Oleh: Agus Riyanto | 30 Oktober 2008

TAUBAT DAN ISTIGHFAR UNTUK DOSA 200 KALI ZINA


Oleh: Bobby Herwibowo

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. 39: 53)


Pagi itu di Madinah Al Munawarah dalam sebuah kesempatan Umrah di tahun 2007, seorang ustadz pembimbing dihadang oleh seorang jemaahnya saat sarapan pagi di restoran hotel. Jemaah tersebut meminta waktu sang ustadz untuk berkonsultasi sedikit dari permasalahan.

Ustadz…, apakah bila seseorang mempunyai dosa yang menggunung kemudian dia bertaubat dan minta ampun kepada Allah maka taubatnya akan diterima?”

Sambil tersenyum sang ustadz menjawab enteng, “Tentu taubatnya akan Allah terima!”

“Tapi ustadz, ada seorang sahabat saya yang kebetulan sedang berumrah dan ada di Madinah saat ini, dan ia ragu kalau taubatnya tidak diterima oleh Allah…!” sambung sang jemaah.

“Mengapa ia masih ragu?!” sahut pak ustadz.

“Sebab dia pernah melakukan dosa zina, Ustadz!” tandas sang jemaah.

Sambil menampakkan wajah penuh keteduhan dan keseriusan, sang ustadz berkomentar, “Peluang untuk bertaubat akan senantiasa terbuka untuknya…!”

“Tapi ustadz, zina yang dia lakukan nggak cuma sekali…!” jelas sang jemaah. “Memangnya berapa kali zina yang dilakukannya…?” tanya sang ustadz penasaran.

100 kali zina mungkin pernah dia lakukan, Ustadz!” imbuh sang jemaah.

Astaghfirullahal Adzhiim….!” terdengar sang ustadz beristighfar sebab kaget mendengarnya. Terlihat rona dan mimik wajah sang ustadz berubah sebab keterjutan itu.

Mendapati hal itu sang jemaah bertanya sekali lagi kepada gurunya tadi, “Kalau dosa zina sebanyak itu…, apakah ada kesempatan bertaubat untuknya, Ustadz?!”

Sang ustadz mengela nafas kemudian berkata, “Tentu…, kesempatan bertaubat akan selalu terbuka untuknya. Kedua tangan Allah Swt akan terbentang di waktu malam, agar orang yang berdosa di waktu siang sempat bertaubat. Kedua tanganNya pun akan selalu terbuka di waktu siang, agar orang yang berdosa di waktu malam sempat untuk bertaubat. Pintu taubat selalu terbuka untuk hamba Allah sepanjang waktu. Baik siang, malam, pagi ataupun petang…!!!”

Mendengar penjelasan ini sang jemaah merasa agak nyaman. Terdengar jemaah itu bergumam lalu ia pun melanjutkan bicara, “Kayaknya sahabat saya itu tidak berzina sebanyak 100 kali deh, Ustadz!”

Mendengarnya sang ustadz berharap dalam hati bahwa angka zina yang dilakukannya tidak mencapai sebanyak itu. Namun sang ustadz teramat kaget begitu mendengar sang jemaah melanjutkan kalimatnya.

Kayaknya 200 kali zina juga lebih dia lakukan…!!!” imbuh sang jemaah.

ASTAGHFIRULLAHAL AZHIM….!!!” sang ustadz beristighfar kepada Allah dengan suara yang lebih keras dari sebelumnya. Tak terbayang oleh sang ustadz tentang sosok hamba Allah Swt yang berani melakukan dosa zina sebanyak itu. Sang ustadz merenung dan memikirkan kelakukan manusia bejat ini, hingga rona wajah sang ustadz sungguh berubah secara drastis.

Mendapatinya sang jemaah kembali mengejar, “Ustadz, kalau dosa sebanyak itu…. apakah bila ia bertaubat maka akan diterima oleh Allah?!”

Berat sebenarnya sang ustadz menata hati saat mendengar peristiwa ini. Namun sang ustadz mencoba untuk tersenyum dan meyakinkan jemaahnya dengan ucapan, “Meski dosa tiada terhitung. Meski dosa setinggi langit, bahkan bila dosa itu sepenuh bumi. Selagi sang hamba bertaubat dan beristigfar kepada Allah, maka pasti Allah Swt akan menerima taubat dan memberi ampunan untuknya!

Jawaban ustadz terakhir membuat sang jemaah merasa lega. Ia mulai tersenyum dan kemudian mengatakan, “Alhamdulillah…., kalau memang demikian maka saya akan menyampaikan kabar ini kepada sahabat saya itu. Semoga ia yakin bahwa taubatnya akan Allah terima. Tapi ustadz, supaya dia bisa dengar langsung… bisakah saya ajak dia untuk bertemu dengan ustadz?”

“Dengan senang hati saya bersedia berjumpa dengannya. Silakan datang ke kamar 709. Saya tunggu ya di kamar pukul 8 pagi ini…! terang pak Ustadz.

Sejurus kemudian sang ustadz meninggalkan jemaahnya di meja restoran. Beliau pergi menuju kamarnya sambil terus berucap istighfar kepada Allah Swt karena sulit membayangkan betapa besar dosa yang dilakukan oleh hamba Allah Swt seperti yang diceritakan jemaahnya. Beliau masuk ke kamar, lalu tepat pukul 8 pagi, sang ustadz mendengar pintu kamarnya diketuk oleh seseorang. Sang ustadz sigap bangkit untuk membuka pintu, dan ia menduga di balik pintu kini sudah berdiri dua orang manusia. Pertama adalah jemaah yang sudah dikenalnya, dan satunya lagi adalah sahabat jemaahnya yang katanya pernah melakukan dosa zina bahkan 200 kali lebih!

***

Sayang…, begitu sang ustadz membuka pintu ternyata di sana hanya berdiri sesosok pria yang tiada lain adalah jemaahnya sendiri. “Mana sahabatmu yang mau konsultasi…?” sang ustadz menanyakan.

“Tadinya dia sudah mau ke sini, namun setelah berpikir beberapa lama ia mengutusku saja untuk menemui ustadz. Dia bilang, ia malu berjumpa dengan ustadz!” jelas sang jemaah.

“Ya sudah kalau begitu, silakan masuk!” sahut pak ustadz.

Jemaah itu kemudian masuk ke kamar sang ustadz. Dia duduk di salah satu kursi yang ada dalam kamar itu. Sedikit pembicaraan awal pembuka suasana mulai terdengar, hingga sang jemaah itu kembali bertanya hal yang sama kepada sang ustadz, “Apakah bila dosa zina bahkan hingga lebih 200 kali akan bisa diampuni oleh Allah bila sang hamba mau bertaubat…?!”

Sang ustadz mencoba meyakinkan dengan berbagai macam dalil Al Quran dan hadits yang menyatakan bahwa Allah Swt adalah Maha Penerima taubat. Berkali-kali usai membacakan dalil sang ustadz menegaskan, “Pasti Allah Swt akan menerima taubat hambaNya!!!”

Jawaban-jawaban ustadz itu rupanya sudah cukup melegakan bagi sang jemaah. Usai berdiskusi selama setengah jam lamanya akhirnya sang jemaah kemudian menyalami tangan sang ustadz. Dengan mata berkaca-kaca jemaah itu kemudian berkata, “Ustadz mohon maaf ya…, orang durjana yang berzina lebih dari 200 kali itu tiada lain adalah saya orangnya!!!

Bagai disambar petir sang ustadz teramat kaget mendengarnya. Seolah tak percaya mendengar penuturan itu, kedua mata sang ustadz memandangi jemaahnya yang kini sedang menangis di hadapannya mulai dari atas ke bawah hingga dia pandangi dengan cara yang sama berulang-ulang. “Kok bisa ya, ia melakukan semua dosa ini…?!” gumam sang ustadz dalam hati. Namun sang ustadz menyadari bahwa ia sudah menjamin pintu taubat bagi pelaku zina sebanyak ini. Ia tidak akan menarik ucapannya lagi! Akhirnya sang ustadz memeluk jemaahnya dan ada kehangatan iman yang kini menjalar masuk menembus relung hati sang jemaah.

***

“Maafkan saya, Ustadz! Saya harus berbohong dalam masalah ini. Saya semula khawatir ustadz akan marah kepada saya bila tahu saya melakukan dosa sebanyak ini… Makanya saya berpura-pura bahwa yang melakukan ini adalah sahabat saya. Sungguh saya ingin bertaubat kepada Allah Swt atas semua dosa zina yang pernah saya lakukan. Apalagi sekarang Allah Swt sudah beri saya seorang istri shalihah yang berjilbab. Bahkan dua orang anak saya adalah perempuan. Setiap kali mau pergi meninggalkan rumah, saya merasa amat khawatir bila mereka bertiga akan digagahi oleh pria lain, seperti yang sering saya lakukan dengan banyak wanita. Saya gak sanggup menanggung dosa ini, Ustadz…!!!”

Sang ustadz merasa iba dan haru mendengar penuturan taubat seorang jemaahnya. Beberapa petuah untuk bertaubat dan beristighfar diajarkan oleh sang ustadz untuk ketenangan hati jemaahnya.

Akhirnya usai mendapatkan ketenangan batin itu, sang jemaah berpamitan dan ustadz pun melepasnya hingga ke depan pintu kamar. Lalu pintu itu pun tertutup kembali.

***

Sang ustadz menghirup nafas yang dalam usai tamunya pergi. Kini sang ustadz mulai mengerti betapa berat beban dosa yang dipikul orang pelakunya. Dan betapa usai bertaubat dan beristighfar kepada Allah terdapat banyak kedamaian, ketenangan dan ketentraman jiwa.

“Sungguh taubat & istighfar akan membawa orang yang melaksanakannya bersih jiwa dan pikiran!!!” simpul pak Ustadz.

Sydney, 5 Syawal 1429 H

Salam,

Bobby Herwibowo

[Sarjana Al Azhar University, Penulis Buku "Meraih Rezeki Tak Terduga", "Menjadi Kesayangan Allah", dan "11 Langkah Menuju Kemabruran"]

***

>>> INI DIA BUKU YANG ANDA CARI <<<

Dapatkan segera di Gramedia terdekat mulai 6 Maret 2013

Dapatkan segera di Gramedia terdekat mulai 6 Maret 2013

 

Sahabat pembaca yang luar biasa, segera miliki buku terbaru saya:

Judul : Bangkit, Maju, dan Raih Mimpi

Menjadi Manusia Sukses Sejati, Dunia – Akhirat

Penulis : Agus Riyanto

Penerbit : Elex Media Komputindo

ISBN / EAN : 9786020206455 / 9786020206455

Jumlah Halaman : 256

Berat Buku : 275 gram

Dimensi ( p x l ) : 210 mm x 140 mm

Published Date : Rabu, 6 Maret 2013

Harga: Rp 44.800,-

***

Semoga bermanaat bagi Anda!

Saya tunggu feedback dari sahabat semua…^_^

***

About these ads

Responses

  1. Terima kasih atas ceritanya, itu merupakan masukan yang sangat berarti untuk saya. Selama ini saya menganggap dosa yang telah saya lakukan tidak akan bisa termaafkan.

  2. Apkh org yg tlh dinodai org laen, org it ikt dlm dosa zina atau tdk?

    • Kalau suka sama suka yah keduanya ikut berdosa

  3. Semoga Allah menjauhkan dan menyelamatkan saya dan teman-teman semua dari dosa-dosa besar yang siksaannya amat mengerikan, amiin.

    Yuuk, pada taubat.:-)

  4. bagaimana caranya do’a,shalat dan istighfarnya taubat?tks

  5. sangat menyentuh, minta ijin copas ya A’a Agus. Matur Nuwun

  6. membaca crita ini,aku tak sadar,jika airmataku menetes..

  7. bagimanakah caranya beristighfar dan bertaubatnya ??

  8. terima kasii,,,

    ,,bagus bangedh ceritanya,,,

    ,,sekarang saaiia yakind bahwa dosa kita pazti di ampuni,,

  9. Alhamdulillah, aq bersyukur menjadi muslim. Krn Allah-q selalu membuka pintu Ampunan bagi hambanya yg ber Taubat dg tdk memberatkan.

  10. subhanallah… demi Allah saya meneteskan airmata,,, saya mempunyai byak sekali dosa… setelah saya membaca cerita itu,, kini saya yakin jika saya bertaubat dengan sungguh, Allah pasty akan mengampuni dosa dosa yang saya perbuat selama ini….”

  11. Aku trharu mmbaca cerita ini dan aku mrasa lega karna dosa-dosa qu yg banyak masih bisa di ampuni. Sungguh aku ingin bertobat. Ya allah.

  12. Demi allah slama ini aku mrasa trsiksa karna dosa-dosa qu yg slama ini aku lakukn.aku ingin cerita tp aku malu skarang aku senang bisa crita d sini.terima kasih banyak.ka….

  13. dosa zina tidak bisa diampuni begitu saja. ada hukum syari’ah yang mengatur bagi pelaku pezina,
    bagi yang belum nikah wajib di cambuk 100 kali cambukan, bagi yang sudah menikah kemudian berzina maka wajib di rajam sampai mati. itulah tebusan bagi pendosa zina… dan inilah syari’ah. hidup ini tidak hanya cukup dengan akidah saja,..

    • Terima kasih atas tambahan ilmu dan informasinya yang sangat bermanfaat…

  14. Hukum rajam hanya brlaku d daerah arab saja tp tdk d indonesia krn indonesia bkn lah arab.yg hukum nya bgtu kejam..tp pd dsr nya orang2 arab lah yg byk brzina byk makn korban.

  15. Subhanallah… sungguh kisah yang teramat indah. kebanyakan orang yg memiliki dosa besar, pasti malu untuk mengungkapkanna pd orang lain.. hanya pada Allah… dia mampu bercerita. akan tetapi, terkadang perlu adana dukungan moril dari Qt untuk mengurangi beban mereka dan membawa mereka ebih dekat pada Allah. Qt wajib untuk mengarahkan saudara2 Qt… bismillah. insyaAllah akan lebih giat lagi. mari saling mengingatkan, saudaraQ. ^_^

    • Terima kasih apresiasinya Mba’ Nelly…

      Betul sekali, kita harus bisa membimbing dan mengajak saudara atau teman kita yang telah terjerumus ke jurang kenistaan, jangan langsung menghakimi dan menghina orang yang telah terlanjur berbuat dosa atau kesalahan besar.
      Sebelum maut menjemput, selama itu pintu taubat masih terbuka. Tidak ada manunia yang bersih dari dosa. Semoga kita semua senantiasa dibimbing dan ditolong Alloh SWT agar istiqomah di jalan agama-Nya yang mulia.

  16. Alhamdulillah dengan tulisan ini membuat saya lebih tenang dan memicu saya untuk dekat padaNYA.karena sjk melakukn zina, jiwa terasa jauh denganNYA…
    setelah diperingatkan skrg baru sadar.semoga tulisan ini bisa membuka mata pembaca yg lain..

  17. Terimakasih banyak..
    Dengan cerita ini semoga kita semua bisa menyadari dan menambah keimanan kita terhadap Allah SWT..
    Bahwa Allah maha pengampun….
    Amin

  18. kuncinya hanya taubat sebelum mati, jangan perburuk nabi kita karena hukum yang kejam lihatlah nabi isa mengucapkan hambahnya juga ampunan dan kasih sayang, jadi islam tidaklah kejam, sama dengan agama lainnya yang jadi kejam agar umatnya ingat.dan hukum allah berlaku bagi umat yang tidak bertaubat, dan bagi orang yang mati keadaan belum taubat.

  19. kuncinya hanya taubat sebelum mati, jangan perburuk nabi kita karena hukum yang kejam .lihatlah nabi isa mengucapkan hambahnya juga ampunan dan kasih sayang, jadi islam tidaklah kejam, sama dengan agama lainnya ,yang jadi kejam agar umatnya “ingat”.dan hukum allah berlaku bagi umat yang tidak bertaubat, dan bagi orang yang mati keadaan belum taubat.

  20. Terima kasih atas ceritanya, bagaimana doa, istighfar dan amalan lain yg harus dilakukan???

  21. Semoga kita semua termasuk kedalam orang2 yang kelak mendapatkan syafaat dari Rosulullah SAW, entah sudah berapa banyak dosa yang telah kita perbuat. ya Allah ampunilah dosa2 kami yang bodoh dan lalai ini.

    • Aamiin…

      Ya Alloh yang Maha Mengabulkan Do’a hamba-Nya, kabulkanlah do’a sahabat yang budiman tersebut.

  22. ya ALLAH, semoga engkau selalu membukakan pintu maafmu to hamba2 mu yang hina dina nie ya ALLAH….

  23. artikel ne, menenangkn sy…mint izin dshare

  24. Uztad, berribu2 trmksh. Sangat menyejukkan sekali. Inilah hakiiat wajah islam yg sejati. Benar Rahmat bagi alam semesta. Selama ini yg muncul wajah “seram’, neraka, rajam, potong tangan, penggal, darahnya halal, bunuh musuh2mu, kafir, pedang. Sementara itu, keterbelakangan umat sangat parah. makin sangat jauh dr orang2 dikafirkn. Lampu, internet, hp, tv, dll dibuat oleh orang2 kafir. Siapa ya kira2 yg mau mikir agar umat islam mulai sadar dan segera melangkah maju? Bukan hanya bangga2kan masa lalu. maaf sekedar prihatin. Salam hormat.

  25. terimakasih ya,,saya bisa semangat dan lebih lega serta tidak ada kekhawatiran lagi.

  26. sungguh mengharukan,,, betapa Allah swt maha pengampun kepada hambanya

  27. subhanallah

  28. y Allah,,sungguh g bsa dibayangiiin. Astaghfirullohal’adziim,..

    Bimbing hambamu d jln yg KAU rhidoi y Allah

  29. masturbasi termasuk zina gak?

  30. Mayoritas ulama sepakat atas keharaman masturbasi. Pelakunya berdosa dan sangat tercela. Terlebih jika tangan yang digunakan bukan tangan wanita tersebut, melainkan wanita lain ( TIM PC LBM dan LTN NU Mojokerto, 200 Soal tanya jawab Fikih Kemasyarakatan, hlm. 119)

  31. ya alloh hamba pngn tobat tp knp iman hamba selalu naik turun ya alloh
    bagaimana caranya agar iman hamba tidak naik turun

    • iman ku juga naik turun. TT_TT.

  32. mkceh atas petunjuk2 nya,smoga saya bertaubat dgn jiwa bersih dan tenang.

  33. bkankah orng yg berzina cara taubatnya dg d ranjam atau d cambuk,
    apakah dalam al-Qur’an atau al-khadist ada cara yang lainya,
    kalo ada tolong perlihatkan…!!
    Mohon bantuanya….!!

    • Insha Allah kalo yang belum menikah dicambuk didepan umum/khalayak ramai sebanyak 100 x

      jika sudah menikah direjam sampai meninggal (badanya ditanam dan hanya tinggal kepalanya) dan orang2 ramai melempari kepalanya pakai batu2 kecil hingga meninggal :'(

      Semua jika dilakukan dengan Ikhlas dan sungguh2 Insha Allah Allah akan menerima taubatnya orang2 tersebut.
      Wallahuallam

      Astaghfirullah.. Nauzubilahiminzalik

  34. Ya Allah ya Robbi….
    Tuntun aq dengan Rahmat-Mu..berkhahi sisa umurku hingga akhir hayat ku agar ibadah dan taubat ku tidak sia-sia. Jadikan dosa-dosa ku sebagai rahmat Mu hingga aku takut akan siksa Mu.
    Ya Robbi…
    Ku pinta hidayah Mu agar aku, keluarga ku dan saudara2 ku seiman
    ” Husnul Khotimah “..saat ajal menjemput kelak..amin..amin..subhanAllah..

  35. Saia Kira Dosa Saia gAg bsa Diampuni,,
    Saia Sering Merenung dan mNeteskan Air mAta Mengingat Dosa beSar yg saia Lkukan

  36. Astaghfirullah….

  37. Semoga dosa-dosa kita diampuni oleh Allah swt. Amiiin

  38. assalamualaikum wr wb

    Jazakallah Agus yg sudah berkenan memposting artikel ini. Smg bermanfaat utk semua. Kepada Allah saya mohon ampunan.

    Astaghfirullahal Azhim

    • Wa’alaikumsalam Wr. Wb.

      Jazakallooh, dan sebuah kehormatan Ustadz Bobby Herwibowo, Lc berkenan mampir ke sini…
      Sebelum saya memposting artikel ini, dulu saya ijin dulu via telepon kepada Ustadz Bobby, dan alhamdulillah banyak sekali manfaatnya bagi pembaca.

      Saya pun senantiasa memohon ampunan Alloh SWT atas segala dosa.

  39. terimakasih atas artikelnya,dengan ini saya bisa agak tenang atas dosa besar yg telah saya lakukan krna dosa itu hampir sama dengan kehidupan nyata diriku sendiri,,,astaqfirllah hallazim

  40. Alhamdulillsah,hatiku terasa tenang dan semoga kita kedepannya bisa terhindar dari dosa-dosa besar termasuk zina

  41. Assalamualaikum,sungguh kisah ini mencerahkan hati ini karena saya fikir dosa yang saya lakukan tak akan termaafkan oleh Allah SWT, semoga Allah SWT mengampuni dosa – dosa yang telah saya lakukan

  42. alhamdulillah semoga allah SWT,mengampuni dosa–dosa saya dan saya bisa benar benar bertobat.

  43. Terima kasih semua di atas berguna sekali bagi sy. . Mendengar.A sy lega. . Smga senantiasa qt smua di rahmati allah dan sllu bertaubat pada.A. ,amin ya robbal alamien. ,

  44. Saya sangat terharu dengan kisah ini sampai menangis ingat masa suramku

  45. astaghfirullhhaladzim…tidak kurang persis perjaln yg ana almi sekrg…smoga allh mengampuni dosa2 ana amin

  46. subhanallah,,
    tenang rasanya dpt jwban yg bgitu menenangkan hati.
    semoga hamba dan smua org yang punya pngalaman yg sama
    bsa benar2 bisa tobat pdmu ya rabb.
    bimbing kami yang brdosa ini ya allah.

  47. astagfirullohaladzim,,maaf kn hamba mu ini yg penuh dosa,,
    semoga hamba tidak melakukan lg perbuatan yg keji ini,,
    trims buat artikel nya semoga bermanfaat bagi semua hamba nya yg mau
    bertaubat secara sungguh2..aminnn ya rabb..!!!

  48. cerita yg menarik dan bermanfa’at..semoga berguna bagi kt semua


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 69 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: