan indah, hingga ada ujian yang datang di tahun 12 pernikahan. ceritanya gara2 mimpi ketemu orang yang pernah ada dihati… padahal sudah duluuuu… banget. akhirnya aku kontak dia untuk tau kabarnya saja. eh… ndilalah dia belum menikah. dan sempat perasaan2 yang lama2 jadi muncul lagi. rasanya sediiih banget dan sangat sangat mengganggu hari2 dan menguras hati dan pikiranku.

    niatan hati ingin berteman saja, namun perasaan waktu itu nggak bisa dikendalikan. syukurnya cuma ketemu 1x (di rumah, pas ada suami) lalu lewat telp/sms. sungguh…. kami hanya ingin berteman dan meredam perasaan dengan menanyakan kabar keluarga, kegiatan sehari2 dll.

    tapi suami menganggap itu adalah selingkuh. kalau perasaan sih ada cerita lama yang teringat. tapi sekarang hanya ingin berteman. sedihnya, sampai membuat suami drop hingga beberapa kali… sudah baik dan semangat lagi, eh aku hanya sms orang tsb (memang dilarang kontak lagi khusus orang tsb, temen lain ga masalah… tapi aku nggak mau memutuskan silaturahmi) sms ku mengucapkan “selamat menjalankan ibadah puasa”, suami tahu dan drop lagi. yaa Allah Gusti….

    aku harus bagaimana? mau memutuskan silaturahmi koq ya gimana gitu (baru ketemu setelah 12 th), tapi memikirkan perasaan suami…. thanks ya

    • Walaupun baru saya jawab sekarang, intinya adalah Mba’ Paramita harus tahu batas-batasnya… Dan sekarang Anda sudah punya imam dalam kehidupan rumah tangga. Taat pada imam keluarga selama itu di jalan Alloh SWT adalah suatu bentuk ibadah yang mulia.

      Jadi akal sehat Anda pasti bisa memilih mana yang baik dan mana yang mudharatnya lebih banyak.

      Tetap semangat!

  72. kkuh ingin d cintai s’seorang dgn tulusssss
    apakah bisa ????????/
    tagh sperty sa’at ini akkuh eank s’lalu tersakiti

  73. adakah cinta yg tulus kpada Qu???

  74. don’t play the match,,if do not want burn,,,,,,,,,,,,,,,,

  75. suguh mantap
    dngan pusi ini saya bsa menyinggung
    mantan saya

  76. Kemarin ada orang anomin tidak bertanggung jawab yang memberikan comment berisi fitnah dan hujatan tidak manusiawi. Semoga sahabat-sahabat yang lain memberikan komentar yang sopan dan bertanggung jawab, karena komentar di blog saya ini tidak saya setting untuk dimoderasi.

  77. apa yang di tulis mas Agus di atas memang benar2x bagus..aku salut,aku juga pernah merasakan hal seperti tulisan di atas mungkin lebih parah karena kami sudah menikah danpunya 1 anak…dan aku nsekarang sudah merasa sangat lega setelah membaca koment2 yg masuk..ternyata di dunia ini bukan aku saja yg pernah di khianati,…sekali lagi terima kasih buat mas Agus semoga dengan ini akan saya jadikan motivasi dalam hidup supaya kedepannya akan lebih baik…Amiin

  78. ass.. subhannaLLoh, tuLisan ada adaLah pengaLaman pRibadi saya yang sedang saya Rasakan detik ini… saya mencintai pacaR saya dengan tuLus bahkan Rencana tahun ini kita akan meRencanakan sebuah peRnikahan, Namun sayang, semakin mendekati haRi Rencana peRnikahan kita peRLahan-Lahan ada “sesuatu” yang menghancuRkan hubungan kita… Kita membina hubungan jaRak jauh seLama 2 tahun, saya di bandung pacaR saya tinggaL dipaLangkaRaya,, Mendekati Rencana peRnikahan kita sehaRusnya caLon saya teRus ada bwt saya namun kenyataan semua itu terbaLik, entah apa aLasannnya,pacaR saya teLag mengkhianati cinta kita, justRu dia pacaRan dengan seoRang wanita dayak yang berBeda agama puLa.. sakit emang meneRima kenyataan ini tapi aku ikhLas.. Mungkin beneR apa kata akang, kita tidak boLeh teRLaRut daLam kesedihan teRus meneRus.. PENGKHIANATAN CINTA ini akan aku ambiL hikmahnya agaR aku bisa menjadi manusia Lebih baik Lagi dan bisa mendekatkan diRi pada ALLOH SWT…. teRimakasih untuk aRTikeL nya kang, sangat beRguna dan beRmanfaat.. RIRI ANGGARIA-BANDUNG..

    • Kita harus senantiasa bersyukur dengan suka dan duka hidup ini. Mungkin saat ini ada peristiwa yang menyakitkan hati kita, tapi justru mungkin itu yang terbaik bagi kita.

      Semua ada hikmahnya selama kita mau bersyukur atas segala nikmat dan bersabar atas segala cobaan.

  79. Subhanalloh, benar-benar menginspirasi saya… Yg sedang mengalami di hianati cinta, Alhamdulilah..

  80. trims…..bahasan ni sungguh sangat membantu saya….

  81. assalamualaikum…
    mas Agus

    memang sakit rasanya di khianati sama orang yang kita cintai (pacar),saat ini aku sedang mengalami yang namanya “pengkhianatan cinta” semangat tuk hidup rasanya sudah tak ada lagi,Bodoh sih sebenarnya menangisi seorang “Pengkhhianat Cinta”…

    tapi setelah aku membaca tulisan mas Agus
    aku jadi Semangat untuk menjalani hidup lagi.

    dengan ini aku mengetahui bahwa dia bukan yang terbaik untuk aku
    Allah pasti telah menyiapkan seorang pria yang terbaik untuk hidupku

    Thanks buat tulisannya mas
    sangat memotivasi aku lagi tuk Bangkit dan melepaskan rasa sakit hati dari “Pengkhianat cinta”

    wassalamualaikum

  82. Bagus banget tulisannya mas…thx membuka mata hati tentang pengkhianatan cinta biar tdk bersedih,sy jg jadi korban pengkhianatan suami mas sungguh tak terkira betapa sakitnya hati ini yg sampe skrg pun kl mengingatnya ingin rasanya bunuh diri,tp untungnya sy msh punya iman mas sekali lg makasih mas pencerahannya…..

  83. kereenn abis dah mas tulissan nya s

  84. Thanks mas agus….Udh enakan hati aku skrg pas baca artikel dr mas agus..Semoga Allah memberikan Kesejahteraan bt mas agus dan kelurga…Aminnnnnn..YRA

  85. ini emang tulisan yang sempurna dari sini bnyak yg bisa saya ambil pelajaran tentang cnta dan khidupan,,,
    trus lah berkarya mas,,,
    smoga sukses slalu……

  86. Dua tahun yang lalu, saya mengalami pengkhianatan yg begitu menyakitkan, karena dari awal perkenalan dia yang menyatakan keseriusan & berlanjut proses ke arah yang lebih serius dgn memperkenalkan keluarganya. Namun tanpa sepengetahuanku dia jg yang mengkhianati janji setianya dan meninggalkanku sampai saat ini. Di saat butuh motivasi alhamdulillah saya menemukan tulisan Mas Agus yang penuh makna dan bisa membangkitkan semangat, pengkhianatan cinta memang begitu menyakitkan, namun apabila kita bisa mengambil hikmahnya, mungkin itulah cara Allah untuk menyelamatkan hamba-Nya dari penghianatan yang lebih menyakitkan.

  87. Mas ,,,sya kn lgi suka maa sseorg . .
    tpi sya tkut utk mnytakn rasa saya in dgn dia . .

    Karna dia dimata saya cantik banget..
    mk dri itu saya tidak berni utk mngungkpkn rasa saya dgn dia . .

    maaf mlenceng prmslhn ny . .hhehehe!!
    tpi saya btuh solusi ny .. :D

    • Maaf, telas jawabnya…
      Solusinya ya ungkapkan saja perasaan anda, jika anda takut bisa minta bantuan orang ketiga. Jika jawabannya belum memuaskan, anda harus sabar. Yang penting anda harus berani bicara!

  88. Like this

  89. pcr sy umrnya lbh muda dr sy,stiap x ad mslh dia sllu brskp Tegas slh tdk slh dia sllu jujur,, yg sy ingin tau apakah kejujuran dia itu brtnd syg atau sngaja dia menyakitiku

    • Menemukan orang yang jujur itu mungkin sekarang sulit. Sikap jujur sangat diperlukan untuk sebuah hubungan yang harmonis. Untuk itu, jujurlah pada pasangan anda.. Jujur tanda sayang atau menyakiti? Apa dia jujur bilang punya pacar lain? Itu mungkin yang bisa menyakiti ya, tapi justru membuat anda tahu harus berbuat apa yang terbaik untuk masa depan cinta anda.

  90. Thank…buat motivasiX….

  91. sakiit saat kiTa dikhianati.. .
    Remuuk, jIwa ni rasanya tak tenang..

  92. Subhanallah.. Sgt memotivasi skali tulisanya, thx bro

  93. Mas minta izin copy ya?
    Soalnya saya └∂ģî patah ĥǝƮȋ̝̊ nie

    Tolong diizini ya mas.
    Makasih

  94. aq baru pertama kali mencintai seseorang 100%.dan aq sampai berfikir akan nunggu dia sampai dia siap menikah dngan aq.tapi smua hancur kayak debu….
    awal aq kenal dia satu sma….baru ketemu dia kira2 2thnan setelah lulus sma.saat dia antar sahabatq perempuan anggap inisial d kerumahq.kita saling tukar nmr cz dia mnt nmr telpq.saat t aq masih pacaran sama inisial t.dan aq tau dia menyukai sahabatq d.awal kita sering curhat2an,aq curhat masalah t dia curhat masalah d.d katanya gak kasih sinyal bahwa suka sia.jadi dia takut nembak..aq sebagai teman n sahabat aq malah dekatkan d sm dia tapi d omong k aq “enakan jadi teman ja”..padahal aq sdh bilang k d “dia t baik loh d”.sedangkan dia curhat k aq knp dewi talik ulur jadi seperti kalau dia dekati d,d menjauh.lalu kalau dia menjauh d mendekat.jadi dia binggng..dia merasa di permainkan sm d

  95. lalu akhirnya aq putus sama t kita curhat2an.sampai dekat banget kita dia sangat perhatian sm aq antar jemput aq.sll kalau aq istrht dia ada kadang bawain makanan.pokoknya super2 baik banget k aq.sampai kita jadian.saat awal jadian aq omong sm d n dia”pa kalian masih cinta”mereka jawab masing2 “gak”.maka dari t aq jalani.pertama fine2.ya ada masalah kecil tapi bs d atasi.tibakno jalan 4 bln aq tau mereka masih sangat2 cinta.cinta antara d dan dia..karena aq sdh terlanjur cinta sm dia…maka aq pura2 gak tau…aq berusaha pertahanin tapi nol…dia gak mau…dia putusin aq dan aq d buang kayak sampah…malah dia skrng dekat sm d …kita putus juga masalah dia lbh utamain d…sakit gak????malah skrng d bilang k aq”aq nusuk d sari belakang”

  96. bagaikan air hujan yg telah menguyur bumi yg telah kering
    kesejukan setiap untaian kata telah melanda dan membakar hati yg telah mengering
    sungguh luar biasa, semga tuhan akan memberikan dan menguatkan hati tiap insan yg terluka
    sedih hya kan membuat kita makin terpuruk
    berpikir positip slalu…inilah yang terbaek dan terbaek ….

  97. bagus bnget…?

  98. trimakasih mas bwat tulisannya…..
    itu sangat brguna bwat saya yang saat in mmg lagi mrasakan sakitnya kehilangan orang yang kita cintai. mohon doanya ya mas byar saya bisa seperti mas yang bisa iklas menjalani semua jalan kehidupan ini.

  99. allhamduulilah yah stlah bca yg di atas tuh bkin lega n ploooonk di hti…hihihi…
    oz minggu kmren ane hbis di hianatin,,hixz hixz…

  100. ternyata semua hati pernah dihianati, alhamdulillah saya gak sendiri…. cuma bisa bersyukur, semua bisa ketahuan krn izin dr Allah swt, dan slhku yg mencintai mahluk cipta’an Allah melebihi seharusnya…

  101. saya juga termasuk korban di sini :D
    terima kasih buat semua sahabat yang brada di blog ini, masukannya sangat baik & positve,
    follow my blog “ngintip1.blogspot.com”

  102. saya juga termasuk korban di sini :D
    terima kasih buat semua sahabat yang brada di blog ini, masukannya sangat baik & positve,
    follow my blog

    http://ngintip1.blogspot.com/

  103. Assalamualaikum wrwb… trimakasih mas.. setelah membaca tulisan ini. saya semakin percaya diri untuk melangkah terus maju meninggalkan masa lalu dengan senyum dan keikhlasan.. salam ukhuwah :)

  104. asalamualaekum…buat penulis,,setelah membaca semua isi dan kata kata nya,masa,alloh bgs nya,dan itu ada di dalam kehidupan saya…..

  105. maaf sebelumnya.. saya bener2 bersyukur bisa temukan halamn ini…karena posisi saya lagi ga tenang n bener2 lagi ga nentu…
    saya, seorang perempuan yang mungkin mempunyai hati n rasa cinta yang tulus terhadap lelaki yang umurnya jauh lebih tua dari saya. saya kenal dan menjalin hubungan dengan dia hampir 4th
    tapi, ternyata selama ini di blk saya dia itu menghianati saya. dia mempunyai hubungan spesial dengan orang yang jelas pernah di kenalin saya dan cowo saya bilang dia adalah teman SMA nya dulu…
    ternyata dia membohongi saya di blk saya.
    entah salah apa saya trhdp dia sehingga dia bener2 tega mengkhianati kepercayaan terhadap dirinya.
    baru 2bln ini saya mengetahui kalo cewe yang dia bilang teman SMA adalah pacar dia… remuk sangat HT saya mas…
    terutama saya liat dengan mata kepala saya sendiri dia bermesraan di depan saya dan saya liat bukti2 bahwa dia pernah melakukan hal yang ga sewajarnya., tapi kenapa udah ada bukti2 itu dia malah ga mau mengakuinya.
    setelah saya desak dan saya menangis baru dia ngaku kalo dia sama cewe itu pacaran…
    hancur hati saya mas…
    sampe2 berasa tak bertulang….
    cowo saya bilang kalo dia ga tega berkata jujur sama saya karena takut saya tinggalkan., sementara selingkuhan dia adalah perawan tua yang hartanya banyak dan bisa memenuhi semua ke inginan cowo saya sehingga cowo saya pacaran sama dia.,
    mas.. teman2… tolong saya.. apa yang harus saya lakukan? saya amat menyayangi cowo saya….
    sikap apa yang harus saya lakukan…… jiwa saya bener2 udah ga kontrol lagi….
    saya mohon solusinya yang bisa nenangin pikiran dan HT saya.. makasih

    • Sebelumnya mohon maaf, baru sempat menjawab curhat Mba’ Jen Hindasyah sekarang…

      Saran saya, coba Anda sholat Istikhoroh (jika Anda seorang Muslim), mohon petunjuk pada Alloh SWT tentang jodoh yang terbaik untuk Anda.
      Jika hati Anda tetap condong ke cowok Anda tersebut, meskipun dia sudah berkhianat, mintalah komitmen padanya: “pilih Anda atau teman SMA-nya?”. Lihat juga kesungguhan dan keseriusan sikapnya dalam meneruskan hubungan dengan Anda; mau main-main atau mau kembali ke jalan yang benar (tidak selingkuh lagi).
      Namun jika Anda sudah tidak percaya lagi pada cinta dan kesetiaannya, saya rasa masih banyak pria lain yang jauh lebih baik dari dia.
      Jadi, mintalah petunjuak Sang Pencipta, selanjutnya… pilihan ada di tangan Anda: Lanjutkan atau Cukup sampai di sini… :-)

      • makasih banyak mas agus…. saran anda sangat bisa membuat saya tenang…..
        semoga aja saya cepat dpt jln yg trbaik….. pokiran sya sgt mumet….

  106. Bgs skli tulisannya. Pelajarannya bhw jgn lg mengutamakan kekasih di atas Tuhan krn manusia suatu saat akn mengecewakan kta. Tp Tuhan tdk prnh mengecewakan n memberi apa yg kita butuhkan bkn yg kta inginkan

  107. mkcih mz atas tulisannya ….. :)
    aq slh satu dr korban pengkhianatan …..
    aq g bkal sia2in ksmpatan yg telah di beri allah sma aq ……
    aq brusha bat brubah mnjdi yg lbh baex ….. :D

    • Marilah kita bersyukur karena masih diberi nafas dan hidayah oleh-Nya.
      Dengan kejadian seperti patah hati karena dikhianati, kalau kita mau merenung kita akan tahu sesungguhnya kita ini menuhankan Alloh, atau kekasih kita.
      Kalau Tuhan kita Alloh SWT, tentu jika ditinggal atau dikhianati kekasih, hal itu tidak akan menggoncangkan jiwa kita karena di hati kita masih ada Alloh yang jauh lebih menyayangi kita. :-)
      Hanya saja kita ini kadang tidak tahu diri, ingat Dia hanya ketika susah dan menderita saja… :-(
      Semoga taufiq dan hidayah Alloh SWT tercurah untuk kita semua sehingga bisa melewati segala cobaan dan ujian hidup dengan sikap yang terpuji hingga mendapat ridlo-Nya, amiin.

  108. baru bacam,,,tulisannya sangat mengena,..Ijin Kopas buat di catatan saya

  109. ketika pasangan kita chating ataw berbicara dengan orang laen(lawan jenis) menggunakan sayang,beb,honey dll itu termasuk selingkuh??

    • Jika orang lain (lawan jenis) itu orang dewasa (bukan balita) dan bukan muhrimnya, hal tersebut perlu dicurigai dan kemungkinan besar pasangan Anda ada “main” dengan sayang/beb/honey-nya tersebut.
      Sebaiknya diperlukan klarifikasi/interview dan penyelidikan intensif terlebih dahulu sebelum memvonis dia selingkuh.

  110. Bismillah..

    Subahanallah.. Artikelnya tepat dengan yang kuAlami saat ini :’)

    Ketika seseorang menyakiti kita,
    maka hendaklah kita menulirkan kejahatannya itu d’atas pasir
    agar ada angin toleransi yg meniupnya,
    sehingga ia terhapus dengan mudah.
    Tapi ketika seorang berbuarbuat baik kepada kita,
    maka kebaikannya itu harus d’tulis d’atas batu,
    agar tidak ada jenis angin apapun yg dapat bisa menghapusnya.
    (Source Copy paste -_-v) hehehe..

    Maz Agus izin copy paste ya Artikelnya (ada rencana buat blog nih) -_-v..
    Insha Allah Allah selalu memberi kemudahan kelancaran & hidayah menuju Surga-Nya buat Maz Admin :))

    Semoga bermanfaat & Barokah
    SlmQum

    • Terima kasih sahabat, atas apresiasi dan do’anya…
      Semoga Alloh mengampuni dosa-dosa kita, aamiin.

  111. Wah sy jg ngalamin yg namanya di hianati cinta. Dan kisahku lbh parah. Ternyata cintanya pdku hya main2 aj dan tidak serius. Kini dia pya pcr baru dan kabarnya mau nikah. Meski ak sgt mencintainya tp ak tk bs berbuat ap2. Aku hya bs pasrah dgn kesedihanku. Dia emang sdh minta mf. Akupun memaafkan’nya, tp ak tk bs melupakan penghianatan’nya. Ak selalu berharap,semoga dia mdp karma yg bs membuat dia cinta lg kpdku sebelum dia di pinang sm kekasih barunya.

    • Itu bukan karma Mas.. tapi ngarep(dot)com.. :-)
      Semoga Anda tetap semangat menemukan cinta sejati Anda!

  112. Kerennnnn, makasih mas…..

  113. assalamualaikum

    tulisannya bagus bnget mas…
    tapi saya masih sulit bnget menerapkannya pada diri saya,,
    saya udah mengalami penghianatan itu 7bulan yang lalu,dia jatuh cinta sama cewek lain yaitu adek kelasnya,dan meninggalkan saya demi mengejar cewek itu,saya merasa tersakiti bnget waktu itu,saya selalu berusaha memaafkan dan mengikhlaskannya,tetapi setiap mengingatnya saya merasakan sakit itu lagi,dulu wktu baru ditinggalkannya dia terkadang masih menghubungi saya,bahkan cukup sering,saya pun menanggapinya seperti biasa,seperti saat sebelumnya kami masih,berteman dan belum berpacaran,dengan bgitu saya berharap bisa menghilangkan perasaan sakit karena dihianatinya,tetapi saya malah merasakan sakit bnget karena tidak bisa memilikinya lagi,hanya bisa menahan rindu itu dihati tanpa bisa mengatakannya,dan hati saya tersiksa ketika itu karena saya harus berpura-pura telah melupakannya dan tidak ada rasa apa-apa lagi,bahkan waktu itu dia sempat mengajak balikan saya karena sepertinya dia ditolak sama cewek yang dia sukai itu,waktu itu setelah 3bulan kami putus,.tentu saja saya tidak mau,karena dia telah menghianati saya,padahal mas,saya masih sayang banget sama dia.tapi disisi lain saya sendiri gak tau kenapa gak bisa nerima dia lagi kalau ingat penghianatannya,saya selalu merasa sakit banget ketika mengingat waktu dulu dia meninggalkan saya,bahkan yang membuat lebih sakit banget banyak pihak2 lain yang turut berbahagia ketika dia memutuskan saya,yaitu adek-adek kelasnya dia,yang waktu itu mereka malah wall2an di fb,keliatan banget kalo disengaja terang saja keliatan di beranda fb saya,orang dulu waktu aku masih pacaran adek kelasnya banyak yang nge-add aku,,trus ya mas,pas mereka wall2an itu pake panggilan sayang yng dulu digunakan pacar saya untuk manggil saya…sapa yang gak nyesek coba???apalagi itu waktu malemnya setelah dia mutusin aku….saaakkiiiiiiiiiiitttttttttttt bnget waktu itu,,makanya sulit nrima dia lagi,
    balik lagi ke masalah yng dia ngajakin aku balikan tdi,aku nolak dia dan mengakui semuanya kalo selama ini sebenernya nahan sakit bnget waktu berhubungan samaa dia,aku bilang aku ingin bnget melupakan dia,tapi gimana bisa aku nglupainnya kalo dia terus nghubungi aku,
    terus aku minta dia lupain aku n aku lupain dia,aku pengen melupakan semua antara kami,seperti orang tidak pernah kenal,toh kami juga tidak satu sekolah jadi kemungkinan ketemu kecil bnget..tapi dia tidak mau,dia tidak terima saya bilang begitu,dia ingin balikan karena sama2 masih sayang,dia bener2 minta maaf,,tapi saya tetep ingin melupakan dia,saya sendiri gak tau kenapa tidak bisa nrima dia lagi….
    7bulan berlalu,aku jalani hidup tanpa dia,tapi pikiran saya tidak bisa lepas dari bayangannya setiap waktu,bahkan saya sudah memiliki pcar lagi yang dulu bener2 saya inginkan waktu masih pacaran sama mantan saya itu tapi dulu harus saya jauhi karena mantan saya marah2 kalo saya deket2 sama dia,tapi sekarang cowok itu udah jadi milik sya,saya bahagia,.tapi gak tau kenapa tidak sebahagia waktu saya sama mantan saya,padahal pacar saya yg sekarang ini juga sangat baik..terus juga saya masih sakit hati bnget ketika kemarin tau bahwa mantran saya jadian sama adek kelasnya yg dulu itu,n kayaknya dia bhagia bnget…..gmana caranya memaafkan dia mas???gimana biar kita ikhlas???

    • Wa’alaikumsalam Wr.Wb.

      Sdri. Farida, dari curhat Anda, saran saya buanglah emosi negatif yang berhubungan dengan kejadian, peristiwa, atau situasi tersebut dan gantilah dengan emosi positif.

      Keseriusan untuk melepaskan semua emosi negatif ini dilihat dari apakah Anda bersedia dengan sungguh-sungguh memaafkan orang atau peristiwa yang “menyakiti” diri Anda. “Menyakiti” (dalam tanda petik) itu adalah persepsi pribadi Anda dari peristiwa itu.

      Coba renungkan hal-hal positif dari kejadian itu. Misalnya Anda terhindar dari pasangan yang tidak setia, Anda juga menemukan orang yang benar-benar Anda cintai, atau Anda jadi lebih dekat pada Sang Pencipta. Banyak hal-hal yang merupakan karunia yang harus Anda syukuri dari kejadian tersebut. Dan itu juga merupakan pengalaman batin yang bisa membuat Anda lebih bijaksana.

      Kalau sudah benar-benar memaafkan seharusnya emosi itu sudah benar-benar tuntas. Tidak mungkin akan muncul lagi emosi negatif yang sama saat mengingat kejadian itu.

      Mulailah satu lembaran baru dengan melepas semua emosi negatif yang selama ini mengganggu hidup Anda, yaitu dengan cara memaafkan. Memaafkan orang lain yang telah menyakiti, dan yang lebih penting lagi adalah memaafkan dan menerima diri Anda seutuhnya. Mengisi lembaran baru dengan sesuatu yang lebih indah itu lebih penting daripada mengingat masa lalu (atau orang lain) yang menyakitkan.

      • iya…terima kasih mas… :)

      • Assalammualaikum . . .salut dengan tulisannya mas . . .
        Mohon petunjuknya juga untuk seorang istri yang di dholimi suami . . .
        Saya sudah menikah 6 tahun . .karena keadaan ekonoi saya terpaksa bekerja di luar negeri . .atas izin nya jg atas kepercayaannya tapi saya tak menyangka jika baru 3 bulan saya disini dia berbuat dzolim yaitu berselingkuh dg anak sma yang mengakibatkan anak tersebut putus sekolah dan suami saya berakhir di penjara . . .jika berkenan masukannya buat saya . . .trimakasih. . .wassalammualaikum. .

  114. Assalammualaikum mas. .

    Tulisan yang begitu menyentuh hati
    Salut dan sangat memberi inpirasi

    Jika berkenan perbolehkan saya minta pendapat Dan petunjuk juga saran dari sahabatku semua

    Kisah cinta yang telah saya jalani dalam sebuah ikatan pernikahan . .6 tahun sudah sayaberumah tangga tapi karena keadaan ekonomi atas izinsuami saya bekerja di luar negeri . . Tapi saya tidak menyangka itu awal hancurny masa depan saya .
    Atas persetujuan semua pihak saya bekerja di luar negeri tapi saya tidak menyangka kalau suami saya akan berbuat dzolim .
    Baru 3 bulan saya di sini suami saya malah berselingkuh dg anak sma yang akhirnya mengakibatkan anak tersebut putus sekolah dan suami saya berakhir di penjara dg hukuman 7 tahun penjara.

    Keputusan apa yang harus saya ambil untuk masa depan saya antara bakti seorang istri dan harga diriSaya terpukul pasti tapi sudah memaafkanya. . .tapi saya egitu bingung antara pilihan bercerai dengan mmemperbaiki atau mempertahankan rumah tangga.

    Wassalaperbaiki. Jika saya menuntut ceria sudah ada anak laki laki umur 5. Tahun.
    Tapi jika saya bersabar memperbaiki keluarridho karena suami saya tidak bisa memenuhi kewajibannya sbg kepala rumah tangga .sdg kan dia harus menjalani hukuman di penjara.
    Apa yang harus saya lakukan semua bagai buah simalakama.
    Adakah petunjuk dari sahbt sumua berdasar aturan agma juda pandangan sosial .
    Saya mohon dgn sangat

    Salam ukhuwah

    • Wa’alaikumsalam WrWb.

      Kisah Mba’ Isti juga menyentuh dan menurut saya memang dilematis.
      Apa pun yang terjadi, itu semua sudah manjadi takdir yang harus dijalani. Apa yang dialami suami Anda adalah akibat tidak kuasanya dia menahan nafsu syahwat. Dia telah termakan jebakan setan laknatulloh, mungkin karena istrinya jauh di negeri orang sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan biologisnya.
      Itulah dilema suami-istri yang salah satunya harus bekerja di luar negeri. Jika memang tidak bisa menahan syahwat dalam jangka waktu lama, lebih baik bekerja di negeri sendiri meskipun hasilnya pas-pasan.

      Adapun karena musibah itu sudah terjadi, saran saya ada dua alternatif, yakni sebagai berikut :
      1. Anda coba baca buku nikah Anda di halaman Sighat Taklik. Di situ ada empat hal yang bisa membuat Anda sah dan benar menurut hukum untuk menggugat cerai suami. Apalagi suami Anda jelas telah berbuat kesalahan fatal, di samping tidak memenuhi tanggung jawabnya kepada Anda dan keluarga.
      2. Anda tetap bertahan dengan menjadi single parent selama suami Anda dipenjara, jika Anda kuat baik lahir maupun batin. Jika Anda setia menunggunya, itu pun banyak pahalanya dengan syarat Anda ikhlas dan kuat dengan segala konsekuensinya.

      Dua alternatif tersebut harap direnungkan dalam-dalam, Sholat Istikhoroh, dan mohon sungguh-sungguh pada Alloh SWT, minta solusi terbaik bagi masa depan hidup Anda dan keluarga.

      Keputusan akhir tetap pada keyakinan Anda, karena Anda yang akan menjalaninya. Semoga hal ini juga bisa mendekatkan Anda pada Sang Pencipta, sehingga mendapat petunjuk jalan yang terbaik.

      Demikian saran saya, semoga ada manfaatnya…

  115. “pengkhianat cinta” harus dihadapi manis pahitnya, kemudian diresapi hikmah di balik pengkhianatannya. jadikan diri lebih baik dari yg lalu :)
    > pernah punya pengalaman dikhianati, semoga ini yg pertama dan terakhir.. hayoo yg pernah merasa dikhianati , semangat !! kita kan jd tau kalo cinta dia ke pasangannya sekarang, ng’ betul2 murni, biarpun ibaratnya skrg uda cinta mati ma pasangannya, apalagi kalo kita emang belum bner2 tau dia, apakah dia itu, bertipe setia dan jujur atau seorang player….. :0 ibarat kertas putih uda dicoret2 ama spidol, uda ga’ bersih lg kan tuh kertas.but, memaafkan adl yg utama. percaya,, Allah menyiapkan ini smua untuk kebaikan kita. karna Allah maha berkehendak, maha tau dan maha memiliki. smoga kita dijauhkan dr hal2 yg tidak diinginkan dan mendapat takdir lebih baik.amin :)

  116. yaaa… kita lg yang ngalahhh.. gk ngdukung hiksss heee

  117. [...] why you are Making use of Cologne Lots of Diverse Reasons behind Wearing Cologne – Billgonstreetop Stella Mccartney perfume perfumes for women carolina herrera perfume john pool perfume chris brown perfume [...]

  118. Saya iza sahabat dari sby, saya laki laki makasi buat kata”nya. Aku lg gualau. Uda 4 ta0n menjalin kasih. Dibuang gt aja layak nya sampah. Semoga Allah memberikan yg terbaik. N makasi buat bantuan nya . Sdkit lega. Wassalam

  119. ini akan menjadi bahan langkah saya selanjutnya

    Thanks’ 4 agusriyanto.wordpress.com it’s Inspiration my life

  120. sakit hati krn penghianatan dan pengorbanan cinta

    • pengen mati saja rasanya…jiwa jd kosong….kayak mayat hidup

  121. Terima kasih tulisannya yang sangat bagus dan cocok banget dgn apa yang saya alami hari ini. Dan klo dilihat Dr banyakny komen, saya merasa tdk sendiri. Dan saya bersyukur bisa mengalami yg namany dikhianati. Agar nanti kedepannya saya tak akan mengkhianati krn Sudah tau rasany. Rasany pahit pahit gimana gitu…. :(

  122. Terima kasih ..
    Sangat bermafaat tuk semakin nyakin akan hikmah di balik “pengkhianatan cinta” ..

    Sukses selalu buat Agus Riyanto ..

  123. Sangat inspiratif cerita y sangat persis d profil aku yang sekarang ini aku alami.
    Semoga aku bisa bangkit lagi dari keterpurukan aku saat ini.

  124. like this..very much… sangat memotivasi bagi jiwa yg lagi merasa ditinggal kekasih hatinya…. thanks…

  125. tuliasan yg indah , padahal siang tadi baru saja saYa diskusikan dengan ALLAH SWT ….
    *Ternyata jawaban itu saya dpat lantaran dr tulisan anda bung , BARAKALLAH …..

    *sedikit bisa bernafas lega ?
    Tp semoga sidia tetap dalam Lindungan’Nya tercurah RAHMAT TAUFIQ HIDAYAH INAYAH dan sgla kebaikan tertanam di hatinya ,
    Agar ia lekas insaf gk lagi memurahkan tubuhnya “Naudzubillah”.

    Pengalaman pahit yg ternyata justru membuat “aku ketemu Lagi dengan ALLAH SWT” dan bisa menangis stelah 2007 lalu ni air mata kering gk tau kenapa .

    Terimaksih ….
    Benar kata Ahmad dani :
    Takkan ada derita biLa isi hatimu
    Penuh dengan Rasa cinta
    CINTtA KEPADA ALLAH SWT .

  126. aq gk ngrti liat sifat istriku..
    knapa dia gk prnh mw brubah.
    dia slalu aja mnghianatiku.
    7 tahun yg lalu dia udh mnghianatiku.tpi aq udh memaafknnya.tpi skrg pun trnyata mreka msih brhubungan.
    sakitnya lgi dia juga mnghianatiku sma tman aq sndri.
    padahal istriku adalah marwah dn harga diriku.
    tpi dia tega hancurkn harga diriku.
    trus trang.., aq tulus sangat mncintainya., dn mnyayanginya.
    pagi siang malam aq mncari nafkah.
    bukannya istriku minta maaf padaku..
    tpi knapa dia prgi tinggali aq bgtu aja tanpa kata2…

  127. salam..saya hnya ingin bertanya apakah ada balasan buat orang yg telah memfitnah kita,dan orang tersebut kini telah mnjdi suami dri wanita yg sangat aku cintai.. scra btin aku sangat tersksa jika mlhat mantanku..mohon jwbnnya trims..

  128. Alhamdulillah nemu artikel ini…

    Tulisannya Mengingatkan kalau “diselingkuhin” atau “dikhianatin” itu salah satu cara allah menegur dan menyelamatkan kita dari orang yg salah.
    Banyak juga yakk teman seperjuangan (sama2 berjuang move on dari sebuah penghianatan).

  129. setuju banget ma kalimat karma…..dan Ikhlaskanlah, karena sesungguhnya semua yang ada di dunia ini—termasuk orang yang menyakiti hati kita—juga adalah milikNya. Ikhlaskan kepergiannya dari hati kita agar tidak ada emosi negatif yang bersarang di hati dan menjadi sumber penyakit, baik lahir maupun batin.

  130. Ass…. wr…..wb
    insyaAllah ..
    bermanfaat sekali
    terimakasih .

  131. […] agusriyanto.wordpress.com […]

  132. gw juga pusing gara gara cewek. gw nembak cewek ditolak. gw nembak cewek yg lain ditolak. gw nembak cewek yg lain lg ditolak juga. pusing. lbh parah lg gw bukan cuma ditolak cewek, tp dihina cewek, diejek cewek, dimanfaatkan cewek, dipermainkan cewek. gw juga ditipu dan difitnah teman yg akan bantu gw nyari cewek, diancam dan dipukul org yg jadi saingan gw nyari cewek. yg bikin gw ngalamin nasib kayak gini krn gw cupu dan letoy. gw beberapa thn terpuruk gk pernah nyari cewek lg, akhir nya gw bangkit dan memulai sesuatu yg baru dari 0 lg. tp apa yg terjadi.. hampir sama dg kejadian di atas. yaitu ditolak cewek dan dijahati teman.

  133. assalamualaikum..saya juga pernah mengalami penghianatan ini..5tahun lebih kami berpacaran..dari kami masih anak sma sampai akhirnya berjuang meraih masa depan. singkat cerita dia bertugas ke lain pulau dan saya masih menyelesaikan studi s1saya di kota asal kami. awalnya semua berjalan biasa, tapi seiring berjalannya waktu dia berubah dan semakin menjauh..akhirnya saya benar2 melihat dia sudah memliki perempuan idaman lain di pulau tempatnya bertugas..hancur sekali hatiku..tapi aku langsung berusaha menyerahkan semua pada ALLAH barang kali pasti akan ada hikmah besar dibalik semua ini.. meski hatiku hancur..marah..kecewa..tapi aku selalu berusaha memaafkan dan tidak akan mendendam..aku serahkan semua pada ALLAH karena dialah seadil2nya hakim.. meski terluka menerima kenyataan dia sekarang bersama wanita lain,tapi aku harus kuat dan ikhlas..karena aku yakin suatu saat ALLAH akan ganti dengan yang jauh lebih baikkkkk..aamiin..
    yang terpenting adalah bagaimana kita terus memperbaiki diri dan akhlaq..menata masa depan dan memantaskan diri bagi yang terbaik..ikhlaslah..dan percayalah semua akan ada hikmahnya..

    jangan terus2an menengok kebelakang..menyesali semua yang telah terjadi..terlebih menyalahkan diri sendiri..seadainya dulu aku begini ya..seandainya dulu aku begitu pasti tidak begini dst…jangan…jangan sampai berfikir seperti itu..percaya aja..ini semua kehendak ALLAH..karena ALLAH tau inilah yang terbaik..

    Memang perih sekali dihianati..apalagi dia sempat meyalahkan sifatku yang cemburuan dan over protektif kepadanya..tapi bukankah manusia tiada yang sempurna? selama ini bukankah aku juga telah banyak mengalah dengan kekuranganmu dan aku tak pernah mengeluh..aku slalu bersyukur memilikimu pada waktu itu..tapi ya beginilah kuasa ALLAH..dengan mudah membolak balikkan hati seseorang..

    Dear masa lalu..dulu aku sangat mencintaimu…berjuang dan berkorban untukmu..dan tiba saat kau meninggalkanku demi wanita barumu…
    kini aku telah memutuskan untuk mengubur dalam2 semua kenangan kita..dan berjanji takkan pernah mecoba menggalinya lagi..aku akan melangkah kedepan..lurus dan tegap..kelak aku ingin bertemu denganmu lagi..dan membuktikan padamu..aku..wanita yang pernah kau campakkan..yang kau abaikan..kau tinggalkan demi wanita yang lebih cantik..kaya..shalihah..sifat baik..ingatkah?..taukah engkau hancurnya aku saat itu?..kelak aku ingin bertemu denganmu lagi..dengan wibawa yang sudah berubah..aku telah tumbuh menjadi wanita yang lebih baik..sukses..dan aku datang bersama suamiku yang jauh lebih baik daripada engkau..dan saat itu aku ingin engkau tau bahwa ALLAH maha BESAR..dia berkuasa segalanya..tentu mudah bagi ALLAH menjadikan aku perempuan yang pernah kau permainkan..menjadi wanita yang engkau kagumi kelak..yang engkau sesali sepenuh hati karena telahh meninggalkanku..aamiin:)

    untuk teman2 yang telah dikhianati..sabar..kuat..dan ikhlas..terus perbaiki diri dan dekatkan diri pada ALLAH..yakin suatu saat ALLAH akn ganti dengan yang jauhhhhhhhhhhh lebih baik aamiin..
    dan tips..sementara tak usah membuka akses apapun dengannya..bukan untuk dendam..namun hanya untuk menjaga hatimu hingga benar2 kuat dan bebas..hingga hatimu benar2 pulih dan harapanmu benar2 hilang untuknya..jangan pernah mengharapnya kembali..namun jika dia Kembali suatu saat..dengan taubatnya dan komitmennya..mintalah petunjuk ALLAH dan ridlo orang tua..semoga kita dijodohkan dengan yang terbaik sholih dan mulia dunia akhirat..yang mencintai dan memuliakan kita,kedua orang tua kita dan keluarga kita karena ALLAH dan yang menjadi kebanggaan keluarga besar kita..aamiin :)

  134. makasih ….blog ini bagus bgt,,inspiratif….saya lagi sedih baca blog ini jadi tertawa sendiri…..karna ada sentuhan humornya,,,siiipp dech…

  135. mas aku mau sharing kenapa yya kekasihku selalu menyuruh aku untuk meninggalkan ya padahal kami sudah pacaran 3 th dan anehnya lagi dy selalu berfikir negatif tentang aku yang seolah tidak percaya akan cintaku . sedangkan disini aku selalu menjaga cinta kita dan berniat serius untuk menikahinya .. tapi dy selalu memebnciku aku di negatifin terus dan sengaja membuat kebencian aku kepadanya dan selalu bilang aku untuk meninggalkanya… ada apa dengannya apakah sifat dy sudah bosan dengan aku dan mempunyai kekasih baru yang aku tidak tahu ??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 67 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: