Oleh: Agus Riyanto | 29 Oktober 2008

CARA PRAKTIS DAN EFEKTIF MENENANGKAN DIRI


Oleh: Arif Ismanto, S.Kel*

[Sebuah jawaban atas pertanyaan sahabat]

Ketenangan adalah impian setiap orang. Tidak kaya, tidak miskin, tidak pejabat, tidak buruh; semua menginginkan sebuah ketenangan. Bagaimana tidak, seorang rela mengeluarkan uang banyak demi perasaannya yang gundah untuk bisa tenang. Orang rela pergi jauh dari suatu tempat ke tempat lain yang jaraknya ratusan kilometer untuk membuat diri rileks dan bahagia, dan akhirnya tenang juga. Kadang perasaan tidak karuan merasa dag dig dug der, jangan-jangan, jangan-jangan… Banyak sekali jangan jangan. Perasaan was-was selalu menghantui.

Ketenangan, di mana sebenarnya? Apakah di kantor? Apakah di gunung? Apakah di pantai? Apakah di pasar? Apakah di masjid? Apakah di gereja? Apakah di gua? Banyak kemungkinan jawaban kalau diteruskan. Namun yang jelas ketenangan didapat dan hanya dirasakan oleh manusia yang pernah merasakannya sendiri. Sebuah perasaan damai dan rileks. Perasaan cukup, perasaan aman tidak was-was dengan segala hal negatif yang belum terjadi.

Indikasi ketenangan adalah terlihatnya pancaran keramahan dan ketidak gugupan dalam bertindak. Rasio akal selalu dipergunakan sebelum mengambil keputusan. Tenang dan tenang. Seberat apapun masalah dihadapi dengan tenang dan perasaan PD.

Bagaimana mencari ketenangan? Doktor Norman V. Peale (1996) dalam bukunya, Berpikir Positif, mengatakan bahwa doa adalah kekuatan terbesar dalam memecahkan masalah pribadi seseorang. Ada kekuatan dahsyat yang terkandung dalam sebuah doa. Mungkin bagi orang yang belum pernah mencoba kedahsyatan doa boleh mencoba mempraktekkan nasihat ini. Kalau perasaan tidak tenang coba kembalikan semuanya kepada Tuhan semesta alam. Mencoba selaras dengan alam. Mengikuti air mengalir. Pasrahkan dan adukan segala hal yang ada. Perasaan amburadul dan seabreg perasaan tak menentu lainnya. Serahkan seratus persen pada Sang Pencipta. Rasakan bahwa diri ini tidak berdaya apapun dan lemah tak memiliki kekuatan. Biarkan Alam  yang menyelesaikan. Tanpa ba..bi..bu, bagaimana nanti, bagaimana nanti… serahkan segalanya. Karena alam memiliki kekuatan dahsat yang tidak dikira sebelumnya.

Selain itu, coba pula kebiasaan dari Dale Carnigie, tokoh kenamaan Amerika yang biasa ke gereja ketika keadaan lagi super sibuk. Ini karena dia benar-benar ingin mengendalikan waktu, bukan dikendalikan oleh waktu. Dia menghabiskan waktu sekitar seperempat jam untuk menenangkan diri dari rutinitas yang terus menyita waktunya.

Bagaimana seorang Carnegie yang seorang pengusaha terkenal dan kaya malah akan segera pergi ke tempat yang tenang seperti di gereja untuk menenangkan diri di saat pekerjaanya sangat menumpuk? Bandingkan dengan kebiasaan kita termasuk penulis sendiri yang justru malah mengatakan “tanggung” kalau ada pekerjaan. Bukankah kita sering meninggalkan shalat ketika adzan memanggil dan lebih mementingkan pekerjaan dengan alasan “lagi tanggung?”

Sebagai seorang muslim (karena penulis muslim) sudah memiliki tokoh panutan yang luar biasa seperti Muhammad Saw. Karakter beliau adalah orang yang sangat efektif dan efisien dalam bekerja. Tidak ada satu katapun yang keluar dari mulut beliau yang sia-sia. Semua bermakna. Beliau orang terkaya karena beliau tidak butuh apapun dari  dunia ini, bahkan dia berikan segalanya untuk orang yang meminta kepadanya. Beliaupun orang yang tenang. Terlihat dari setiap ada masalah diselesaikan dengan hati dan pikiran dingin. Dengan rasio pikiran dipertimbangkan masak-masak. Sehingga yang keluar dari setiap keputusannya adalah solusi dari setiap permasalahan. Luar biasa!!

Ajaran beliau terangkum dalam shalat. Shalat diajarkan untuk khusuk dan tenang untuk melepaskan dan menghilangkan segala permasalahan dunia. Lupakan sejenak dan pasrahkan segalanya pada Allah Sang Pencipta. Tuma’ninah… diam sejenak. Menghayati keheningan. Merasakan damai dan tenang… Rileks.

Jadi kesimpulannya adalah ketenangan bisa dirasakan oleh yang merasakannya sendiri. Mencoba selaras dengan alam, jujur pada diri sendiri, pasrahkan segalanya pada Allah, dan jeda sejenak dikala tugas menumpuk mungkin sebagai langkah kecil untuk mencoba meraih ketenangan.

Salam.

*Penulis adalah seorang pengagum keajaiban dan kedahsyatan otak manusia. Dengan menyenangi mind psikology, sebuah studi tentang psikologi pikiran manusia. Saat ini bekerja di sebuah lembaga pendidikan, dan memberikan sedikit ilmunya dengan menulis beberapa artikel. Cita-cita beliau menjadi pengusaha sukses. Penulis dapat dihubungi melalui email: ismanto.arif@gmail.com.

 

>>> MENENANGKAN DIRI, MILIKI & BACA SEGERA BUKU INI <<<

Dapatkan segera di Toko Buku Gramedia mulai 6 Maret 2013

Dapatkan segera di Toko Buku Gramedia mulai 6 Maret 2013

 

Sahabat pembaca yang luar biasa, segera miliki buku terbaru saya:

Judul : Bangkit, Maju, dan Raih Mimpi

Penulis : Agus Riyanto

Penerbit : Elex Media Komputindo

ISBN / EAN : 9786020206455 / 9786020206455

Jumlah Halaman : 256

Berat Buku : 275 gram

Dimensi (p x l) : 210 mm x 140 mm

Published Date : Rabu, 6 Maret 2013

Harga: Rp 44.800,-

***

Semoga menjadi obat penenang diri Anda!

Saya tunggu feedback dari sahabat semua…^_^

About these ads

Responses

  1. makasih untuk tulisanya, berguna banget mas. semoga Allah membalas dengan menuliskan nama mas dengan nilai baik.

  2. mas berpikir positif aj kli ya,biar tenang?

  3. Terkadang hti sulit kompromi jk sdg mghadapi situasi pelik. Ya Allah…bimbing htiq

  4. Alhamdulillah,, setelah membaca tulisan diblog mas ini, hati terasa lebih tentram, padahal sebelumnya sedang ada problem….Trims

  5. … Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram…:-)

    Salam SDA!

    • assalamualaikum mas,
      aku “cinta” pada ALLAH walaupun dunia sangat mengganguku untuk mencapainya semoga ALLAH membukakan jalan untuk segera tercapai,amin..

  6. Makasih bnyak y mas, saya bnar2 dingatkan kmbali kpda sang Maha Pencipta sgalanya. Memang bnar kalo sgala prasaan gundah gulana, obatnya cman 1 mnurut saya. Yaitu sholat dan berdoa. Ya Allah betapa aku membutuhkan-MU

  7. ketenangan akan tercipta bukan karena dicari tetapi akan datang dg sendiri jika manusia tau akan hakikat jati diri manusia itu sendiri

  8. DENGAN SELALU MENGADU KEPADA {ALLAH} SANG PENCIPTA, KETENANGAN DAN KEBAHAGIAAN AKAN KITA RAIH….SEMUA YANG KITA DAPATKAN ITULAH YANG TERBAIK UNTUK KITA….

  9. terima kasih

  10. bener mas, gak ada sesuatu apaun yg bisa ngasih ketenangan selain Allah SWT” teruskan mas, terus berjuang

  11. apakah benar seperti itu mbak……..saya udah mencoba beberapa kali tapi tidak menemukan ketenagan yang amat sangat berarti itu…….

  12. Terima kasih support-nya kawan…

    Maju terus!!

  13. bagus banget artikelnya
    Intinya kita harus belajar arti melepaskan dan mengikhlaskan
    relakanlah dan hatimu akan teneng

  14. Artikelnya bagus…tapi Selain cara spritual adakah cara lain?

  15. saya ingin tenang mas

  16. Thanks ea om bwt artikelnya…. aku udh mulai nyoba berpikir positif dan akhirnya aku mulai bisa nenangin hati aku…. tenaaaaang bgt…

  17. Mungkin sedikit tambahan……memang manusia dapat menenangkan dirinya sendiri……..!!!! namun manusia juga dapat membuat dirinya merasa tidak tenang!!!
    manusia memiliki cara-cara tersendiri untuk menenangkan dirinya
    ada dengan meditasi, ada dengan pergi ke tempat ibadah, mendengarkan musik, pergi ke mall, dll.

    bagiku ketenangan dalam hidup adalah prioritas utamaku. ketenangan tidak dapat dibeli dengan uang, tetapi uang merupakan salah satu cara untuk kita mendapatkan ketenangan.

    jadi, apapun itu ketenangan dalam hidup merupakan hal yg sangat luar biasa bagiku…!!!

    thank’s before.

    • Ketenangan jiwa identik dengan kebahagiaan.
      Jiwa yang tenang (Nafs Muthma-innah) adalah jiwa yang sudah ma’rifat (mengenal) Tuhannya, yakni Allah SWT.

      Jiwa yang tenang pasti selalu bahagia dalam segala keadaan.
      Mari kita mencari ketenangan dengan terus mendekatkan diri pada Sang Pencipta!
      Dia-lah sumber segala kedamaian dan kebahagiaan…

  18. Berpokor positif adalah langkah pertama untk menuju ketenangan,,thank pak agus..aTAS bacaannya..

  19. ak setuju apa yang dikatakan mbak rindu… ngadu ma Allah obat yang paling mujarab, dibwa sahalat juga ampuh…

  20. Untuk mas” & mba” semuanya. .Terima kasih banyak m0tivasinya & khususx mas agus. .Sangat membantu tulisanya. .
    Karena saat ini saya lg berada dalam kegelisahan dan ketakutan yang sangat mengganggu hidup saya. .

  21. law emg btul aq pngn test deh mas

  22. , , thanks atas solusi yang diberikan . .

  23. rindu, saya mau mengomentari knapa hati selalu berfikir mungkinkah seseorang itu akan hadir dikehidupan ku??
    memang aku selalu merasakan itu ketika mengadu pada allah dan dapa ketenangan tapi kenapa itu selalu da???

  24. aslm, thanx y mas ats infonya. Sy sdg mncri cra agar bsa tenang. Sebab sy mrasa hdup ini brada dlm hal yg tak pasti, membsankan, dan tnpa ada ketenangan. Ya… Sy hrus bljar utk berserah diri kpaNya… Allah SWT

    • Wa’alaikumsalam.

      Terima kasih kembali atas kunjungannya.

  25. …quw sdah cukup merasa tenang sekarang….

  26. makasi bgt,
    dimana pun aku berada aku pasti akan ingat allh swt.
    aamiin . .

    doain ya mas, semoga aku bisa slalu tenang..

  27. Pertma saya ucapKan tx to Allah S.W.T. . .
    Cz msh Smpt di kasih khdupn Yg InDah dr sekRang
    N’ smg yang akan datang. yg pling penting Allh smpt memprtmukan dngan Tulisan Ms.Arif. . .

    ni ber makna banget ms. Tx YaWww,
    smg sllu Bnyak Slusi Yng Bermanfaat. . .
    AmIiiii. . . n

  28. ketengan diri tercipta bila kita pasra sepenuhnya kepeda alloh swt.

  29. 4WI sumber ktnangan. Sholat, brdo’a, berserah akn mendatangkan fkran positif dn kekuatn diri. 4WI maha adil dn maha tau, semoga qt lulus dalam ujian NYA.

  30. makasih banyak ya saranya… umur ku msh 15 tp masalah selalu hadir dalam hidup ku. . kini ku serahkan hidupku hanya untuk allah. . . mudah”an allah memberikan yang terbaik buat aku. . .

  31. Sebelumnya saya berpikir bahwa tuhan itu selalu tidak adil kepadaQ. V Stlh Qpikir matang2x tuhan pasti merencanakan sesuatu padaQ, so aku hanya bisa pasrah pada Allah…

  32. Diawal tahun ‘ni Qmo brusaha setenang mungkin dg cara2x yg tlah mas berikan untuk menghadapi smua masalah yg akn datang. Makasih bnyk

  33. Allahuakbar..Saya bangga di jaman skrg msh ad orang baik hati utk mnuliskan ssuatu yg brguna utk org lain trmsuk sya.Thax…

  34. terima kasih.
    semua dikembalikan kepada-Nya.

  35. Hidup ini tkadang aneh,untuk sesuatu yg kita pjuangkan stgh mati,jika blm rezeki,gak akan dapat.Tp klo sdh rezeki,semua akan tjd dg wkt yg tdk kt duga,entah kbetulan ato apa,tp wkt nya sll sj btepatan.Ak suka memandang langit,dg kopi hangat dan rokok,dlm kesendirian merangkai khidupan untuk mdapatkn ktenangan dlm mylesaikn mslh.. Jg sll mgutarakan perasaan yg krg sreg dwaktu shalat & bdoa..

  36. Makasie atas mOtivasi”ny.

    Dri sini bAru ak sadari..
    Ketenangan,kesenangan dan kekayaan ittU Adlah apa yg kita syukuri
    tdk harus sepenuhnya yg kita miliki. :)

  37. mudah” an semua bermanfaat

  38. Mudah”an semua bermanfaat untuk kita semua

  39. “Alaa bidzikrillaahi tathma`innul quluub…”

    Ketahuilah, hanya dengan mengingat Alloh hati menjadi tenang…

    Dengan semakin mendekatkan diri pada-Nya, semoga kita semua bisa mendapatkan ketenangan jiwa dan kebahagiaan sejati.

  40. Tengs Mas atas Saran`y… Saya Bnr Sadar kLo DeNgan Do`a Dan ShaLat Kita Bsa TeNang,… MakSiH BanYak Masss…. WassaLamm

    • Ketenangan bisa kita raih jika kita bisa berserah diri kepada Alloh SWT. Bersyukur atas nikmat dari-Nya dan ikhlas dengan ketentuan-Nya.
      Dan jangan lupa untuk terus berikhtiar mendapatkan karunia terbaik, hari demi hari.

      Terima kasih.

      • saran ne bnr2 bwtq mngingat lgi kpd yg Maha Hidup…
        smenjak q brgulat dg kcibugkanq, q tag prnh lg mnjalani printah-NYA…
        hingga saat2 ne aq bnr2 ngrasain q sllu btuhin TUHANq…

  41. bagusssssssssss

  42. Thank’s artikelnya…..

  43. Alahamdulillah membrikan kelonggaran dalam hati sy yang sedang mengalami sesak akibat dari kegalauan yang sedang menggeluti sy. sy akan terus berserah diri kepada-Nya, memasrahkan semuanya, agar hidup sy bisa lebih tenang, dengan rasa tenang dalam menghadapi hidup, Insya Allah akan bermanfaan juga bagi kehidupan orang lain. thanx ya Mas atas artikelnya…

  44. BERDOA IKHLAS DAN PASRAH, MANTABZ.!!!

    • Kita hanya manusia biasa yang lemah. Tanpa berdo’a dan pasrah kepada-Nya, kita akan sulit mendapatkan ketenangan jiwa…

  45. trimkasih banyak

    atas semua nya

  46. terima kasih. sangat membantu saya saat ini

  47. dg pasrah sm tuhan emg sumber ketenangan yg amat dasyat,namun tk bnyk yg bs gt aplg manusia trdri dr jiwa

  48. Aku punya banyak masalah dan sakit, padahal besok ada tes penting. Pasrah deh, aku siap apapun hasilnya.

    • Jika sudah berusaha dengan cara yang terbaik, pasrahkan hasil akhirnya pada Alloh SWT.
      Itulah yang dinamakan Tawakkal…

  49. alhamdulillah mas,,,,setelah membaca artikel ini. saya melaksanakan solat walaupun dalam keadaan sibuk. alhasil, ketenangan pun saya dapat dan pekerjaan pun selesai dengan sendirinya. seperti mendapatkan ilham dan inspirasi tersendiri serta saya menyimpulkan kalo solat itu mendidik kita untuk mendisiplinkan diri dalam mengelola waktu……serta saya pasrah 100% dengan masalah serta menerima segala hasil dari konsekuensi Allah yang menciptakan langit dan bumi….toh,,,,Allah itu maha tau dan ALlah yang menciptakan ketidak tenangan kita itu maka dari itu saya sadar dengan melakukan lebih baik lagi…sekali lagi maksih ya mas atas artikelnya…semoga ilmu serta amal ibadah selalu di beri ganjarannya. amien…

    • Terima kasih atas sharing dan apresiasinya.
      Semoga kita semua selalu diberi kekuatan untuk bisa istiqomah dalam menjalankan perintah-Nya, meski sesibuk apa pun keadaan kita.

      Semoga Alloh SWT senantiasa memberikan ketenangan dan kedamaian di hati kita, amiin.

  50. ketenangan dlm dri seseorang .smua terletak pada pikiran qt jika pikiran qt diselimuti gelisah tanpa sadar ia tlah menciptakan neraka dalam diri nya dalam kondisi apa pun yakinlah semua pasti ada jalan keluar ga ada yang tidak mungkin d dunia ini.pasrah kan smua pd kekuatan yang ga pernah qt liat

  51. Betul skali mas.,hanya dgn sholat dan pasrahkan smuanya kepd Allah hati ini bisa tenang.,

  52. makasih atas tulisannya

  53. gmna si yah cra menenangkan dri disaat kta sdang bnyak msalah//??? trkdang ak mrasa ptus asa dan cape mnjalankan hidup ini,…

    • Jawabannya sudah dibahas di artikel di atas.

      Terima kasih.

  54. Aslam.wr.wb.
    Makasih mas tipsnya yg tlah disuguhkan diatas……..
    kini aq belajar dan truz belajar mengenali jati diriQ……

  55. Assalamu’alaikum wr. wb

    Saya orang yang baru saja terkena fitnah. Saya merasa terbantu dengan tulisan ini. Saya berterima kasih banyak. Sangat berterima kasih, dengan penulis.

    Saya tunggu tulisan” lainnya yang membantu saya memperoleh ketenangan. :D

    Alhamdulillah hirrabil ‘alamin

    Salam Sejahtera untuk kita semua

  56. BAGUS? UNTUK TEMAN KLAW ADA TIF2 BAGI2 SAYA

  57. alhamdulillah.. terima kasih atas tlisannya.. membuat saya lebih tenang dgn doa shalat dan berpikir positif

  58. aku pengen berubah. tpi susah….???
    tolong donk bantuin aku, gmn caranya hidup aku bisa menjadi lebih baik…

  59. aku igin berubah karna aku selalu berfikir negatif dan selalu merasa iri.

  60. wih mantap mas info nya, bermanfaat banget

  61. Mantap,,,uda lama sy pingin tau cara menenangkan hati,,,Nah baru sekarang dapat jawabanx,,,Trims ,mas atas Masukanya & menurut sy Ini mmg Cra yg terbaik…..

  62. thank’s buat motivasinya mas aryo..mdh2an akan ada terus tips dr mas aryo utk yg lainnya..salam semangat dan sukses

  63. tulisan yg akan d kenang oleh para penghuni surga. . . . . . .

  64. Alhamdulillah hirobbil alamin. semoga penulis di beri balasan pahala yang layak. dan mendapatkan ridho dri Allah..!! aminn

  65. Ya Allah, semoga batin ini tetap tenang, dan di beri kemudahan untuk menjalani kehidupan ini sejalan dengan jalan-Mu..Amiiinn

  66. Asslm, terima kasih tulisan nya sangat bermanfaat apa lagi saat ini saya sedang amat sibuk di kantor dan banyak masalah. Punya staf yang selalu menentang dan membantah serta tdk mau mengerjakan pekerjaan. Ini membuat saya jadi marah dan kesal. Tp se telah saya membaca tulisan ini. Alhamdulillah semua kita kembalikan pada sang pencipta Allah SWT.

  67. Terima kasih mas arif. Saya sedikit mndaptkn pencerahan dr pmbhasan d atas..

  68. Trimakas!h ia atas pengetahuan nya, aku akan coba ?

  69. Mas,thanks buat masukannya

  70. sya stju dgN sArn yG anda bUat,
    sya uG mrsKn bHwa ktNangan sllu ad bGi yg mrsknnya n sYa ug snGt pRcya dngaN kkUatan do’A
    oh ya klw bole saya dksi tips donK gMn sIch supYa kiTa bisa mNjdi pRbadi yG ikhlas & tidak iri trHdp orang laen??
    ats sarnny sya ucpkn tHanks

    • Untuk urusan dunia (harta, tahta, dan aksesorisnya) maka lihatlah orang-orang yang di bawah standar keadaan kita, tetapi untuk urusan akhirat (amal kebaikan, ketakwaan) lihatlah orang-orang yang kualitasnya di atas kita…

  71. alqmdulillah setelah sayabaca situs ini sekarang fikiranq agak plong.makasih untuk yg buat situs ini, semoga selalu mendapat kelancaran.amin

  72. saya merasa kebingungan atau tidak tenang pada saat sendirian.solusinya bagaimana?

  73. aku ucap terima kasih.

  74. ma kasih ya mas atas nasihatnya, semoga menjadi ladang amal..Aamiiin

  75. maksih mas ,,nasihatnya! saya sempet ngerasa takut yang bnr2 bisa bikin susah tidur, tapi yang herannya kalo makan malah lebih dr batas normal, sempet dalam 3 jam saya bisa menghabiskan nasi 6 piring. perasaan saya hambar banget mas seolah-olah ga ada arah tujuan, bingung mau kemana, kira-kira itu penyebab apa mas?

    • Apakah anda pernah mengalami peristiwa yang membuat anda trauma? Jika ada, apa itu? Semua perasaan atau emosi ada penyebab atau pemicunya…

  76. Terima kasih kak,saran ka2k sangt bermanfaat bg saya. kbtulan saya lagi banyak masalh tahun ini. saya merasa stres yg berlebihn karna mslh yg saya hadpi, perasaan nggak karuan,pengen nangis aja kak. rasanya jalan udah buntu.

  77. Trimakasih saran’y…
    Semoga bsa membantu dlm hidup q…

  78. Ini hanyalah catatan kecil dariku,smoga manfaat.Mintalah maaf pada kehidupan masa lalu anda,serta maafkan semua yang pernah berhubungan dengan masa lalu anda,maafkan juga diri anda sendiri atas kesalahan masa lalu,mohon ampun pada TUHAN,berbaktilah pada kedua ortu,apa yg kita lakukan,kita pikirkan kita batin,semua akan kembali pada kita,apakah itu positif ataupun negatif.

  79. salam pamuji rahayu,
    ijin menimba ilmu soal hati ya,cz stlh sy baca n dpahami dr atas mpe kmentar2 d bawah isinya luar biasa sekali.oh ya jika melihat dr tutur sapa dlm menulis mengingatkan sy pd salah seorang guru spiritual sy,apakah pnulis ini adl ki umar jogja?
    nuwun,

    • Penulis maupun pemilik blog bukan orang yang Anda maksud.
      Kami hanya seorang pembelajar yang ingin berbagi melalui tulisan yang semoga bermanfaat bagi banyak orang.

      Terima kasih atas apresiasi Saudara.

  80. mksi doa emang obat hati yg paling manjur

  81. sya cerita sedikit…
    ada beberapa orang yg enggasuka dengn hubungan saya dgn pacar saya yg sekarang…. mereka slalu menyindir tentang hubungan kami ini dengan mengatakan “alay”… tpi yg kami dan banyak teman” yg lain lihat, hubungan kami itu biasa” saja…. kami sadari memang dlam hal ini kami harus sangat bersabar… namun ya sindiran yg meteka tunjukan ituh sangat menyakitkan…

    menurut min cara ngehadapin masalah’a gimana yah??….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 65 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: